Inilah Kelebihan dan Kekurangan USB Type C Pada HP Android

Perkembangan teknologi nampak seperti tidak ada habisnya. Tidak hanya pada ponsel itu sendiri, namun juga terjadi di seluruh aksesorisnya termasuk interface USB. Saat ini kemunculan USB Type C pada HP Android memicu pro kontra diantara penggunanya. Hal ini dipicu oleh bentuk serta fiturnya yang memiliki perbedaan cukup mencolok. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan USB type C pada smartphone Android? Buat kamu yang belum paham, wajib cari tahu.

Lagi-lagi raksasa teknologi dunia Apple menjadi pelopor munculnya USB type C ini. Produk mereka yakni Macbook yang diluncurkan pada Agustus 2014 menjadi perangkat pertama yang memakai USB tipe ini. Bisa dibilang bahwa interface USB type C atau bisa disebut sebagai USB versi 3.1 ini merupakan generasi penerus dari yang sebelumnya yaitu USB versi 2.0 yang selama ini kita kenal sebagai Micro USB. Meski awalnya hanya digunakan untuk laptop, namun saat ini banyak produsen ponsel yang memakai USB type C ini.

Kelebihan dan Kekurangan USB Type C Pada HP Android

Dengan berbagai penyempurnaan, USB type C ini di klaim memiliki kinerja dan desain yang jauh lebih baik dari Micro USB. Karena alasan inilah kenapa banyak produsen smartphone yang mulai meninggalkan interface USB yang lama. Meski sudah lama dilepas ke pasar, namun masih banyak pengguna yang belum tahu akan keberadaannya. Lalu apa saja sebenarnya kelebihan dan kekurangan USB type C untuk HP Android ini? Simak penjelasannya.

Yuk Cari Tahu! Apa Saja Kelebihan dan Kekurangn USB Type C

Buat kamu yang saat ini merupakan salah satu pengguna HP Android wajib cari tahu apa saja kelebihan dan kekurangan USB type C. Informasi ini penting kamu ketahui jika nantinya kamu akan membeli ponsel baru yang sudah meninggalkan penggunaan interface lama yaitu Micro USB. Karena disini penulis akan membahas secara lengkap dua sisi yang berbeda dari USB type C. Mari simak baik-baik.

Kelebihan USB Type C Pada Smartphone

Untuk yang pertama kita akan membahas dari segi kelebihan apa saja yang ditawarkan oleh USB type C ini. Karena saat ini sudah banyak produsen yang memilih untuk memakainya pada produk-produk gadget terbaru mereka. Beberapa pegiat teknologi juga mengklaim bahwa interface ini memang lebih baik dari Micro USB. Berikut ini penjelasan mengenai kelebihannya.

1. Desain Yang Memudahkan Pengguna

Kelebihan pertama dari USB type C ini adalah desain yang memudahkan pengguna dalam memakainya. Berbeda dengan Micro USB yang hanya digunakan di satu sisi saja, USB type C bisa kamu gunakan di dua sisi. Artinya meskipun kamu menggunakannya secara terbalik namun tetap bisa berfungsi secara normal. Berbeda dengan USB versi 2.0 yang jika digunakan terbalik maka dia tidak akan bisa masuk ke lubang. Selain itu, desain USB type C juga lebih tipis daripada interface sebelumnya yakni Micro USB.

2. Mendukung Fitur Fast Charging

Kelebihan yang kedua dari USB type C adalah fitur fast charging. Ya benar sekali, interface versi 3.1 ini sudah bisa mendukung fitur fast charging yang selama ini banyak diinginkan pengguna smartphone. Artinya, USB type C memiliki kemampuan dalam mengisi daya lebih cepat dari pendahulunya. Interface ini juga bisa melakukan transfer daya listrik hingga 20 volt pada arus 5 ampere. Berarti kinerjanya 8 kali lebih cepat dari Micro USB. Sangat cocok untuk kebutuhan orang jaman sekarang yang berpacu dengan waktu begitu juga saat melakukan charging.

3. Kecepatan Transfer Data Yang Tinggi

Nampaknya USB versi 3.1 ini memang dirancang untuk kecepatan. Selain mendukung fitur fast charging dengan kemampuan menyalurkan daya listrik tinggi, interface ini juga memiliki kecepatan transfer data yang tinggi pula. Sebagai perbandingan, jika kamu pakai Micro USB maka kecepatan maksimal dalam transfer data hanya mencapai 20 Mb per detik. Namun pada USB type C mampu melakukan transfer data dengan kecepatan hingga 400 Mb per detik. Artinya kamu bisa melakukan pemindahan data dengan kecepatan 20 kali lipatnya.

