10 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Promosi Di Instagram

Media sosial adalah salah satu sarana yang harus dimanfaatkan untuk melakukan promosi. Saat ini, media sosial sudah menjadi sasaran empuk bagi para marketer untuk memperluas jaringan audien. Seperti yang kita ketahui bahwa media sosial menjadi sebuah tempat yang paling banyak mempertemukan para pengguna internet untuk saling terhubung antara satu dengan yang lain. Salah satu media sosial yang kini mulai ramai digunakan adalah instagram. Di Indonesia sendiri, jumlah pengguna instagram mencapai lebih dari 19 juta orang berdasarkan data dari APJII.

Instagram kini menjadi salah satu primadona para pengguna sosial media karena platform-nya yang begitu visual. Kelebihan ini justru dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk melakukan promosi karena dianggap lebih menarik. Dengan mengurangi penggunaan teks dan menonjolkan sisi visual membuat promosi di instagram menjadi tidak membosankan sehingga dinilai lebih efektif.

Gambar 10 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Promosi Di Instagram

Media sosial berlogo lensa ini dapat menjadi sarana pemasaran yang potensial jika menerapkan cara promosi di instagram dengan efektif. Banyaknya fitur yang mendukung kegiatan bisnis, membuat instagram digunakan oleh banyak brand top dunia untuk mendekat kepada para konsumennya. Hal ini membuktikan bahwa instagram memiliki pengaruh yang cukup besar dalam memperkenalkan produk.

10 Kesalahan Ketika Promosi Di Instagram Yang Harus Dihindari

Meski instagram menjadi tempat yang tepat untuk menjaring lebih banyak konsumen, bukan berarti kita dapat melakukan pemasaran dengan mudah. Selama ini banyak kesalahan promosi yang sering dilakukan oleh para merketer apalagi mereka yang masih pemula. Padahal untuk dapat mencapai kesuksesan dalam promosi, harus dilakukan strategi yang benar dan efektif. Berikut ini adalah 10 kesalahan yang sering dilakukan saat promosi di instagram yang harus dihindari.

Tidak Membalas Komentar

Membalas komentar dari audien pada postingan instagram ternyata cukup penting. Semakin banyak komentar, maka konten tersebut semakin akan naik keatas sehingga berpotensi dilihat oleh lebih banyak orang. Sedangkan selama ini masih banyak marketer yang tidak mau membalas komentar audien pada posting mereka sehingga membuat konten semakin tertimbun kebawah. Hindari kesalahan tersebut dengan rajin membalas komentar agar konten promosi lebih sering tayang.

Pakai Akun Pribadi

Untuk menjaga profesionalitas, lebih baik menyediakan akun khusus yang dapat mewakili bisnis yang akan dipromosikan. Promosi yang memakai akun khusus dengan yang memakai akun pribadi akan sangat berbeda dimata para audien. Mereka akan lebih percaya dan mudah tertarik degan akun yang terkesan profesional. Tidak hanya itu, memakai akun pribadi untuk promosi ternyata memiliki jangkauan lebih rendah. Jadi, usahakan memiliki akun khusus untuk promosi bisnis di instagram.

Membeli Follower

Follower atau pengikut adalah elemen terpenting dalam sebuah akun. Tersampaikan atau tidaknya promosi yang dilakukan tergantung pada follower yang ada. Maka dari itu, membeli follower hanya akan membuat promosi menjadi bias karena target pasar tidak jelas. Cara ini memang instan tapi tidak efektif. Lebih baik jaring follower organik dengan target pasar yang jelas meski memakan waktu lebih lama.

Menerapkan Akun Privat

Salah satu fitur yang dimiliki oleh instagram adalah profil akun yang bisa diubah ke mode privat. Fitur ini membuat akun tergembok sehingga hanya orang-orang tertentu yang bisa melihat kiriman dari akun tersebut. Padahal, tujuan dari promosi adalah supaya konten yang kita sajikan dapat dilihat dan tersampaikan secara luar kepada masyarakat. Penggunaan akun privat hanya akan menghambat promosi sehingga ini tidak perlu dilakukan.

