6 Ciri dan Cara Mencegah Baterai Tanam HP Android Bocor

Baterai merupakan sumber energi listrik utama pada semua jenis ponsel. Tanpa adanya baterai, berarti tidak ada listrik sehingga ponsel tidak akan bisa hidup. Berbicara mengenai baterai, saat ini berbagai macam merk smartphone khususnya Android sudah memakai baterai tanam atau non-removable battery. Baterai jenis ini tidak bisa dengan mudah dilepas pasang seperti halnya baterai pada ponsel jadul. Lalu bagaimana cara kita bisa mengetahui jika suatu saat baterai tanam HP Android bocor atau rusak?

Penggunaan baterai tanam pada smartphone memang menuai pro dan kontra sejak awal diperkenalkan ke publik. Banyak pengguna yang menyayangkan teknologi ini karena lebih susah untuk melakukan kontrol pada baterai. Disisi lain ada juga pengguna yang merasa senang karena desain ponsel bisa jadi lebih tipis. Namun yang pasti, jika baterai tanam HP Android bocor suatu saat, pengguna akan susah untuk melihat tanda-tandanya secara fisik.

6 Ciri dan Cara Mencegah Baterai Tanam HP Android Bocor

Ciri-ciri Baterai Tanam HP Android Bocor dan Rusak

Mencari tahu kondisi baterai tanam HP Android bocor atau rusak memang sedikit sulit mengingat letaknya yang ada didalam casing ponsel sehingga harus dibongkar terlebih dahulu. Meski begitu, kamu tetap bisa melihat ciri-cirinya dengan cara memperhatikan serta merasakan berbagai gejala dan perbedaan kinerja yang terjadi. Biasanya masalah pada baterai tanam terjadi ketika usia ponsel mulai menginjak angka 2 tahun atau lebih. Simak penjelasan berikut ini.

Suhu Mudah Meningkat Secara Tidak Wajar

Jika kamu pernah merasakan suhu yang sangat tinggi ponsel dibagian belakang ponsel padahal tidak sedang menjalankan aplikasi yang berat. Bisa jadi itu adalah pertanda bahwa baterai tanam HP Android bocor atau juga rusak. Suhu berlebihan ini biasanya disebabkan oleh elemen baterai yang ada dibagian dalam sudah tidak stabil dalam menampung listrik. Kondisi inilah yang membuat ponsel terkadang mengalami overheat karena komponen lainnya ikut menjadi panas.

Bentuk Baterai Tanam Mulai Menggembung

Salah satu bentuk fisik yang bisa kita lihat untuk mengenali masalah baterai tanam HP Android bocor atau rusak adalah menggembung. Lalu bagaimana kita bisa melihat perubahan bentuknya? Jadi begini, ketika baterai mulai menggembung, maka casing bagian belakang akan mulai terasa menonjol keluar. Kondisi ini juga bisa membahayakan LCD dan juga touchscreen pada ponsel yang bisa retak atau pecah karena adanya tekanan dari dalam.

Sudah Tidak Stabil Ketika Diisi Daya

Ciri baterai tanam HP Android bocor atau rusak selanjutnya adalah ketidak stabilan baterai saat diisi daya. Biasanya ciri ini dapat dikenali dengan kondisi status pengisian baterai yang terkadang nyambung dan terkadang putus. Jika sudah parah, biasanya baterai tanam tidak akan mau mengisi daya meskipun charger sudah terpasang dengan baik.

Indikator Baterai Mulai Tidak Akurat

Pernahkah kamu mengalami status baterai pada ponsel yang naik dan turun dengan sendirinya. Begitu juga saat diisi baterai, bukannya malah naik terus namun kadang mengalami penurunan secara tiba-tiba. Bisa dipastikan ini jadi pertanda bahwa baterai tanam HP Android bocor dan mulai rusak. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh elemen baterai yang sudah tidak akurat dalam membaca jumlah daya listrik. Akibatnya, ponsel tidak bisa menghitung jumlah baterai tanam dengan akurat.

Cepat Penuh dan Cepat Habis Pula

Ciri-ciri baterai tanam HP Android bocor yang terakhir adalah cepat penuh jika dicas dan cepat habis ketika digunakan. Ini adalah tanda paling mudah dirasakan yang menunjukkan kinerja baterai sudah tidak layak atau mungkin mulai rusak. Jika kamu mengalami kondisi ini, satu-satunya solusi untuk mengatasinya adalah dengan mengganti baterai tersebut dengan yang baru.

Tips Untuk Mencegah Baterai Tanam HP Android Bocor dan Rusak

Setelah membaca berbagai penjelasan diatas, kamu pasti sudah mulai paham dengan berbagai ciri baterai tanam HP Android bocor. Nah, jika sudah tahu tanda-tandanya tidak lengkap rasanya jika kamu tidak mengetahui bagaimana tips untuk mencegah masalah tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk mencegah baterai tanam smartphone cepat rusak.

Jangan Dipakai Sambil Dicas

Tips yang pertama agar terhindar dari masalah baterai tanam HP Android bocor adalah jangan memakai ponsel sambil di cas. Ini adalah kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh para pengguna smartphone. Kebiasaan ini akan membuat baterai menjadi cepat rusak, namun masih banyak pengguna bandel yang tidak peduli akan resiko yang diterima.

Baca Juga:
  1. 7 Tips Menjaga Baterai Tanam HP Android Tetap Awet
  2. 10 Aplikasi Pembayaran Digital Untuk Transaksi Online
  3. Yuk Cari Tahu! 6 Penyebab Kepala Adaptor Charger HP Cepat Panas

Gunakan Charger Original

Banyak pengguna smartphone yang beranggapan bahwa semua charger sama saja. Sama-sama bisa digunakan untuk mengisi daya. Namun ternyata anggapan itu sangat salah. Memang setiap charger sama-sama bisa dipakai, tapi dari segi output daya berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan baterai. Nah memakai charger sembarang dapat meningkatkan resiko baterai tanam HP Android bocor. Sebaiknya selalu gunakan charger original bawaan pabrik.

Jangan Gunakan Baterai Hingga Habis

Apakah kamu termasuk pengguna smartphone yang sering menghabiskan baterai hingga 0%? Jika iya, segera tinggalkan kebiasaan tersebut. Menurut sebuah penelitian, menggunakan baterai hingga habis akan memperpendek usia baterai tersebut. Jadi intinya ketika kamu menghabiskan hingga 0% maka akan turut membuat baterai tanam HP Android bocor dan cepat rusak.

Segera Cabut Charger Jika Sudah Penuh

Tips terakhir, biasakan untuk segera mencabut charger jika pengisian daya sudah penuh. Kebiasaan buruk yang selama ini banyak dilakukan oleh pengguna adalah ngecas pada malam hari lalu ditinggal tidur hingga pagi. Cara ini akan membuat baterai ponsel cepat rusak karena terus dipaksa terhubung ke listrik meski sudah penuh. Akibatnya elemen baterai harus bekerja keras yang membuat usianya jadi semakin pendek.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai ciri-ciri dan juga cara mengatasi baterai tanam HP Android bocor dan rusak. Yang pasti, untuk menghindari kerusakan baterai tanam pada smartphone, maka kamu harus merawat dan juga menjaganya sejak pertama kali dibeli. Hanya dengan cara inilah baterai bisa awet dan tahan lama sehingga kinerjanya tetap terjaga. Namun jika kamu sudah mengalami berbagai ciri diatas, sebaiknya segera konsultasikan ke tukang servis karena dapat membahayakan ponsel

6 Ciri dan Cara Mencegah Baterai Tanam HP Android Bocor