7 Program dan Acara TV Yang Tidak Baik Untuk Anak

Televisi atau TV merupakan salah satu hiburan untuk mengisi waktu luang atau istirahat yang jadi pilihan paling banyak bagi keluarga di Indonesia. Ada berbagai macam program dan acara TV yang bisa dinikmati untuk segala usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Agar terus digemari masyarakat, berbagai stasiun televisi berlomba-lomba membuat program dan acara yang beragam dari waktu ke waktu.

Saat ini, beberapa program dan acara televisi menjadi polemik ditengah masyarakat karena dirasa memberikan tontonan yang tidak untuk anak-anak. Seperti yang sudah kita ketahui, pemirsa televisi atau TV terdiri dari berbagai macam kalangan usia. Salah satu penikmat TV paling banyak adalah dari usia anak-anak. Menonton TV memang menjadi hal yang paling disukai oleh anak-anak untuk mendapatkan hiburan dan kesenangan.

7 Program dan Acara TV Yang Tidak Baik Untuk Anak

Lalu apa jadinya jika program dan acara TV banyak menyuguhkan tontonan yang tidak baik untuk anak-anak? Hal ini tentu akan menjadi masalah pelik bagi orang tua karena dapat mempengaruhi pola pikir anaknya. Disini, peran orang tua sangat dibutuhkan untuk menyeleksi program dan acara TV mana yang tidak baik agar tidak ditonton oleh anaknya. Ketika menonton televisi memang sebaiknya anak-anak selalu didampingi oleh orang tua agar terus teredukasi dengan baik.

Ini 7 Program dan Acara TV Yang Tidak Layak Ditonton Anak-Anak

Ada berbagai macam jenis program dan acara TV yang bisa kita pilih. Setiap program yang dibuat tersebut memiliki tujuan dan masuk tertentu yang disesuaikan dengan usia pemirsanya. Namun diantara banyaknya program dab acara TV tersebut ada yang tidak baik untuk anak-anak karena mengandung berbagai macam adegan yang tidak mendidik. Seperti halnya tujuh program dan acara TV yang tidak baik untuk anak berikut ini.

Program Sinetron Televisi

Sinetron adalah salah satu program atau acara TV yang jadi andalan sebuah stasiun televisi untuk meningkatkan rating. Banyaknya penggemar sinetron membuat opera sabun ini tayang dibanyak stasiun televisi. Namun sinetron sendiri masuk kedalam salah satu program dan acara TV yang tidak baik untuk anak. Pasalnya, didalam sinetron terdapat banyak adegan yang memang tidak masuk akal untuk anak. Terlebih, adegan seperti pertikaian, fitnah, kejahatan dan lain-lain sangat berpotensi ditirukan oleh anak.

Acara Gosip Artis

Program dan acara TV selanjutnya yang tidak baik untuk anak adalah berkedok berita entertaiment yang lebih banyak membahas gosip artis. Gosip adalah salah satu kegiatan yang tidak baik dalam agama karena secara terang-terangam mengumbar aib, permasalahan, dan hal buruk seseorang. Hampir disetiap stasiun televisi memiliki tayangan gosip artis seperti ini. Karena masuk sebagai program dan acara TV yang tidak baik untuk anak, sebaiknya orang tua juga jangan melihat tontonan yang seperti ini.

Adegan Kekerasan

Perkelahian atau adegan kekerasan akan sangat banyak kita jumpai di televisi. Bisanya adegan ini ada disela-sela program atau acara TV seperti sinetron, film atau reality show. Siapapun pasti sudah tahu jika program dan acara TV yanf memperlihatkan adegan kekerasan sangat tidak baik untuk anak.

Satu hal lain yang perlu kita tahu bahwa adegan kekerasan ini tidak hanya berlaku ke sesama manusia saja, namun juga pada hewan, tumbuhan atau makhluk hidup lainnya. Jangan sampai anak melihat program dan acara TV seperti ini karena berpotensi ditiru.

Acara Lawak TV

Lawak adalah sebuah hiburan lelucon yang tujuannya memancing penonton untuk tertawa. Lawak sendiri merupakan salah satu tontonan di televisi yang banyak dicari untuk menghilangkan stres. Namun sayang, saat ini ada beberapa program dan cara TV seperti lawak yang mengandung unsur tidak baik untuk anak. Terkadang pemerannya memang tidak sengaja dalam melakukan adegan seperti menghina, merendahkan, menggunjing atau menyudutkan orang lain namun tetap saja jika dilihat oleh anak hal tersebut sangat tidak pantas.

Baca Juga:
  1. 8 Tips Memilih Tontonan Yang Baik Untuk Anak
  2. 7 Cara Mudah Mengatasi Dampak Negatif Youtube Pada Anak
  3. 10 Langkah Mengatasi Anak Yang Kecanduan Nonton Youtube

Program Musik Alay

Mendengarkan musik adalah salah satu kegiatan yang dapat membuat tubuh jadi lebih santai. Karena banyak penggemarnya, beberapa stasiun televisi memang membuat acara musik untuk menghibur penontonnya. Akan tetapi, kebanyakan program dan acara TV yang satu ini malah keluar dari konsep sehingga menampilkan adegan alay seperti joget dan goyangan seronok. Ini adalah salah satu program dan acara TV yang tidak baik untuk anak sehingga harus dihindari.

Reality Show Settingan

Reality show merupakan tayangan televisi yang biasanya menghadirkan adegan nyata kehidupan. Namun seiring perkembangan jaman program atau acara TV satu ini berubah konsepnya menjadi totonan setingan atau sudah tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Beberapa program atau acara TV reality show justru menyuguhkan tontonan berkedok talk show namun menggali dan mengorek aib seseorang. Bahkan lebih parahnya lagi terdapat adegan perkelahian didalamnya.

Program Film Percintaan

Terakhir, ada film percintaan yang menjadi satu dari sekian banyak program dan acara TV yang tidak baik untuk anak. Adegan percintaan dalam film memang sangat tidak cocok untuk usia anak karena belum waktunya. Adegannya sangat berpontensi ditiru oleh anak pada kehidupannya. Sebenarnya fim percintaan seperti ini ditujukan untuk orang-orang dewasa saja. Namun terkadang diluar pengawasan orang tua, anak-anak terjebak untuk menonton tayangan film percintaan di televisi.

Penutup

Itulah beberapa program dan acara TV yang tidak baik untuk anak. Sebagai orang tua, sebaiknya kita tidak membiarkan anak-anak menonton televisi yang mengandung unsur seperti diatas. Saat menonton televisi sebaiknya anak-anak kita arahakan untuk melihat program dan acara TV yang memiliki nilai-nilai edukasi. Selain mendapatkan hiburan, dengan melihat program dan acara TV yang edukatif dapat membuat anak terhindar dari tontonan yang tidak baik.

7 Program dan Acara TV Yang Tidak Baik Untuk Anak