Salah Memilih Waktu Promosi

Meski postingan pada instagram dapat dilihat kapanpun, namun memilih waktu untuk posting tetap menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan. Kita harus dapat menampilkan konten di jam-jam ramai saat orang-orang memiliki banyak waktu untuk memegang gadget sehingga banyak pengguna aktif. Ketahuilah waktu yang tepat untuk promosi di instagram supaya konten yang di unggah bisa dilihat banyak orang.

Tidak Memanfaatkan Story

Saat ini instagram sudah dibekali dengan fitur “Story” dimana kita dapat membagikan kiriman secara highlight yang selalu tampil di bagian top bar para pengguna lain. Fitur ini memungkinkan konten yang kita unggah lebih dilihat banyak orang karena akan muncul disetiap akun mereka dan tidak akan hilang sebelum dibuka. Maka dari itu manfaatkan story sebaik mungkin untuk menunjang promosi.

Tidak Memakai Akun Bisnis

Salah satu fitur terbaik instagram yang sangat cocok untuk menunjang promosi adalah akun yang dapat diubah ke profil bisnis. Dengan menggunakan akun bisnis instagram kita akan memiliki banyak keuntungan. Salah satunya adalah tersedianya data audien pada setiap postingan sehingga memudahkan kita menganalisis konten apa paling diminati. Hal ini dapat kita jadikan untuk merumuskan strategi promosi untuk kedepannya.

Baca Juga:
  1. Strategi Pemasaran Produk Yang Sukses Ala Apple
  2. Cara Promosi Online Shop Secara Efektif di Facebook 
  3. 8 Tips Promosi Online Shop di Media Sosial Supaya Laku dan Laris

Kurang Memperhatikan Konten

Instagram adalah media sosial yang sangat visual sehingga konten yang berupa gambar dan video yang diunggah akan menjadi sebuah hal yang paling menonjol. Selama ini, konten yang disajikan kurang mendapat perhatian sehingga promosi menjadi tidak maksimal. Mulai sekarang, lebih perhatikan kualitas konten dan buat lebih menarik agar promosi tersampaikan dengan baik. Konten yang menarik juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk memancing lebih banyak follower.

Terlalu Banyak Hard Selling

Istilah hard selling atau dapat diartikan sebagai pemasaran secara langsung merupakan salah satu strategi promosi yang banyak digunakan di media sosial. Menggunakan hard selling dalam promosi sah-sah saja, namun jangan terlalu banyak dan berlebihan. Agar audien tidak bosan, sesekali sajikanlah konten yang informatif terkait produk seperti manfaat dan kegunaanya.

Mengabaikan Hashtag (Tagar)

Hashtag atau biasa disebut dengan tagar menjadi salah satu fitur yang dapat memudahkan seseorang dalam mencari sesuatu di instagram. Hashtag juga menjadi satu tanda untuk menunjukkan suatu konten yang mirip berdasarkan pada jenisnya. Mengabaikan hashtag dalam promosi adalah sebuah kesalahan besar yang harus dihindari. Sebaliknya, hashtag harus digunakan sebaik mungkin untuk memperluas jangkauan konten dalam fitur pencarian.

Penutup
Selama ini masih belum banyak yang mengetahui cara memaksimalkan instagram untuk bisnis dan promosi. Maka dari itu, sebagai seorang marketer kita harus banyak belajar untuk menemukan cara yang tepat dalam promosi di instagram. Salah satu langkah awal yang bisa ditempuh adalah dengan menghindari 10 kesalahan yang sering dilakukan saat promosi di instagram seperti yang dijelaskan diatas terlebih dahulu supaya dapat meramu strategi promosi yang baik dan benar.

10 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Promosi Di Instagram