7 Cara Mudah Mengatasi Dampak Negatif Youtube Pada Anak

Di era digital seperti saat ini segala sesuatu sangat dimudahkan termasuk dalam urusan tontonan. Jika jaman dahulu satu-satunya tontonan paling banyak disukai adalah televisi, namun sekarang sudah hadir media lain yaitu Youtube yang banyak di gandrungi. Youtube sendiri kini sudah menjadi alternatif tontonan bagi banyak orang termasuk anak-anak.

Meski Youtube berbeda jauh dengan televisi, namun konten-kontennya cukup menarik, dimana pengguna dapat memilih sendiri tontonan mereka. Namun jangan salah, dibalik itu semua ternyata ada banyak dampak negatif dari Youtube terutama pada anak jika orang tua terlalu membebaskan mereka. Dampak negatif dari Youtube inilah yang harus diwaspadai.

7 Cara Mudah Mengatasi Dampak Negatif Youtube Pada Anak

Sebagian orang tua masih belum sadar terhadap dampak negatif dari Youtube yang bisa saja terjadi pada anak. Mengenalkan Youtube sebagai alternatif hiburan untuk anak bukanlah hal yang salah, asalkan dapat dikontrol dengan baik oleh orang tua. Hal ini dilakukan agar anak bisa terhindar dari dampak negatif Youtube itu sendiri.

Lalu, Bagaimana Cara Menghindari Dampak Negatif Youtube?

Memberikan tontonan dari Youtube pada anak ibarat pisau bermata dua. Disatu sisi banyak konten pengetahuan yang belum tentu ada di televisi, disisi lain juga banyak konten tidak baik yang seharusnya tidak ditonton oleh anak-anak. Bagi para orang tua dihimbau agar berhati-hati terhadap hal ini. Lakukan cara-cara ini untuk menghindari dampak negatif Youtube pada anak.

Berikan Contoh Yang Baik

Sebaik apapun metode pengajaran yang diterapkan orang tua kepada anaknya, akan lebih baik lagi jika dimulai dari diri sendiri. Memberikan contoh yang baik terhadap anak pengaruhnya jauh lebih besar daripada hanya sekedar memberikan pengertian.

Dampak negatif Youtube bisa saja mempengaruhi anak karena kesalahan orang tuanya sendiri yang suka terang-terangan menonton konten yang seharunya tidak pantas untuk anak. Belajarlah memilih dan memilah tontonan yang baik supaya anak anda bisa mencontoh sikap orang tuanya tersebut.

Awasi Setiap Konten Yang Dilihat

Sebagai orang tua, cobalah untuk terus melakukan pengawasan terhadap setiap konten yang diliht oleh anak. Hal ini bertujuan supaya mereka tidak terkena dampak negatif Youtube dari sajian konten-konten yang tidak pantas. Pengawasan ini dapat anda lakukan setiap kali anak mengakses Youtube.

Saat ini, Youtube sendiri telah memberikan kebebasan dari para pengguna untuk bisa mengunggah berbagai konten secara personal. Akibatnya banyak orang berlomba-lomba menjadi Youtuber supaya terkenal hingga rela membuat konten yang tidak pantas hingga memiliki dampak negatif.

Berikan Pendampingan Saat Menonton

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menghindari dampak negatif Youtube pada anak adalah selalu memberikan pendampingan setiap kali mereka menonton. Sebisa mungkin jangan biarkan anak mengakses Youtube secara pribadi ataupun sembunyi-sembunyi.

Memberikan pendampingan secara eksklusif dapat mengurangi resiko dampak negatif Youtube pada anak. Selain itu orang tua juga bisa memberikan pengertian tentang konten yang baik untuk ditonton dan yang tidak. Jadikan Youtube sebagai wadah belajar yang menyenangkan.

Filter Jenis Konten Yang di Tonton

Tahukah anda jika setiap hari ada ratusan ribu video yang di upload di Youtube? Dari sekian ribu konten tersebut sebagian besar adalah video-video yang membawa dampak negatif pada anak. Nah, disinilah peran orang tua sangat dibutuhkan.
 
Sebagai orang tua, anda harus pandai melakukan filter terhadap jensi konten yang ditonton oleh anak. Bedakan mana konten yang edukatif, menghibur, dan yang tidak pantas. Kelalaian orang tua terhadap filterisasi konten dapat memperbesar kesempatan anak terkena dampak negatif Youtube.

Buat Peraturan Bersama

Jika benar-benar ingin terhindar dari dampak negatif Youtube, ajaklah anak anda berbicara berdua untuk membuat kesepakatan berdua. Membuat peraturan adalah cara tegas yang bisa diterapkan pada anak sekaligus membuat mereka menjadi terbiasa disiplin.

Baca Juga:
  1. 10 Langkah Mengatasi Anak Yang Kecanduan Nonton Youtube 
  2. 7 Dampak Negatif Full Day School Pada Perkembangan Anak 
  3. Cara Menghemat Kuota Internet Saat Nonton Youtube 

Beberapa peraturan seperti meminta ijin sebelum menonton, harus mau didampingi, nonton sesuai jadwal, menanyakan hal yang tidak dipahami dan sejenisnya dapat mulai anda terapkan. Membatasi tontonan anak bisa jadi hal baik untuk menghindari dampak negatif Youtube.

Batasi Jam Menontonnya

Terkadang seorang anak bisa menghabiskan waktu berjam-jam didepan layar ponsel hanya untuk menyaksikan video Youtube. Selain dampak negatif dari Youtube itu sendiri, ada pula dampak terhadap kesehatan mata anak. Oleh karena itu, batasi jam menonton agar tidak terjadi kecanduan.

Menurut penitian American Academy of Pediactrics, anak usia 2-5 tahun diperbolehkan menonton dengan durasi maksimal satu jam perhari. Sedangkan usia dibawah usia 2 tahun disarankan agar menghindari media berbasi layar. Pembatasan jam menonton ini akan berpengaruh baik terhadap kesehatan mata selain menghindari dampak negatif Youtube itu sendiri.

Selalu Cek Riwayat Pencarian

Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan oleh orang tua untuk menghindarkan anak dari dampak negatif Youtube adalah adanya fitur riwayat pencarian. Fitur ini dapat memunculkan kembali kata kunci apa saja yang pernah dicari dalam periode waktu terdekat.

Selalu kroscek riwayat pencarian di aplikasi Youtube pada ponsel anda setiap habis digunakan oleh anak. Riwayat pencarian ini dapat memberitahu anda mengenai jenis konten apa saja yang pernah dicari oleh anak. Jika ada konten yang mengarah pada dampak negatif, anda dapat segera melakukan tindakan.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi dampak negatif Youtube pada anak. Sejatinya anak-anak belum memahami dampak apa yang bisa saja terjadi terhadap tontonan mereka. Disinilah fungsi orang tua sangat diperlukan sebagai pendamping. Baik atau buruknya tontonan Youtube tergantung dari jenis konten apa yang disajikan. Jika anda punya tips lain, silahkan tulis dikolom komentar ya.

7 Cara Mudah Mengatasi Dampak Negatif Youtube Pada Anak