8 Cara Menyimpan Foto Agar Memori HP Tidak Cepat Penuh

Tak bisa dipungkiri, saat ini foto atau mengambil gambar sudah menjadi sebuah budaya yang biasa saja dilakukan banyak orang. Dimanapun berada, kita hampir tidak pernah melewatkan momen berharga untuk mengambil foto. Terlebih saat ini semua ponsel sudah dibekali fitur kamera yang dapat digunakan untuk mengambil gambar kapan saja dan dimana saja. Namun terkadang pengguna lupa cara menyimpan foto yang baik dan benar sehingga tidak memenuhi HP.

Memang sih, mengambil gambar adalah hal yang wajar ketika ada momen yang menurut kita menarik. Selain bisa mengabadikan momen, kita juga bisa menjadikannya sebagai kenang-kenangan dikemudian hari. Namun bagaimanapun juga, mengambil dan menyimpan foto terlalu banyak juga dapat membuat ponsel menurun kinerjanya jika memori penuh. Dengan cara menyimpan foto yang baik, maka kamu dapat terhindar dari masalah ini.

8 Cara Menyimpan Foto Agar Memori HP Tidak Cepat Penuh

Terlebih saat ini teknologi kamera pada ponsel yang digunakan sudah sangat canggih dengan resolusi yang besar. Hal ini membuat hasil jepretan sangat bagus namun juga ukuran file jadi semakin besar. Jika dulu sebuah foto yang diambil dari ponsel ukurannya hanya ratusan kilo byte, namun sekarang kamu perlu menyediakan beberapa mega byte untuk menyimpan sebuah foto.

Cara Menyimpan Foto Agar Memori Ponsel Tidak Cepat Penuh

Seperti yang sudah dibahas diatas bahwa saat ini ukuran file foto sangat besar karena teknologi kamera yang semakin canggih. Akibatnya, memori internal ponsel yang sangat terbatas lebih cepat habis jika kamu tidak tahu cara yang baik untuk menyimpannya. Sebenarnya, masalah memori yang penuh karena gambar ini bisa diatasi jika kamu tahu triknya. Berikut ini adalah beberapa cara menyimpan foto agar tidak memenuhi memori ponsel yang bisa kamu lakukan.

Selalu Hapus Foto Yang Tidak Dipakai

Cara menyimpan foto agar memori ponsel tidak cepat penuh yang pertama adalah dengan selalu menghapus foto yang tidak dipakai. Foto yang tidak dipakai ini biasanya banyak disumbangkan didalam galeri kamera. Saat ambil foto, pasti kamu tidak hanya satu atau dua kali mengambil gambar. Yang jelas pasti berkali-kali hingga dapat yang bagus. Nah file foto yang tidak terpakai inilah terkadang tidak segera dihapus sehingga hanya memenuhi memori saja. Jadi, rajinlah menghapus foto yang tidak terpakai ya.

Pindahkan Foto Lama Ke Laptop

Selanjutnya kamu bisa memindahkan foto lama ke laptop atau komputer. Kamu juga bisa menyimpan sebagin foto lama kamu ke harddisk eksternal jika punya. Karena pada dasarnya harddisk memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar daripada memori ponsel, jadi kamu dapat memanfaatkan ruang kosong yang banyak untuk menyimpan foto. Memindahkan foto lama ke harddisk adalah cara menyimpan foto agar memori ponsel tidak cepat penuh.

Sediakan Memori Khusus Menyimpan Foto

Salah satu kelebihan ponsel jaman sekarang adalah memiliki slot untuk memori eksternal. Artinya, diluar memori bawaan ponsel kamu juga bisa menggunakan memori tambahan untuk menyimpan file termasuk foto. Kamu juga bisa mengatur penyimpanan kamera langsung ke memori eksternal tersebut. Terlebih saat ini, rata-rata ponsel bisa membaca memori eksternal MicroSD dengan kapasitas besar hingga 128 Giga bytes. Gunakan cara menyimpan foto ke memori eksternal ini selalu.

