10 Aplikasi Pembayaran Digital Untuk Transaksi Online

Perkembangan jaman yang begitu cepat membuat teknologi juga berkembang pesat. Salah satu pengaruh dari kemajuan teknologi yang bisa kita rasakan saat ini adalah sistem pembayaran yang mulai beralih ke digital. Sistem ini muncul seiring dengan meningkatnya jumlah transaksi online sehingga membuat banyak inovator menciptakan aplikasi pembayaran digital yang bisa digunakan seseorang untuk transaksi online.

Jika pada jaman dahulu kita melakukan transaksi secara konvensional, pada jaman sekarang orang-orang bisa melakukan pembayaran apapun secara digital melalui ponsel pintar yang dimilikinya. Hal ini mengakibatkan penggunaan uang tunai atau cash menurun. Banyak orang yang menyebut bahwa hal ini mengantarkan kita menuju perubahan besar. Saat ini sudah banyak orang yang mulai meninggalkan uang tunai dan beralih ke sistem cashless.

Mengenal Sistem Digital Payment

Digital payment atau pembayaran digital adalah sistem pembayaran non-tunai yang menggunakan media teknologi seperti SMS, Internet, Mobile banking, Internet Banking, Digital Wallet dan sejenisnya. Seluruh kegiatan digital payment dilakukan menggunakan media elektronik yang bisa dilakukan dimana saja , kapan saja, dan oleh siapa saja.

10 Aplikasi Pembayaran Digital Untuk Transaksi Online

Semakin hari, jumlah orang yang menggunakan sistem pembayaran digital terus mengalami peningkatan. Cara ini dirasa lebih praktis, efektif serta efisien dibandingkan dengan cara konvensional. Untuk memenuhi kebutuhan belanja, pembayaran tagihan atau pengiriman uang, mereka tidak perlu keluar rumah seperti halnya cara konvensional. Aktivitas tersebut dapat dilakukan dalam satu genggaman dan dalam satu sentuhan.

Keuntungan Yang Didapat Dengan Pembayaran Digital

Penggunaan aplikasi pembayaran digital menjadi populer serta diminati oleh banyak orang karena manfaatnya yang benar-benar bisa dirasakan dalam kehidupan. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh seseorang saat menggunakan sistem pembayaran digital dalam transaksi online. Seperti apa keuntungannya? berikut ini penjelasannya.

Bisa Dilakukan Kapan Saja

Pembayaran digital secara online memang tidak kenal waktu. Kamu dapat menggunakan sistem ini kapan saja dan dimana saja bahkan pada saat tengah malam sekalipun sistem ini tetap dapat memproses transaksimu. Kamu tidak perlu menyesuaikan jadwal buka pada jam-jam tertentu. Sistem pembayaran digital seperti ini sangat cocok untuk orang-orang yang memiliki aktivitas padat.

Cepat dan Mudah

Dengan menggunakan proses pembayaran digital, maka transaksi akan jadi lebih cepat dan mudah. Hal ini akan membuat kamu hemat waktu karena tidak perlu antre dan menunggu lama. Hal ini sangat berbeda dengan sistem pembayaran konvensional yang mengharuskan semua orang datang ke tempat sehingga menimbulkan antrean yang sangat panjang.

Hemat Tenaga

Keuntungan lain yang bisa kamu dapat dengan sistem pembayaran digital selain cepat dan mudah adalah hemat tenaga. Saat memakai sistem konvensional, untuk melakukan pembayaran kamu diharuskan datang langsung ke tempat. Untuk mencapai tempat tersebut pasti dibutuhkan tenaga. Belum lagi jika ada antrean panjang atau ketika turun hujan saat perjalanan.

Lebih Aman Daripada Tunai

Jika dilakukan secara baik, benar dan sesuai prosedur, maka pembayaran digital sangat aman daripada pembayaran tunai. Terlebih jika yang dilakukan adalah transaksi dengan nilai besar. Membawa uang tunai dengan jumlah sangat banyak tentunya bukan ide yang baik. Kejahatan selalu mengintai dimanapun kita berada. Maka dari itu, untuk meminimalisir hal buruk tersebut, sistem pembayaran digital seperti inilah yang terbaik.

Daftar Aplikasi Yang Melayani Pembayaran Digital Untuk Transaksi Online

Setelah mengetahui berbagai macam hal yang melatarbelakangi perubahan sistem pembayaran dari konvensional ke digital, kini saatnya kamu mengetahui berbagai macam jenis aplikasi yang melayani pembayaran digital untuk transaksi online. Beberapa aplikasi tersebut sudah cukup terkenal di Indonesia. Berikut ini adalah daftar 10 aplikasi pembayaran yang bisa kamu gunakan.

Go-Pay

Go-Pay adalah anak dari Go-Jek. Pasti kamu semua sudah tidak asing dengan ojek online yang satu ini. Go-Pay bisa dibilang sebagai finansial technologi atau biasa disingkat fintech yang sangat terkenal di Indonesia. Saldo yang ada pada aplikasi Go-Pay dapat kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan pembayaran online termasuk belanja, beberapa tagihan, isi pulsa  dan sebagainya. Kamu bisa is saldo via driver gojek, minimarket atau ATM. Aplikasi ini dapat kamu download disini.

