-->

Simak! Inilah 8 Cara Memulai Usaha Jualan Kue Secara Online

Apakah kamu sedang bingung untuk cara memulai usaha jualan kue secara online? Jangan khawatir, kita akan membahasnya disini. Silahkan simak dengan baik. Kue itu sendiri merupakan salah satu produk kuliner yang sangat potensial. Kuliner adalah salah satu sektor bisnis yang memiliki prospek bagus dimana makanan itu sendiri merupakan kebutuhan pokok semua manusia. Begitu juga dengan kue, saat ini kue adalah makanan khas yang harus ada pada acara-acara tertentu seperti pesta ulang tahun, pernikahan, atau hajatan lainnya.

Apabila kamu punya keahlian dalam membuat kue, nampaknya mencoba mengubah keahlian kamu tersebut menjadi sesuatu yang menghasilkan adalah ide bagus. Langkah pertama paling mudah adalah dengan memulai usaha jualan kue secara online. Seperti yang kita tahu bahwa saat ini bisnis online juga memiliki pasar yang besar bahkan bisa lebih baik dari cara berjualan konvensional. Terlebih dengan gadget yang semakin canggih dan internet yang semakin murah membuat siapa saja bisa terhubung ke internet.

Cara Memulai Usaha Jualan Kue Secara Online

Usaha jualan kue secara online juga sudah mulai banyak dilakukan oleh para pembuat kue. Terlebih saat ini kue menjadi salah satu makanan wajib yang harus ada di acara hajatan. Tak hanya di daerah perkotaan, namun pamor kue juga sudah sangat familiar di daerah pedesaan. Ini artinya semakin hari jumlah pasar dari produk kue juga semakin besar. Peluang inilah yang harus kamu manfaatkan untuk mencari keuntungan.

Lalu Bagaimana Cara Memulai Usaha Jualan Kue Secara Online?

Buat kamu yang hobi membuat kue dan berniat menjadikannya sebagai sebuah bisnis, maka jangan banyak berpikir dan menunggu lama. Lebih baik segera eksekusi dan segera mulai saja. Kenapa? Karena ide yang terlalu banyak dipikirkan akan membuat motivasi justru semakin menurun yang akhirnya membuat kamu tidak kunjung menjalankan ide tersebut. Tidak usah ragu dan bingung, berikut ini kita rangkum beberapa cara memulai usaha kue secara online yang bisa kamu lakukan di tahap awal.

Memastikan Produk Kue Layak Jual

Pertama-tama adalah memastikan bahwa produk yang kamu juga menang sudah layak jual. Artinya jangan menjual produk dalam keadaan masih trial atau uji coba. Pastikan dulu bahwa kue buatan kamu sudah memenuhi standar pasar bahkan jauh lebih baik. Sebelum memutuskan berjualan, lakukanlah beberapa uji coba dan mintalah penilaian jujur kepada orang-orang terdekat supaya kamu bisa menciptakan produk kue yang berkualitas. Ini adalah hal penting karena kesan pertama konsumen terhadap produkmu sangat menentukan penjualan.

Belajar Menghias Kue Dengan Baik

Sebelum memulai usaha jualan kue secara online, baiknya kamu belajar menghias kue dengan baik terlebih dahulu. Baik dari segi estetika, komposisi dan juga pewarnaan. Karena ditengah perjalanan kamu akan mendapati banyak konsumen yang detail dan perfeksionis terhadap sebuah produk. Apabila kamu belum bisa menghias kue dengan baik, maka kamu bisa saja mendapat kritik pedas yang bisa membuat mental kamu jatuh. Semakin banyak referensi mengenai cara menghias kue, maka akan semakin baik untuk meningkatkan estetika produk kue kamu.

