Patut Dicoba! 5 Cara Melayani Pembeli Di Toko Dengan Baik

Melayani pembeli dengan baik adalah salah satu tugas yang wajib dilakukan oleh setiap pemilik toko. Sebuah toko baik itu toko pakaian, toko mainan, toko kelontong, toko peralatan rumah tangga, toko mebel dan sebagainya pasti memiliki seorang pelayan atau pramuniaga yang siap melayani setiap pembeli yang datang. Setiap pelanggan yang datang harus diberi pelayanan terbaik agar mereka merasa nyaman dan puas ketika berbelanja.

Dengan memberikan pelayanan yang memuaskan kepada setiap konsumen dapat membuat sebuah toko mendapatkan reputasi baik dimata para pelanggannya. Selama ini, kualitas pelayanan memang sering dijadikan tolak ukur kenyamanan pembeli saat berbelanja. Tak heran jika toko-toko yang sanggup memberikan servis terbaik kepada para pembelinya akan lebih dipercaya dan diutamakan sebagai pilihan tempat berbelanja.

Gambar 5 Cara Melayani Pembeli Di Toko Dengan Baik

Setiap pramuniaga atau pelayan toko harus memiliki kemampuan yang baik dalam berinteraksi dengan para pembeli. Hal ini dimaksudkan agar mereka dapat memenuhi setiap kebutuhan konsumennya ketika sedang berbelanja. Pembeli yang diperlakukan dengan baik pasti akan senang serta berpotensi kembali lagi dilain waktu.

Lalu, Bagaimanakah Cara Melayani Pembeli Di Toko Dengan Baik Dan Benar?

Ada pepatah yang mengatakan bahwa “pembeli adalah raja”. Memang seharusnya setiap pembeli yang datang ke toko harus kita berikan pelayan terbaik. Memberikan perlakuan buruk kepada para pelanggan hanya akan membuat mereka kecewa dan tidak mau datang kembali. Oleh karena itu, berbagai cara harus dilakukan untuk membuat mereka puas dan nyaman ketika berbelanja. Berikut ini adalah 5 cara melayani pembeli di toko dengan baik yang patut untuk dicoba.

Berikan Sapaan

Ketika seorang pembeli mulai memasuki daerah toko, usahakan untuk memberikan sambutan yang hangat meskipun hanya sekedar menyapa dengan mengucapkan selamat datang, selamat pagi/siang/sore, selamat berbelanja, dan lain sebagainya. Kesan pertama akan sangat diingat. Oleh karena itu, kita wajib memberikan pengalaman terbaik kepada setiap konsumen yang pertama kali masuk masuk ke toko.

Biarkan Mereka Berkeliling

Berikan keleluasaan bagi setiap pembeli yang memasuki toko dengan membiarkan mereka berkeliling untuk melihat-lihat setiap tempat yang ada di dalam toko. Memberikan kesempatan kepada pembeli untuk mengeksplorasi apa saja yang ada didalam toko akan membuat mereka merasa nyaman dan rileks dalam mengambil keputusan terhadap barang yang akan dibeli. Ini akan memberikan kesempatan mereka agar berbelanja dengan jumlah lebih banyak.

Jangan Mengikuti/Membuntuti

Salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh penjaga toko adalah sering mengikuti atau membuntuti pembeli yang ingin berkeliling. Hal ini akan membuat mereka merasa dibatasi pergerakannya sehingga menyebabkan ketidaknyamanan yang dapat menyebabkan pembeli mengurungkanniatnya untuk berbelanja. Mengikuti atau membuntuti juga akan membuat pembeli merasa tersinggung. Jadi usahakan jangan lakukan ini.

Ajukan Pertanyaan Seperlunya

Mengajukan pertanyaan kepada pembeli sebenarnya bisa saja mengganggu mood mereka dalam berbelanja. Namun mengajukan pertanyaan boleh dilakukan asalkan pada saat-saat yang tepat. Kita dapat mengajukan pertanyaan kepada pembeli ketika mereka terlihat kebingungan. Sebenarnya akan lebih baik lagi jika kita membiarkan pembeli untuk mengajukan pertanyaan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk memberikan mereka kesempatan menyelesaikan masalahnya sendiri.

Baca Juga:
  1. Saat Melayani Pembeli, 9 Hal Ini Tidak Boleh Dilakukan Penjual
  2. Tips Memilih Karyawan Yang Cocok Untuk Pramuniaga Toko 
  3. Tips Mendapatkan Banyak Pembeli dan Meningkatkan Penjualan Online Shop

Beri Kesempatan Menjelaskan

Salah satu cara terbaik untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pembeli adalah dengan memberikan mereka kesempatan untuk menjelaskannya secara gamblang. Biasanya, pembeli akan bertanya atau meminta barang yang ia butuhkan kepada para pelayan toko dengan cara menjelaskannya. Maka dari itu, akan lebih baik jika kita mendengarkan dengan baik apa saja yang mereka inginkan.

Layani Permintaan Dengan Cekatan

Ketika kita sudah mengetahui apa yang diinginkan oleh pembeli secara jelas, segeralah melayani permintaan tersebut dengan cekatan. Tunjukkanlah sikap profesionalisme dalam melayani pembeli dengan memberikan servis secara cepat dan tepat. Jangan sekali-sekali menunjukkan sikap yang berbeli-belit kepada pembeli karena akan membuat kepercayaan mereka turun. Salah satu hal yang tidak disukai oleh pembeli adalah pelayanan yang berbelit-belit.

Selalu Bersikap Ramah

Sikap wajib yang harus dimiliki oleh setiap pelayan toko adalah ramah. Pembeli akan sangat senang jika bertemu dengan pelayan toko yang ramah karena akan membuat mereka nyaman dalam berbelanja. Sebagai pelayan toko yang baik hendaklah menunjukkan cara berinteraksi yang baik dengan setiap pembeli yang datang. Ini akan memerikan pengalaman baik bagi mereka sehingga berpotensi untuk kembali lagi.

Ucapkan Terima Kasih

Hal terakhir yang tidak boleh terlewatkan ketika melayani pembeli ditoko adalah mengucapkan terima kasih ketika mereka selesai berbelanja. Meski hanya mengucapkan terima kasih kepada para konsumen yang akan meninggalkan toko, hal ini sudah sangat cukup untuk menghargai kedatangan mereka yang berbelanja. Pembeli yang mendapat ucapan terima kasih dari pelayan akan meninggalkan toko dengan perasaan gembira.

Penutup
Melayani pembeli ditoko dengan baik adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh setiap pelayan. Menghargai seorang pembeli akan sangat penting mengingat mereka adalah sumber pendapatan yang memiliki pengaruh penting. Memberikan pelayanan terbaik akan meningkatkan kepercayaan dari setiap konsumen sehingga dapat menjaring pembeli lebih luas. Pembeli yang merasa kedatangannya sangat dihargai dapat memancing pembeli lain untuk datang dan berbelanja.

Patut Dicoba! 5 Cara Melayani Pembeli Di Toko Dengan Baik