8 Tips Membuat Desain Kartu Nama Yang Menarik Untuk Bisnis Anda

Di jaman yang semakin modern seperti sekarang ini, turut mempengaruhi perkembangan dunia bisnis diberbagai sektor. Media iklan menjadi salah satu sektor yang memiliki perkembangan sangat cepat dan beragam. Berbagai media iklan terbaru selalu bermunculan yang menandakan bahwa kreatifitas para pelaku bisnis juga dituntut untuk terus maju. Kartu nama menjadi satu dari sekian banyak media hasil dari gagasan mereka.

Saat ini, kartu nama masih menjadi media yang efektif untuk mengenalkan bisnis kepada orang lain. Wujudnya yang lebih sederhana membuat media promosi ini mudah dibawa kemana-mana. Setiap pelaku usaha biasanya menyediakan kartu nama yang sudah mereka desain sedemikian rupa supaya tampak menarik. Kartu nama biasanya disediakan untuk para konsumen ditempat strategis seperti meja kasir atau meja resepsionis.

Gambar 8 Tips Membuat Desain Kartu Nama Yang Menarik Untuk Bisnis Anda

Diluar fungsinya yang berguna untuk memberi informasi kepada para konsumen, membuat desain kartu nama yang menarik untuk bisnis itu ternyata sangat penting. Hal ini ditujukan untuk menarik minat para konsumen supaya mau melihat serta mengambil satu lembar untuk mereka simpan. Kartu nama yang di desain secara menarik akan menambah nilai estetika sehingga dapat memancing perhatian dari konsumen itu sendiri.

Seperti Apa Desain Kartu Nama Yang Baik dan Efektif Untuk Bisnis?

Membuat desain kartu nama yang menarik untuk bisnis dapat dilakukan oleh siapa saja. Meski bisa dibilang tidak mudah, akan tetapi jika memperhatikan berbagai aspek yang dibutuhkan, maka kartu nama yang baik dan efektif dapat diciptakan oleh seorang pelaku bisnis. Tidak hanya memperhatikan sisi keindahannya saja, namun dari segi penyampaian informasi juga harus diperhatikan. Perhatikan 8 tips membuat desain kartu nama yang menarik untuk bisnis berikut ini.

Tentukan Logo Bisnis

Logo adalah simbol yang melambangkan makna tertentu. Sebuah perusahaan menciptakan logo sebagai salah satu representasi dari nama serta arti yang terkandung di dalamnya. Menentukan logo memang sangat penting sebagai salah satu identitas yang paling mudah dikenali. Persiapkan dan buatlah logo bisnis yang berhubungan dengan nama perusahaan anda. Gunakan logo bisnis pada kartu nama  sebagai pemanis desain.

Sesuaikan Bentuk dan Ukuran

Seperti yang kita ketahui bahwa kartu nama dirancang agar mudah untuk dibawa kemana-mana tanpa merepotkan orang yang membawa. Maka dari itu ukurannya sudah disesuaikan sedemikian rupa agar lebih praktis. Usahakan ukuran kartu nama tidak lebih besar dari ukuran saku sehingga mudah disimpan. Anda dapat memodifikasinya kedalam beberapa bentuk unik asal tidak mengabaikan ukuran.

Gunakan Huruf Dasar

Berbagai macam jenis huruf saat ini tersedia dalam bentuk digital. Beberapa variasi huruf memang nilai estetikanya lebih tinggi. Tapi hal ini terkadang membuat seseorang kesulitan dalam membacanya sehingga informasi yang disampaikan tidak efektif. Jadi, lebih baik gunakan huruf dasar untuk memudahkan orang ketika membaca. Atur juga ukuran huruf yang digunakan agar tidak terlalu kecil maupun besar.

Cantumkan Informasi Penting

Salah satu fungsi utama dari dibuatnya kartu nama adalah untuk menyampaikan informasi penting seperti nama perusahaan beserta tag line, alamat, kontak yang bisa dihubungi serta informasi pendukung lainnya. Pilih dan pilah informasi yang penting saja dan hindari pencantuman informasi yang kurang dibutuhkan mengingat terbatasnya tempat pada media. Jika perlu, anda dapat menggunakan dua sisi untuk menuangkan informasi yang perlu disampaikan.

Pilih Perpaduan Warna Yang Baik

Warna adalah elemen penting dari sebuah desain. Penggunaan warna tertentu pada kartu nama dapat mempengaruhi emosi dari orang yang melihatnya. Pilih perpaduan warna yang menarik sehingga dapat mempengaruhi minat seseorang. Disarankan agar memilih warna yang kontras antara latar belakang dan teks yang berfungsi memudahkan orang mengidentifikasi kalimat yang akan mereka baca. Kombinasikan beberapa warna dan aksen untuk mempertegas desain.

Baca Juga:
  1. Percantik Produk Usaha Dengan Membuat Label Kemasan Sendiri, Ini Dia Caranya
  2. Cara Membuat Label Kemasan Produk Pangan UKM Dengan Baik Dan Benar 
  3. 7 Tips Membuat dan Memilih Nama Perusahaan Yang Profesional

Konsultasi Dengan Graphic Designer

Jika anda memutuskan untuk membuat desain kartu nama sendiri, maka tidak ada salahnya jika anda berkonsultasi dengan seorang graphic designer agar tercipta sebuah kartu nama yang menarik dan efektif. Membuat kartu nama itu mudah, namun dalam menentukan komposisi yang pas itu tidak gampang. Terlebih jika anda masih awal dalam dunia desain-mendesain. Maka, meminta tolong pada orang yang ahli adalah pilihan yang tepat.

Pilih Jenis Kertas Terbaik

Salah satu media yang digunakan untuk menuangkan desain yang sudah dibuat adalah kertas. Kertas adalah media paling murah yang dapat kita gunakan untuk membuat kartu nama. Ada banyak jenis kertas yang saat ini beredar dipasaran. Disarankan untuk menggunakan jenis kertas terbaik agar kartu nama lebih tahan lama. Tanyakan kepada toko kertas untuk mengetahui jenis kertas terbaik yang bisa anda gunakan.

Ciptakan Desain Yang Unik

Kartu nama adalah media promosi paling banyak digunakan oleh para pemilik bisnis untuk memberikan informasi kepada para konsumennya. Tidak heran jika kita sering kali menjumpai kartu nama dimanapun kita berada. Supaya tidak monoton, ciptakan desain yang unik baik itu dari segi bentuk, komposisi warna dan juga desain. Hal ini ditujukan supaya orang tidak bosan dan lebih tertarik dengan kartu nama yang kita buat.

Penutup
Kartu nama memang sangat praktis jika digunakan sebagai salah satu media promosi. Selain disediakan di tempat usaha, kartu nama sebaiknya juga dibawa kemanapun kita pergi untuk berjaga-jaga ketika seorang konsumen membutuhkan informasi bisnis yang kita jalankan sewaktu-waktu. Selalu sediakan beberapa lembar katu nama pada dompet yang biasa kita bawa kemana-mana. Ini akan memudahkan kita memberi  informasi kontak serta alamat bisnis yang kita jalankan tanpa harus mencatatnya.

8 Tips Membuat Desain Kartu Nama Yang Menarik Untuk Bisnis Anda