4. Interface Dengan Kemampuan Multifungsi

Jika selama ini sebuah interface USB pada HP Android hanya berfungsi sebagai alat transfer data dan penghubung arus listrik untuk charging, berbeda halnya dengan USB type C mampu melakukan transmisi Audio. Artinya, sebuah gadget yang memakai interface ini tidak perlu lagi menggunakan jack audio sudah bisa mendengarkan musik melalui headphone, speaker, atau eyerphone. Dengan begini, port pada ponsel bisa jadi semakin ringkas.

5. Mampu Bekerja Secara HD

Satu lagi kelebihan USB type C yang tidak akan kamu temukan pada Micro USB adalah kemampuannya yang bisa bekerja untuk resolusi HD. Interface versi 3.1 ini bisa menampilkan file visual seperti gambar, foto serta video pada monitor, TV atau proyektor dalam resolusi High Definition atau biasa disingkat HD hingga 4k. Dengan peralatan konverter tambahan, kamu bisa menikmati film favoritmu secara high definition dirumah atau presentasi dengan visual yang baik.

6. Siklus Plug &Play Ribuan Kali

Terakhir, kelebihan USB type C dalam bidang ketahanan tidak perlu diragukan lagi. Interface ini mampu bertahan dalam siklus plug and play hingga 10.000 kali. Artinya jika digunakan dalam berbagai aktivitas seperti charging, transfer file, transmisi suara atau video mampu bertahan dalam 10.000 kali penggunaan. Sebuah siklus yang tangguh untuk ukuran interfase USB ponsel.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan pendahulunya yaitu Micro USB yang memiliki ketahanan dibawah USB type C. Micro USB atau USB versi 2.0 ini hanya mampu bertahan pada rata-rata siklus plug and play sebanyak 1.500 kali. Jika digunakan untuk aktivitas charging atau trasfer file yang sudah melebihi siklus tersebut, maka kinerjanya akan menurun. Artinya ketahan Micro USB lebih dari 6 kali lipat dibawah USB versi 3.1 ini.

Baca Juga:
  1. 8 Cara Menyimpan Foto Agar Memori HP Tidak Cepat Penuh
  2. 6 Ciri dan Cara Mencegah Baterai Tanam HP Android Bocor
  3. Berhasil! Ini 6 Cara Mengatasi Charger HP Basah Terkena Air

Kekurangan USB Type C Pada Smartphone

Setelah membahas berbagai macam kelebihannya diatas, kini saatnya kita mulai mencari tahu apa saja sih kekurangan USB type C itu. Setiap teknologi baru pasti memiliki kelemahan diluar berbagai kecanggihan yang ditawarkan. Meski begitu, kelemahan ini biasanya bersifat minor karena sudah dipertimbangkan oleh penciptanya. Lalu apa saja kekurangan USB type C pada smartphone?

1. Sistem Operasi Yang Belum Mendukung

Kekurangan USB type C yang saat ini bisa dirasakan adalah belum banyak sistem operasi yang belum mendukung kinerjanya agar bisa maksimal. Namun masalah ini akan bersifat sementara karena pengembang software sistem operasi akan melakukan  penyempurnaan dengan mempertimbangkan kemampuan interface versi 3.1 ini agar lebih bermanfaat bagi pengguna. Pada Android sendiri, agar bisa bekerja maksimal maka dibutuhkan versi Marsmallow atau diatasnya.

2. Perlu Adanya Konverter

Karena masih tergolong teknologi baru, maka penggunaan USB type C masih belum begitu marak pada perangkat lain. Maka dari itu, kamu memerlukan konverter supaya bisa terhubung dengan perangkat lain. Konverter juga akan membantumu supaya dapat menggunakan Micro USB dalam keadaan tertentu.

3. Repot Jika Lupa Membawanya

Kelemahan USB type C yang terakhir adalah akan membuatmu sedikit repot jika kamu lupa membawanya. Karena pada dasarnya saat ini mayoritas ponsel masih memakai USB versi lama sehingga jika kamu mau pinjam pada saudara, sahabat atau teman maka milik mereka belum tentu cocok. Maka dari itu, kamu harus selalu membawanya kemanapun kamu pergi.

Kesimpulan

Melihat hasil dari berbagai penjelasan kelebihan dan kekurangan USB type C diatas, dapat kita simpulkan bawa penggunaan interface terbaru ini cukup memuaskan mengingat banyaknya kinerja yang lebih baik dari versi USB sebelumnya. Adapun kekurangannya hanya bersifat minor saja yang berarti bukanlah masalah serius. Jadi kesimpulannya adalah berpindah menggunakan USB versi 3.1 ini adalah ide bagus serta membuat kinerja ponsel jadi lebih baik dari beberapa sisi.

Inilah Kelebihan dan Kekurangan USB Type C Pada HP Android