Simpan Foto Ke Penyimpanan Online

Saat ini koneksi internet sudah sangat mudah ditemukan. Selain itu tarifnya juga termasuk murah. Namun tahukah kamu fungsi internet tidak hanya untuk download dan browsing saja, kamu juga bisa memanfaatkan adanya jaringan internet untuk menyimpan foto secara online sebagai salah satu cara menyimpan foto agar tidak memori HP tidak cepat penuh. Beberapa penyimpanan online gratis banyak tersedia saat ini seperti Google Drive, Drop Box dan lain sebagainya. Manfaat ini untuk menyimpan fotomu ya.

Hindari Duplikat Foto Pada Galeri

Satu kesalahan pengguna ponsel dalam menyimpan foto adalah adanya duplikat di galeri. Sebagai contoh, kamu punya sebuah foto di galeri kamera. Kemudian kamu mengeditnya dengan efek tertentu kemudian menyimpan hasilnya. Nah disini kamu akan memiliki dua foto namun sama. Duplikat seperti inilah yang bisa membuat memori menjadi lebih cepat penuh. Sebaiknya, hapus salah satu foto karena pasti yang akan digunakan hanya satu saja.

Baca Juga:
  1. 9 Cara Cek Kondisi Laptop Bekas Sebelum Membeli
  2. Cara Mengatasi Error Windows 10 "Stop Code: Critical Process Died"
  3. Apa Yang Terjadi Jika Windows 10 Tidak di Aktivasi? Ini 6 Akibatnya

Gunakan Resolusi Foto Lebih Kecil

Diatas tadi sudah sedikit kita bahas bahwa resolusi kamera ponsel saat ini sudah sangat besar. Akibatnya, ukuran file foto jadi sangat besar. Solusinya, kamu dapat mengubah pengaturan resolusi kamera tersebut menjadi berukuran lebih kecil agar ukuran file hasil kamera tidak terlalu besar. Ini adalah cara menyimpan foto agar memori ponsel tidak cepat penuh yang sangat efektif. Namun, resolusi rendah akan membuat foto buram ketika dicetak namun masih cukup baik untuk kebutuhan media sosial.

Atur Kualitas Foto ke Rendah

Selain mengubah resolusi foto, langkah lain yang hampir mirip adalah dengan mengubah kualitas foto ke lebih rendah. Semakin tinggi kualitas foto maka akan semakin besar ukuran file yang dihasilkan. Cara menyimpan foto dengan mengubah kualitasnya ke rendah ini akan berdampak pada hasil jepretan yang tidak terlalu bagus. Jadi kamu bisa memilih untuk mengabaikan langkah ini jika dirasa tidak diperlukan.

Kompres Foto Jika Perlu

Cara menyimpan foto agar memori ponsel tidak cepat penuh yang terakhir adalah melakukan kompres terhadap foto. Artinya ukuran file fotomu akan dikompres menjadi lebih kecil menggunakan aplikasi tertentu. Sama halnya dengan mengubah kualitas foto, cara ini juga menimbulkan dampak yang tidak bagus pada foto yang terkadang menjadi buram atau blur. Namun kelebihannya adalah ukuran foto menjadi lebih kecil.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara menyimpan foto agar memori ponsel tidak cepat penuh. Dengan menggunakan beberapa langkah diatas kamu dapat lebih menghemat penyimpanan ponsel meski jumlah foto atau gambar yang disimpan jumlahnya banyak. Bagaimanapun juga, memori ponsel memiliki kapasitas terbatas dan juga digunakan untuk menyimpan file lain juga termasuk sistem serta aplikasi. Maka dari itu, mulailah untuk menata berkas foto didalam ponsel agar tidak membuat ponsel menurun kinerjanya.

8 Cara Menyimpan Foto Agar Memori HP Tidak Cepat Penuh