Review: Aronium, Aplikasi Kasir Toko Gratis Terbaik Untuk Windows

Pencatatan penjualan sangat dibutuhkan oleh para pelaku bisnis terutama mereka yang memiliki toko. Keberadaan alat pencatatan penjualan akan mempermudah perhitungan laba dalam jangka waktu tertentu. Salah satu alat pencatatan penjualan adalah aplikasi kasir. Ada banyak sekali aplikasi kasir dengan berbagai versi untuk berbagai macam vendor. Namun disini kita akan membahas aplikasi kasir toko gratis terbaik untuk windows. Mengingat windows sendiri adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan.

Salah satu aplikasi kasir toko gratis terbaik versi penulis adalah Aronium. Aronium sendiri merupakan aplikasi POS untuk penjualan versi gratis yang memiliki kemampuan pencatatan akuntansi sederhana namun profesional. Software kasir Aronium ini dibuat oleh developer asal negara Serbia. Untuk bisa mendapatkan aplikasi kasir ini, kita bisa langsung mengunduh di website resminya yaitu www.aronium.com secara cuma-cuma alias gratis.

Review: Aronium, Aplikasi Kasir Toko Gratis Terbaik Untuk Windows

Dari sekian banyak aplikasi kasir toko gratisan untuk windows yang ada, hanya Aronium saja yang dirasa oleh penulis memenuhi standar akuntansi. Meski gratis, namun fitur yang ditawarkan memang tidak tanggung-tanggung. Aplikasi kasir Aronium ini menawarkan fasilitas yang hampir keseluruhannya dimiliki oleh aplikasi POS berbayar. Itulah alasan utama kenapa penulis menobatkan Aronium sebagai aplikasi kasir toko gratis terbaik untuk windows. Selengkapnya mari simak pembahasan lebih lanjut berikut ini.

Review Kelebihan dan Kelemahan Aplikasi POS Aronium

Dari segi kelebihan, aplikasi kasir Aronium ini memang memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan aplikasi kasir gratisan diluar sana. Pertama, seluruh fitur yang tersedia pada aplikasi kasir Aronium ini dapat kita gunakan seluruhnya tanpa embel-embel pembayaran sepeser pun. Kedua, sebagai aplikasi POS penjualan, Aronium hanya memerlukan direktori yang sedikit. Ketiga, aplikasi Aronium ini berjalan sangat ringan sehingga cocok untuk windows.

Keempat, aplikasi Aronium ini memiliki tampilan yang user friendly sehingga memudahkan siapa saja yang akan menggunakan. Kelima, aplikasi kasir Aronium ini sangat aman karena dilengkapi dengan kata sandi yang dapat kita atur sendiri. Keenam, aplikasi kasir Aronium ini menyediakan dua mode tampilan light dan dark untuk kita pilih. Ketujuh, memiliki input penjualan yang mudah yaitu nama produk, kode produk atau barcode. Kedelapan, Aronium bisa dihubungkan langsung dengan cash drawer (Laci Uang Kasir).

Dari segi kelemahan, nampaknya aplikasi POS Aronium ini tidak memiliki kekurangan yang banyak. Kelemahan yang pertama terletak pada tidak adanya fitur kontrol jarak jauh yang terhubung dengan ponsel. Diamana pemilik toko tidak bisa mendapatkan laporan secara real time. Kedua, produk yang sudah di input tidak bisa dihapus sehingga produk kosong tetap tercatat. Ketiga, aplikasi Aronium ini memiliki fungsi eksport dokumen seperti word atau excel yang bermasalah sehingga harus diperbaiki ulang setiap eksport dokumen.

Review Berbagai Macam Fitur Mumpuni Aplikasi Kasir Aronium

Sebagai aplikasi kasir toko gratis untuk windows, Aronium ternyata tidak pelit fitur. Hal ini dibuktikan dengan berbagai macam fitur yang akan kita review berikut ini. Biasanya, aplikasi gratis identik dengan fitur-fitur yang dibatasi dengan tujuan supaya pemakai mau membeli yang versi berbayar. Berbeda halnya dengan aplikasi POS Aronium ini yang benar-benar memanjakan pelaku usaha kecil dan micro dalam mencatat penjualan bulanan. Simak review fiturnya berikut ini.

Adanya Dashboard Penjualan

Pada aplikasi POS Aronium terdapat fitur dashboard yang menunjukkan laporan penjualan dalam jangka waktu yang bisa kita atur sendiri. Mulai dari grafik penjualan bulanan hingga total pendapatan dalam satu bulan. Pada dashboard ini kita juga bisa melihat produk paling banyak terjual, penjualan setiap jam, total penjualan harian, hingga pelanggan terbanyak.

Manajemen Produk Yang Mumpuni

Aplikasi kasir Aronium ini juga dibekali dengan fitur manajemen produk yang cukup mumpuni untuk ukuran POS penjualan gratisan. Kita bisa mengelompokkan produk dengan grup tertentu. Untuk input kita juga dimudahkan dengan adanya fitur eksport dan import. Yang terpenting adalah tersedianya detail input produk seperti kode, barcode, nama, harga awal, harga jual hingga foto dari produk tersebut.

Manajemen Stok Yang Baik

Tak lupa, aplikasi kasir Aronium ini juga menghadirkan fitur manajemen stok yang baik. Dengan adanya manajemen stok pada aplikasi POS Aronium, kita dapat mengetahui secara pasti berapa jumlah stok barang yang tersisa. Selain itu, fitur ini juga menyediakan riwayat keluar masuk stok barang sehingga jumlahnya dapat terkontrol. Untuk input jumlah stok itu sendiri juga relatif mudah. Pada fitur ini kita juga bisa memantau jumlah harga stok keseluruhan.