OVO

Aplikasi pembayaran digital selanjutnya adalah OVO. Aplikasi ini menjadi aplikasi saku digital terpopuler kedua di Indonesia setelah Go-Pay. Sama dengan aplikasi digital payment lainnya, OVO dapat kamu gunakan untuk berbelanja online, melakukan beberapa pembayaran tagihan, bayar Grab, isi ulang pulsa dan lain-lain. Kamu bisa top-up saldo melalui ATM atau minimarket. Aplikasi OVO dapat kamu downolad disini.

LnkAja

Aplikasi pembayaran digital LinkAja merupakan layanan yang dikeluarkan oleh salah satu operator seluler milik pemerintah Indonesia yaitu, Telkomsel. Bagi kamu yang memakai nomor telkomsel, secara otomatis kamu dapat menggunakan layanan ini. Kamu dapat isi saldo di Grapari Telkomsel, mininarket atau transfer. Saldo tersebut dapat kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan transaksi online seperti halnya digital payment lainnya. Download aplikasinya disini.

Dana

Aplikasi Dana merupakan dompet digital yang masih baru di Indonesia, namun kepopulerannya mampu menyalip beberapa pendahulunya. Dengan aplikasi ini kamu dapat melakukan transaksi tanpa uang cash ataupun kartu kredit. Syaratnya, tempat kamu melakukan transaksi juga harus menggunakan Dana. Selain itu, kamu juga dapat mengirim uang kesesama pengguna Dana cukup dengan memasukkan nomor penerima. Aplikasi ini juga bisa melakukan pembayaran berbagai tagihan. Dana dapat kamu download disini.

Baca Juga:

  1. Review: Aronium, Aplikasi Kasir Toko Gratis Terbaik Untuk Windows
  2. Cara Transfer Uang/Bayar Online Tanpa Menggunakan ATM
  3. Cara Mudah Buka Situs Diblokir di HP Android Tanpa Aplikasi


i.Saku

Ketika kamu menggunakan i.Saku untuk transaksi pembayaran digital dengan sangat aman dan nyaman. Pasalnya aplikasi yang satu ini sudah mendapatkan izin dari BI (Bank Indonesia) untuk beroperasi. Kamu juga bisa melakukan setor tunai dan tarik tunai dengan fasilitas token yang disediakan. Dengan menggunakan i.Saku, kamu akan mendapatkan poin dari setiap transaksi yang dilakukan. Setelah poin terkumpul, kamu dapat menukarnya dengan hadiah di My Point. Download aplikasi i.Saku disini.

Doku

Doku bisa dibilang sebagai digital payment yang multi fungsi. Selain digunakan untuk pembayaran digital dan juga pembayaran tagihan bulanan secara online, aplikasi doku juga bisa dipakai untuk transaksi e-commerce luar negeri seperti AliExpress. Masih ada lagi, Doku juga bisa kamu pakai di AlfaOnline, bayar langganan First Media, KAI, Citilink dan masih banyak lagi. Hmmm bagaimana? Kamu tertarik? Download aplikasinya disini ya.

Sakuku

Sakuku adalah salah satu digital payment yang dikeluarkan oleh bank ternama yaitu BCA. Kamu dapat membuat akun Sakuku dengan nomer ponselmu. Aplikasi Sakuku tidak membebani biaya bulanan pada penggunanya. Kamu dapat melakukan transaksi seperti KlikBCA Individual, BCA mobile, mengirim uang ke rekening BCA, penarikan uang tunai di ATM BCA, dan lain-lain. Download aplikasinya disini.

True Money

Dengan aplikasi True Money kamu dapat dengan mudah melakukan berbagai macam aktivitas transaksi online dimana saja dan kapan saja. Dengan True Money, kamu akan mendapatkan beberapa fitur seperti tarik tunai melalui Agen TrueMoney, Alfamart dan Alfamidi, beli pulsa, paket data, token listrik, voucher games dan mengirim uang kesesama pengguna True Money. Disisi lain kamu juga dapat membayar tagihan bulanan seperti listrik, air, BPJS, dan lain-lain. Kamu bisa unduh aplikasi ini disini.

PayTren

Daftar terkahir di aplikasi pembayaran digital ada PayTren. Aplikasi yang dipopulerkan oleh ustadz Yusuf Mansur ini memiliki banyak sekali pengguna di Indonesia. Beberapa macam transaksi seperti ATM, Internet/SMS/Mobile Banking, dan PPOB (Payment Point Online Bank) dapat kamu lakukan. Berikut ini daftar fiturnya: tagihan listrik, PDAM, tiket pesawat, tiket kereta api, isi pulsa, voucher game, tv prabayar, token PLN bahkan hingga sedekah. Kamu bisa download PayTren disini.

Penutup

Itulah pembahasan mengenai beberapa aplikasi pembayaran digital yang bisa kamu gunakan untuk transaksi online. Setiap aplikasi memiliki konsep dan juga fitur yang berbeda-beda. Jadi kamu dapat memilih salah satu atau beberapa diantaranya sesuai dengan kebutuhan. Saat menggunakan digital payment, sebaiknya lakukan dengan teliti karena kesalahan input data dapat berakibat fatal pada transaksi.

10 Aplikasi Pembayaran Digital Untuk Transaksi Online