Strategi Pemasaran Produk Yang Sukses Ala Apple

Apple merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia saat ini. Kesuksesan Apple tidak lepas dari kepiawaian sang pendiri yaitu Steve Jobs. Ditangan pria berkaca mata itu, Apple menjadi pelopor kemajuan teknologi dunia melalui produk-produk gadgetnya yang fenomenal. Dengan strategi pemasaran produk yang sukses, perusahaan berlogo buah apel yang tidak utuh itu dapat mendunia dan terkenal. Produk-produk yang dijual selalu menjadi daya tarik terhadap para konsumennya.

Boss Apple, Steve Jobs, merupakan seorang mahasiswa yang dulu tidak bisa menyelesaikan kuliahnya. Dia bukan seorang insinyur, namu memiliki kemampuan marketing yang handal. Dibawah kendalinya, Apple memiliki strategi pemasaran produk yang sukses bersaing di industri teknologi. Strategi pemasaran produk tersebut kini menjadi kiblat berbagai macam perusahaan teknologi agar bisa mengikuti jejak suksesnya.

Gambar Strategi Pemasaran Produk Yang Sukses Ala Apple

Jika dilihat dari produknya, Apple memiliki teknologi yang satu langkah lebih maju dari para kompetitornya. Bahkan mereka menciptakan sistem operasinya sendiri yaitu iOS.  Produk mereka seperti iPhone, iPad dan Mac menjadi bukti keberhasilan Apple menjadi salah satu raksasa teknologi yang ada di dunia. Tak heran jika kini produk-produknya banyak yang ditiru. Meskipun pemasaran produk tiruan tersebut bersifat merugikan, namun pihak Apple sampai saat ini belum mengambil tindakan tegas.

Rahasia Cara Promosi Apple Yang Menarik Banyak Pembeli

Ketika berbicara tentang kesuksesan Apple, salah satu faktor yang tidak bisa ditinggalkan adalah strategi pemasaran produk yang dirancang dengan sangat matang. Ketika para pesaing sibuk saling senggol dengan berbagai kelebihan produk yang mereka miliki, Apple justru berani membuat langkah yang berbeda. Strategi produk yang mereka lakukan justru malah mampu memikat banyak konsumen. Berikut ini adalah ulasan terkait strategi pemasaran produk yang sukses ala Apple.

Pemasaran Yang Sederhana

Strategi pemasaran produk yang pertama adalah kesederhanaan dalam promosi. Pihak Apple tahu hal apa yang dapat berpengaruh terhadap orang-orang. Para calon pembeli tidak akan suka ketika melihat pemasaran yang rumit dan berbelit dengan berbagai penjelasan yang membanjiri mereka. Sejak awal, Apple memang sudah memahami kondisi ini dan tidak ingin membuat sistem promosi yang sulit diterima oleh masyarakat.

Oleh sebab itu, saat memasarkan produk, Apple jarang menyuguhkan beberapa informasi kepada calon konsumen seperti di mana dan bagaimana cara membeli produk mereka. Sebaliknya, iklan dan pesan yang disampaikan dalam promosi kurang ditonjolkan dan membiarkan keunggulan produk itu sendiri yang berbicara. Mereka hanya menyajikan konten yang minim dan grafis sederhana yang dapat menyampaikan nilai promosi dengan baik.

Pemasaran Produk Dari Mulut ke Mulut

Strategi pemasasaran produk yang ke dua adalah promosi yang dilakukan oleh para konsumennya dari mulut ke mulut. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa cara pemasaran terbaik adalah promosi yang disampaikan oleh para pembeli kepada orang disekitarnya dari mulut ke mulut. Cara ini lebih efektif dan memiliki pengaruh sangat besar ketimbang cara promosi manapun.

Sebenarnya Apple memiliki dana yang lebih dari cukup untuk promosi melalui berbagi macam media seperti acara televisi dan film. Namun mereka tidak mau melakukan hal itu. Pihak Apple lebih mementingkan pemasaran produk yang bersifat berantai seperti media sosial dan internet. Dengan menunjukkan berbagai macam kecanggihan kepada para pengguna internet, secara tidak sadar mereka akan kagum dengan teknologi tersebut sehingga memposting ulang dan menceritakannya kepada orang sekitar. Trik promosi ini bagi mereka lebih menguntungkan karena biaya yang dikeluarkan cenderung sedikit.