Laporan Penjualan Yang Cukup Detail

Yang membuat aplikasi kasir Aronium ini lebih istimewa lagi adalah adanya laporan penjualan yang cukup detail. Dari segi waktu, kita dapat mengatur laporan penjualan mulai dari harian, mingguan, bulanan atau dalam batas waktu tertentu sesuai kebutuhan. Dari segi dokumen, kita bisa memilih laporan penjualan berdasarkan produk, pelanggan, pengguna, keuntungan, penjualan harian, pengembalian dan lain-lain.

Baca Juga:
  1. 8 Tips Membuat Desain Kartu Nama Yang Menarik Untuk Bisnis Anda
  2. Patut Dicoba! 5 Cara Melayani Pembeli Di Toko Dengan Baik
  3. 8 Macam Perlengkapan dan Fasilitas Yang Harus Ada di Toko

Terdapat Pencatatan Daftar Pelanggan

Dalam fitur manajemennya, aplikasi kasir Aronium ini juga menyediakan pencatatan daftar pelanggan dan suplier. Dengan adanya fitur ini kita bisa memiliki data pelanggan dan suplier untuk mengetahui seberapa besar jumlah transaksi yang kita lakukan dengan mereka. Dengan fitur ini kita juga bisa mengirim langsung dokumen transaksi melalui email secara otomatis.

Pembagian Jenis Pembayaran

Satu lagi fitur di aplikasi kasir Aronium yang tak kalah pentingnya adalah klasifikasi jenis pembayaran berdasarkan metodenya. Seperti yang kita ketahui saat ini ada banyak sekali cara pelanggan untuk membeli barang mulai dari tunai, transfer, kartu kredit, kartu debit, voucher dan lain-lain. Kita dapat menyesuaikan metode pembayaran tersebut sesuai dengan kebutuhan.

User & Security Yang Baik

Apliaksi kasir Aronium juga dilengkapi dengan fitur user & security. Dimana fitur ini akan membuat kita dengan mudah melakukan menejemen pengguna kasir. Jika kita memiliki karyawan, ia akan kita buatkan akun user sendiri yang bisa kita atur tingkat akses levelnya sesuai kebutuhan. Jika kita hanya menghendaki untuk penjualan saja, maka akses level akun karyawan tersebut kita atur agar hanya bisa melakukan penjualan.

Ada Fitur Diskon Pada Penjualan

Dalam sebuah transaksi penjualan, terkadang sebagai pengusaha kita mengadakan program diskon atau potongan harga untuk produk tertentu. Didalam penjualan aplikasi kasir Aronium sudah tersedia fitur pemberian diskon baik berdasarkan persentase ataupun jumlah pasti. Harga barang yang mendapat diskon tersebut langsung terintegrasi dengan data penjualan sehingga laporannya juga akan menyesuaikan.

Dapat Terhubung Dengan Printer Kasir

Mesin kasir kurang lengkap jika tidak adanya struk belanja untuk konsumen. Bukti transaksi seperti ini memang cukup penting dalam penjualan. Pada aplikasi kasir Aronium sangat mendukung hal ini. Kita dapat menghubungkannya langsung dengan printer thermal atau printer kasir untuk dapat langsung mencetak struk.

Tersedia Invoice Dalam Bentuk PDF

Ada beberapa dokumen transaksi yang cukup penting digunakan dalam penjualan. Salah satunya adalah invoice atau faktur. Didalam aplikasi POS Aronium ini juga menyediakan invoice dalam bentuk PDF ketika kita melakukan transaksi dengan jumlah besar. Dengan invoice, dokumen jual beli bisa jadi lebih detail dengan print out yang lebih jelas.

Fitur Auto Backup Yang Handal

Satu lagi kehebatan aplikasi kasir Aronium yang tidak bisa diremehkan adalah fitur auto backup yang handal. Kita bisa mengatur seberapa sering backup data dibuat dan seberapa banyak jumlah copy yang dibutuhkan. Selain itu kita juga bisa mengatur sendiri letak direktori untuk penyimpanan auto backup yang menurut kita paling aman. Aronium juga melakukan backup saat aplikasi dibuka maupun akan ditutup.

Selalu Update Secara Otomatis

Pengguna aplikasi kasir Aronium akan selalu update dan tidak akan ketinggalan fitur-fitur terbaru yang dikembangkannya. Aronium selalu melakukan update secara otomatis jika memang sudah ada pembaharuan. Setiap kali selesai melakukan update aplikasi Aronium ini akan memberitahu pengguna dengan menampilkan notifikasi.

Penutup

Itulah review mengenai Aronium yang merupakan aplikasi kasir toko gratis terbaik untuk windows. Aplikasi POS Aronium ini memang layak dicoba bagi anda pelaku usaha kecil dan micro karena tidak perlu menambah modal operasional untuk pengadaan pencatatan penjualan. Bagi anda yang punya usaha toko, warung, atau minimarket penulis sarankan untuk memakai Aronium jika menghendaki aplikasi gratisan. Fitur-fiturnya sudah mencukupi standar akuntansi jika dipelajari lebih jauh lagi. Selamat mencoba!

Review: Aronium, Aplikasi Kasir Toko Gratis Terbaik Untuk Windows