8 Tips Memilih Tontonan Yang Baik Untuk Anak

Anak-anak biasanya sangat senang apabila disuguhi tontonan. Terlebih jika tontonan tersebut berisi hal-hal baik yang belum pernah mereka lihat sebelumnya. Anak pasti akan sangat tertarik dan memperhatikan betul setiap detail dari isi tontonan tersebut. Memberikan tontonan yang baik untuk anak tidak hanya sekedar memilih yang menghibur, namun juga mendidik.

Perkembangan jaman yang serba digital seperti saat ini sangat memudahkan orang tua untuk mencarikan tontonan yang baik pada anaknya. Berbagai macam konten video mulai dari tontonan hingga edukasi sangat mudah ditemukan. Meski sangat mudah dan jenisnya beragam, namun orang tua tidak boleh membiarkan anaknya memilih tontonannya sendirian. Dikhawatirkan mereka dapat terjerumus pada tontonan yang seharusnya bukan untuk anak-anak.

8 Tips Memilih Tontonan Yang Baik Untuk Anak

Memilih tontonan yang baik untuk anak memang susah-susah gampang. Perkembangan dunia digital yang semakin pesat membuat segala macam tontonan dikomersilkan. Terkadang judul yang dibuat belum tentu memcerminkan isinya karena sang kreator lebih mementingkan "click bait" atau umpan agar di klik oleh penontonnya.

Inilah Tips Memilih Tontonan Yang Baik Untuk Anak

Memilih tontonan yang baik untuk anak adalah tugas para orang tua. Adapun tujuan dari memilihkan tontonan yang baik adalah untuk memberikan hiburan sekaligus menambah wawasannya. Ada kriteria tertentu yang harus diketahui orang tua agar tidak salah dalam memilih tontonan untuk buah hati mereka. Berikut ini adalah tips memilih tontonan yang baik untuk anak anda.

Pilih Tontonan Yang Sesuai Umur Anak

Memilih tontonan yang baik untuk anak dapat anda mulai dari menyesuaikan dengan umurnya. Setiap tayangan baik itu di televisi maupun youtube memiliki klasifikasi umur penonton yang berbeda-beda. Konten untuk anak balita pasti berbeda jauh dengan anak remaja. Oleh karena itu pilihlah tontonan yang sesuai dengan usia anak karena akan sesuai dengan kondisi psikologisnya.

Pastikan Tontonan Ada Unsur Edukasi

Tontonan yang baik tidak hanya menghibur, namun juga mengandung unsur edukasi yang baik untuk anak itu sendiri. Unsur edukasi disini maksudnya adalah memberikan didikan yang baik untuk anak baik itu dari segi etika maupun akhlak. Hindarkan anak dari tontonan alay yang saat ini tengah meracuni para generasi muda hingga menimbulkan banyak dampak negatif.

Pilih Tontonan Yang Mengajarkan Hal Baru

Selain bersifat mendidik, tontonan yang baik untuk anak juga mengajarkan hal-hal baru yang sebelumnya tidak pernah mereka dapat di sekolah. Tontonan yang membahas pengetahuan umum seperti hewan-hewan, berbagai jenis kendaraan, macam-macam tumbuhan dan sebagainya adalah pilihan tontonan yang baik karena akan sangat asyik untuk anak. Bagi mereka itu adalah hal-hal baru yang bersifat menarik.

Perhatikan Lama Durasi Tontonan

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat memilih tontonan yang baik untuk anak adalah lama durasi dari totonan tersebut. Durasi tayang yang panjang dan lama akan membahayakan kesehatan mata anak. Terlebih jika mereka sudah terlalu asyik menikmati tontonannya, maka jika dihentikan ditengah jalan mereka pasti menolak. Jadi usahakan memilih tontonan yang baik untuk anak dengan duras sedang.

Tonton Dulu Sampai Habis Sebelum Dilihat Anak

Sebelum tontonan dilihat sepenuhnya oleh anak, akan lebih baik jika anda sebagai orang tua menontonnya sampai habis terlebih dahulu. Tindakan ini berfungsi untuk kroscek terhadap tontonan tersebut apakah ada unsur negatif ditengah tayangan atau tidak. Agar mendapatkan tontonan yang baik untuk anak di era digital ini kita harus benar-benar jeli dan telaten.

Tontonan Tidak Mengandung Kekerasan

Terkadang tayangan kekerasan kerap hadir di sela-sela tontonan bahkan untuk usia anak-anak. Inilah yang harus diwaspadai orang tua. Adegan kekerasan seperti memukul, menendang, melempar, meninju dan sejenisnya akan membawa dampak buruk pada anak. Dalam memilih tontonan yang baik untuk anak usahakan yang terbebas dari unsur kekerasan baik itu secara fisik maupun psikis seperti bully-an dan ejekkan.

Baca Juga:
  1. 7 Cara Mudah Mengatasi Dampak Negatif Youtube Pada Anak
  2. Ayah Ibu! Ini 8 Kalimat Yang Tidak Boleh Diucapkan Kepada Anak 
  3. 7 Dampak Negatif Full Day School Pada Perkembangan Anak

Mengajarkan Hal-hal Kreatif

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa di era digital seperti sekarang ini kreativitas menjadi modal berharga untuk hidup. Mumpung masih pada usia emas, ajarkan anak anda untuk berpikir kreatif dengan menyaksikan tontonan yang mengajarkan hal-hal kreatif seperti menciptakan sesuatu atau mengolah sesuatu. Memilih tontonan yang baik untuk anak seperti ini memang sangat tepat.

Tontonan Religi Juga Baik

Selain yang sifatnya menghibur dan edukatif, tontonan religi ternyata juga baik untuk anak. Tontonan religi bisa jadi alternatif pilihan sebagai selingan ditengah-tengah tontonan hiburan. Banyak manfaat yang bisa didapat orang tua dengan memberikan akan tayangan bersifat religi. Salah satunya dapat mendekatkan anak terhadap tuhannya dan juga lebih religius.

Penutup

Itulah delapan penjelasan mengenai tips memilih tontonan yang baik untuk anak. Bagaimanapun juga orang tua harus bijak terhadap tayangan yang disaksikan oleh anaknya. Seperti yang kita tahu bahwa masa anak-anak adalah usia emas yang harusnya diisi dengan hal-hal edukatif. Sedangkan saat ini segala macam tontonan baik itu positif maupun negatif sangat mudah didapat melalui ponsel. Disinilah fungsi orang tua sebagai filter dibutuhkan oleh anak dalam memperoleh tontonan yang baik.

8 Tips Memilih Tontonan Yang Baik Untuk Anak