Ampuh! Ini 7 Cara Agar Baterai HP Cepat Penuh Saat di Cas

Apakah kamu pernah merasa ketika mengisi daya ponsel Android terasa sangat lama dan tak kunjung penuh? Kejadian ini benar adanya ketika seorang pengguna salah melakukan charging sehingga listrik dalam baterai tak kunjung tersimpan. Agar baterai HP cepat penuh saat di cas, maka kamu harus meninggalkan beberapa kebiasaan buruk yang menyebabkan baterai lama terisi namun tidak pernah kamu sadari. Akibatnya, arus listrik yang seharusnya bisa langsung tersimpan didalam elemen baterai malah menjadi terhambat.

Setiap pengguna smartphone entah itu Android ataupun iPhone pasti menginginkan baterai HP cepat penuh saat di cas. Selain menghemat waktu, kecepatan pengisian daya juga dapat membuat pekerjaan yang berhubungan dengan ponsel menjadi lebih cepat selesai. Dengan kata lain, kecepatan charging juga mempengaruhi produktivitas seseorang dalam bekerja. Oleh karena itu, banyak pengguna yang mencari cara agar bisa mengisi daya baterai ponsel hingga penuh secara singkat.

Ampuh! Ini 7 Cara Agar Baterai HP Cepat Penuh Saat di Cas

Itulah kenapa saat ini banyak produsen ponsel yang menawarkan fitur fast charging sebagai salah satu trik promosi agar para konsumen mau membeli produk mereka. Namun ini hanya berlalu bagi mereka yang punya uang lebih sehingga mampu membeli ponsel baru dengan fitur charging lebih canggih. Kenyataanya, masih banyak pengguna ponsel lama yang belum memiliki fitur ini sehingga harus menggunakan caranya sendiri agar bisa ngecas baterai HP dengan cepat.

Cara Cepat Mengisi Baterai Ponsel Yang Tidak Memiliki Fitur Fast Charging

Buat mereka yang memiliki ponsel dengan fitur fast charging nampaknya tidak perlu bingung ketik baterai ponsel tiba-tiba habis, karena dalam waktu singkat baterai ponsel sudah bisa terisi banyak. Lalu bagaimana dengan mereka yang tidak punya fitur fast charging. Tenang, kamu tetap bisa melakukan upaya agar baterai HP cepat penuh saat di cas namun cara yang berbeda. Seperti apa? Berikut ini adalah beberapa cara cepat mengisi baterai ponsel tanpa fitur fast charging.

Matikan Ponsel Saat di Cas

Cara agar baterai HP cepat penuh saat di cas yang pertama adalah mematikan ponsel saat sedang di cas. Selama ini banyak pengguna yang salah dalam melakukan charging yakni ketika ponsel masih dalam keadaan hidup. Yang lebih buruk lagi, banyak pengguna yang ngecas HP sambil dipakai. Namun faktanya, ketika dicas dalam keadaan hidup ponsel akan terisi lebih lama. Sebaliknya jika dimatikan akan cepat penuh karena ponsel berhenti bekerja sehingga konsumsi baterai tidak ada. Mematikan ponsel saat di cas juga membuat baterai jadi awet dan tahan lama.

Selalu Gunakan Charger Original

Cara yang kedua agar baterai HP cepat penuh saat di cas adalah dengan menggunakan charger original. Faktanya memang begitu, penggunaan original membuat proses pengisian baterai jadi lebih cepat karena ukuran voltase dan juga ampere-nya sudah disesuaikan dengan kebutuhan baterai itu sendiri. Dipasaran memang banyak dijual adaptor charger yang diklaim bisa fast charging. Namun kamu harus tahu bahwa itu memiliki dampak yang sangat buruk pada baterai seperti overcharging yang bisa menimbulkan ledakan.

Jangan Gunakan Sumber Daya Selain Charger

Maksud pada poin ketiga ini adalah kamu tidak direkomendasikan untuk memakai sumber daya listrik lain selain dari charger original ponsel tersebut. Sumber daya lain yang dimaksud tersebut diantaranya post USB laptop atau komputer, powebank, smart stop kontak, dan lain sebagainya. Karena semua daya listrik yang langsung masuk ke ponsel selain dari charger selalu tidak stabil. Maka dari itu agar baterai HP cepat penuh saat di cas, gunakan data listrik yang dihasilkan charger original saja.

Aktifkan Mode Penerbangan

Cara agar baterai HP cepat penuh saat di cas yang keempat ini bisa kamu terapkan ketika dalam keadaan darurat. Ketika tidak sempat mematikan ponsel, kamu bisa mengaktifkan mode penerbangan saja. Dengan memakai mode penerbangan, maka banyak "pekerjaan" yang dilakukan oleh ponsel berhenti secara signifikan. Seperti internet, aplikasi yang berjalan, pencarian sinyal dan lain sebagainya akan berhenti sementara waktu sehingga bisa membuat baterai ponsel cepat terisi.

Usahakan Mengisi Baterai Minimal Saat 20%

Jika kamu ingin baterai HP cepat penuh saat di cas, maka sebaiknya selalu lakukan charging ketika baterai masih tersisa minimal 20%. Selain menjadi cepat terisi, cara ini juga akan membuat kesehatan baterai selalu terjaga. Sebaliknya, jika kamu ngecas ponsel saat baterai habis maka proses pengisiannya jadi lebih lama. Selain itu juga membuat baterai cepat rusak. Berdasarkan penelitian dari batteryuniversity.com, menghabiskan baterai hingga 0% akan membuat kinerja baterai cepat menurun.

Baca Juga:
  1. 7 Tips Menjaga Baterai Tanam HP Android Tetap Awet
  2. Yuk Cari Tahu! 6 Penyebab Kepala Adaptor Charger HP Cepat Panas
  3. 6 Ciri dan Cara Mencegah Baterai Tanam HP Android Bocor

Jangan Install Aplikasi Fast Charging
Beberapa pengguna smartphone tergiur oleh aplikasi yang mengklaim memiliki fitur fast charging sehingga membuat pengisian baterai jadi lebih cepat. Namun, itu hanyalah akal-akalan developer agar aplikasi yang dibuatnya laris manis diunduh. Faktanya, aplikasi semacam itu justru membuat pengisian daya menjadi lebih lama karena membuat ponsel bekerja untuk menjalankannya. Jadi agar baterai HP cepat penuh saat di cas, hapus aplikasi fast charging semacam ini dari ponselmu.

Tidak Usah di Cek Terlalu Sering

Cara agar baterai HP cepat penuh saat di cas yang terakhir yakni jangan di cek terlalu sering. Mengecek ponsel yang sedang di cas membutuhkan daya karena harus menghidupkan layar. Jika dilakukan sangat sering, makan daya yang terakumulasi untuk menghidupkan layar juga lumayan banyak. Jadi jangan terlalu sering di cek. Manfaatkan saja lampu indikator yang ada pada ponsel, biasanya lampu indikator akan mati atau berubah warna saat baterai sudah penuh.

Penutup

Bagaimana? Cukup mudah kan cara agar baterai HP cepat penuh saat di cas. Penjelasan diatas bisa selalu kamu terapkan saat baterai ponsel habis sebagai salah satu upaya untuk pengisian baterai ponsel terutama buat para pengguna yang HP-nya tidak punya fitur fast charging. Dengan mengurangi durasi waktu charging, maka kamu akan menjadi lebih produktif karena tidak perlu menunggu ponsel yang di cas terlalu lama. Semoga artikel diatas bermanfaat buat kamu ya.

Ampuh! Ini 7 Cara Agar Baterai HP Cepat Penuh Saat di Cas