Belajar Packing Secara Aman

Salah satu hal paling penting dalam jualan kue secara online adalah packing atau pengemasan. Jualan online berarti produk kamu akan lebih banyak melalui perjalanan untuk menuju ke rumah konsumen. Maka dari itu, pengemasan menjadi hal penting supaya produk tidak rusak saat sampai di tangan konsumen. Terlebih kue adalah produk yang rawan hancur jika terjadi benturan. Belajarlah packing kue dengan aman dari orang-orang yang berpengalaman dibidang ini.

Belajar Membalas Chat Pelanggan Dengan Benar

Komunikasi juga menjadi bagian penting dalam memulai usaha jualan kue secara online. Seperti yang kita tahu bahwa ujung tombak komunikasi dari jualan online adalah chat baik itu di DM instagram, inbox Facebook, atau chat WhatsApp. Maka dari itu, cara kamu membalas chat sangat menentukan keberhasilan dalam mendapat pelanggan. Belajarlah membalas chat pelanggan dengan baik. Kamu bisa belajar dari artikel atau video untuk memperbanyak referensi terkait teknik closing dan menjalin kedekatan dengan pelanggan.

Membuat Katalog Produk di Instgaram

Langkah selanjutnya dalam memulai usaha jualan kue secara online adalah promosi. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat katalog produk di Instagram sebanyak-banyaknya. Katalog ini berfungsi untuk memudahkan calon konsumen melihat-lihat produk yang kamu miliki. Dengan katalog konsumen akan lebih mudah mencari produk mana yang akan dibeli. Dalam membuat katalog, usahakan foto yang diunggah menarik dan unik agar terlihat menarik.

Baca Juga:
  1. Mudah! Inilah 8 Cara Sukses Memasarkan Kue Kering dan Basah
  2. Inilah 9 Contoh Usaha Kue Yang Paling Laris Dipasaran
  3. 7 Tips Memilih Akun Untuk Paid Promote atau Endorse di Instagram

Memperluas Promosi di Facebook

Setelah membuat katalog, langkah memulai usaha jualan kue secara online selanjutnya adalah memperluas promosi ke Facebook. Sosial media yang satu ini memang memiliki kekuatan yang besar untuk UKM. Kamu bisa memperluas jaringan promosi usaha kue dengan rajin melakukan posting di Facebook. Kamu juga bisa melakukan promosi di grup-grup Facebook yang mayoritas anggotanya adalah orang-orang didaerah tempat tinggalmu. Cara promosi ini sangat efektif untuk menjaring konsumen dan menambah follower Instagram.

Melayani Delivery Order Ke Konsumen

Pada saat memulai usaha jualan kue secara online, cobalah untuk melayani delivery order ke konsumen. Cara ini akan membuat kamu lebih mudah dalam menjaring pelanggan baru. Karena pada saat ini kebiasaan orang-orang cenderung suka terhadap sesuatu yang instan. Termasuk cara mereka memesan makanan dengan sistem online yang sekaligus diantar langsung ke tempat dengan sistem pembayaran Cash on Delivery (COD). Manfaatkan situasi ini untuk menunjukkan eksistensi bisnis kamu.

Update Tren Kue Saat Ini (Kekinian)

Terakhir, sebagai pelaku usaha jualan kue secara online. Kamu pasti wajib tahu dong tren kue apa saja yang sedang booming saat ini. Tren musiman seperti ini bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak. Barang yang sedang tren pasti akan lebih banyak peminatnya, termasuk produk kue. Maka dari itu selalu cari tahu dan juga ikuti perkembangan tren terutama yang berkaitan dengan kue.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara memulai usaha jualan kue secara online yang bisa kamu jadikan sebagai referensi dalam merintis bisnis. Agar tidak kalah bersaing dengan para kompetitor, kamu bisa membuat konsep usaha yang unik sehingga bisa jadi ciri khas. Selain itu sering-seringlah melakukan inovasi terhadap produk supaya konsumen tidak bosan dengan hal itu-itu saja. Yang tidak kalah penting adalah promosi sebanyak-banyaknya untuk mengenalkan kepada konsumen.

Simak! Inilah 8 Cara Memulai Usaha Jualan Kue Secara Online