Mudah! Inilah 8 Cara Sukses Memasarkan Kue Kering dan Basah

Kue kering dan basah menjadi salah satu makanan ringan yang digemari oleh masyarakat. Keduanya banyak dikonsumsi karena dapat menjadi alternatif camilan yang mengenyangkan. Tekstur yang lembut dan rasa yang manis membuat siapa saja akan ketagihan ketika memakannya. Dipasaran sendiri, ada berbagai macam jenis kue yang beredar degan berbagai macam rasa yang tersedia.

Bagi mereka yang memiliki hobi memasak khususnya membuat kue, menjadikan hobi tersebut sebagai sebuah bisnis adalah pilihan yang sangat tepat. Menjual aneka kue kering dan basah merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan. Terlebih jika kue yang akan diproduksi memiliki keunikan, baik itu dari segi bentuk maupun tampilan. Ditambah cita rasa yang lezat, akan membuatnya banyak dicari oleh para pembeli.

Gambar 8 Cara Sukses Memasarkan Kue Kering dan Basah

Memasarkan kue kering dan basah menjadi sebuah pekerjaan yang tidak mudah bagi para pelaku usahanya. Mereka harus mampu menciptakan trik dan strategi supaya promosi yang dilakukan efektif sehingga dapat menjangkau masyarakat luas. Jika mau berusaha, akan ada banyak cara sukses memasarkan kue kering dan basah yang dapat kita pelajari.

Lalu, Trik dan Strategi Apa Yang Efektif Untuk Memasarkan Kue Kering dan Basah?   

Memasarkan produk khususnya kue kering dan basah harus dilakukan dengan cepat dan tepat. Jenis makanan seperti ini memiliki tenggang waktu kadaluwarsa yang lebih pendek dibandingkan dengan produk lain. Kita tidak bisa membiarkannya terlalu lama menumpuk karena akan berakibat pada rusaknya kualitas. Maka dari itu, kita harus mampu merencanakan trik dan strategi pemasaran yang efektif seperti halnya 8 cara sukses memasarkan kue kering dan basah berikut ini.

Awali Dari Lingkungan

Apapun bidang bisnis yang akan kita jalankan, peran lingkungan sekitar dalam keberhasilan mengawali bisnis tidak bisa dilepaskan. Orang-orang di sekitar seperti teman dekat, tetangga, dan saudara sangat cocok untuk memulai mengenalkan produk yang dibuat. Biarkan mereka mencicipi dan mencoba kualitas rasa dari kue kering atau basah tersebut. Dengarkan apa tanggapan mereka terhadap produk ang akan dijual. Segera lakukan perbaikan jika ada kritik dan saran.

Berikan Tester

Kunci utama dari usaha kuliner adalah cita rasa. Maka, alangkah lebih baik jika kita memberikan tester kepada para calon pembeli supaya mereka mengenal seperti apa rasa kue yang dibuat. Sesuatu yang diberikan secara cuma-cuma seperti tester akan sulit ditolak oleh orang-orang meski hanya secuil. Dengan mencoba produk yang dibuat, mereka akan bisa lebih percaya. Terlebih jika cita rasa yang ditawarkan sangat menggugah selera.

Manfaatkan Pasar Tradisional

Cara terbaik untuk mengawali pemasaran kue kering dan basah adalah dengan memanfaatkan keberadaan pasar tradisional terdekat. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa pasar selalu menjadi tempat berkumpulnya para pembeli yang sedang berbelanja berbagai keperluan. Karena target pasar sudah jelas, memasarkan kue kering dan basah dengan cara ini akan lebih efektif. Selama ini sudah banyak pelaku usaha kue yang sukses memasarkan produknya di pasar tradisional.

Gunakan Sosial Media

Seiring dengan berkembangnya teknologi, turut menyebabkan berbagai perubahan dalam sistem promosi. Saat ini, teknik promosi dengan sistem digital dianggap lebih efektif, apalagi jika memanfaatkan keberadaan sosial media. Kebanyakan pengguna internet berkumpul di media sosial untuk berinteraksi dengan orang lain di dunia maya. Dengan memanfaatkannya sebagai sarana promosi, kita dapat menjangkau lebih banyak konsumen dengan biaya lebih murah.

Buat Inovasi

Satu dari sekian banyak kunci sukses dalam bisnis adalah membuat inovasi. Seorang pelaku usaha yang tidak pernah melakukan inovasi pada produknya pasti akan kalah bersaing dengan para pendatang baru dengan berbagai produk inovatifnya. Maka dari itu, kita juga harus mampu membuat kue kering dan basah yang inovatif dengan memberikan beberapa nilai tambah dari produk yang sudah ada seperti memperbanyak rasa dan memperbaiki tekniknya.

Baca Juga:
  1. Membuat Produk Makanan Tradisional Naik Kelas dan Berkualitas
  2. Cara Membuat Label Kemasan Produk Pangan UKM Dengan Baik Dan Benar 
  3. Faktor Penyebab Produk Usaha Makanan Tidak Laku Dipasaran

Modifikasi Tampilan

Selain dari rasa, salah satu daya tarik dari produk kuliner adalah dari tampilannya. Memperbaiki tampilan kue kering dan basah yang akan dipasarkan dapat meningkatkan nilai jual dari produk tersebut. Memodifikasi tampilan produk kue dapat diawali dari merubah bentuk dan warnanya sehingga akan terlihat lebih menarik. Dengan begini, peminat dari kue kering dan basah yang diproduksi akan lebih banyak.

Kerjasama Dengan Toko

Bekerja sama dengan toko adalah cara terbaik untuk memasarkan kue kering dan basah. Tawarkan dan buatlah perjanjian kerja sama dengan pemilik toko apakah ingin membayar produk anda secara tunai atau menggunakan sistem titip. Keduanya adalah pilihan yang baik karena sama-sama menguntungkan. Agar lebih efektif, jalin kerja sama dengan banyak toko yang berbeda-beda.

Kemas Secara Menarik

Kemasan menjadi sangat penting sebagai penunjang profesionalitas produk. Apalagi jika kue kering dan basah akan dipasarkan di toko, sudah sepantasnya kita mengemasnya secara menarik agar mampu memancing minat pembeli. Produk dengan kemasan menarik sudah terbukti mampu membuat para konsumen penasaran hingga pada akhirnya mereka mencoba untuk membelinya. (Baca: Percantik Produk Usaha Dengan Membuat Label Kemasan Sendiri)

Penutup
Ada banyak trik dan strategi marketing yang dapat kita gunakan dalam berbisnis produk kue. Beberapa diantaranya adalah 10 cara sukses memasarkan kue kering dan basah diatas yang patut dicoba untuk dijadikan sebagai pedoman dalam pemasaran. Sebagai seorang pelaku usaha, kita diwajibkan memiliki kemampuan promosi supaya produk yang dijual bisa dikenal luas oleh masyarakat.

Mudah! Inilah 8 Cara Sukses Memasarkan Kue Kering dan Basah