Mengutamakan Nilai Keunikan Ketimbang Harga

Strategi pemasaran produk yang ke tiga adalah bagaimana mereka mengutamakan nilai keunikan produk yang dibuat. Apple tidak ingin terjebak pada persaingan harga dengan para kompetitor. Dalam menentukan harga, mereka selalu memiliki patokan tersendiri yang sebanding dengan kualitas produknya. Seringkali produk-produk yang dikeluarkan oleh Apple harganya jauh lebih tinggi dibanding harga para pesaingnya. Namun ini bukanlah sebuah masalah mengingat berbagai fasilitas dan fitur yang mereka tawarkan selalu berbeda dan lebih baik.

Apple selalu fokus terhadap penyediaan pengalaman untuk pengguna dengan berbagai macam teknologi mutakhir yang mereka tawarkan. Dengan menghadirkan produk yang berkelas, mereka optimis akan mampu memenangkan persaingan. Apapun perangkat yang dijual, Apple selalu memastikan bahwa uang yang dikeluarkan oleh konsumen akan sebanding dengan keunggulan yang didapat. Nilai keunikan seperti inilah yang menjadi senjata ampuh untuk bersaing dengan kompetitornya.

Inovasi Yang Konsisten

Strategi pemasaran produk yang ke empat terletak pada kekuatan inovasi yang mereka lakukan. Dalam setiap peluncuran produk baru, Apple selalu menghadirkan inovasi baru yang mampu membuat calon pembeli terpukau. Inilah kunci dari kesuksesan Apple yang mampu terus bertahan ditengah kerasnya persaingan industri teknologi.

Baca Juga:
  1. Ciri dan Kriteria Kemasan Produk Yang Berpengaruh Baik Terhadap Penjualan
  2. 8 Tips Promosi Online Shop di Media Sosial Supaya Laku dan Laris 
  3. Cara Memaksimalkan Instagram Untuk Bisnis dan Promosi

Perusahaan Apple tidak pernah berhenti melakukan inovasi agar mampu eksis di tengah kompetisi yang semakin ketat. Mereka tidak pernah absen meluncurkan produk-produk unggulan dengan berbagai inovasi yang terbarunya. Inovasi-inovasi yang mereka lakukan seperti inilah yang membuat mereka selalu berada di garda terdepan di industri teknologi.

Menjadi Pendengar Terbaik Untuk Konsumen

Strategi pemasaran produk yang ke lima dari Apple adalah mendengarkan berbagai masukan dan opini dari para penggunanya. Hadirnya berbagai macam media sosial memudahkan pihak Apple untuk terus mendekat dengan para konsumennya. Dengan kedekatan yang terjalin, konsumen mampu mengekspresikan berbagai macam pendapat dan gagasan terkait produk-produk yang sudah diluncurkan.

Apple selalu menampung dengan baik berbagai macam argumen dari konsumennya. Mereka sadar akan pentingnya hal itu karena bisa digunakan sebagai pertimbangan dan perencanaan untuk membuat produk selanjutnya agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan para konsumen. Tidak heran jika ketika meluncurkan produk baru, peminatnya luar biasa banyak karena memang manfaat yang ditawarkan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pembeli.

Strategi Branding Yang Kuat

Strategi pemasaran produk yang ke enam adalah branding yang kuat. Setiap orang yang melek teknologi pasti familiar dan sangat mengenal baik perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs ini. Dengan menggunakan nama perusahaan dan logo yang mudah dihafalkan, mereka menanamkan paradigma bahwa semua produk yang ditawarkan berkelas dan user friendly.

Apple selalu mampu meyakinkan para konsumennya bahwa teknologi mutakhir yang ada dalam perangkat produk itu, akan mudah digunakan. Hal ini berbanding terbalik dengan asumsi banyak orang yang menyatakan bahwa teknologi canggih dan mutakhir akan menyulitkan pengguna dalam mengoperasikannya. Apple mampu mengubah anggapan tersebut dengan membuat berbagai kemudahan untuk para pengguna.

Pemasaran Produk Secara Visual

Strategi pemasaran produk yang ke tujuh adalah promosi yang lebih visual. Saat ini kita hidup pada jaman dimana segala macam informasi disampaikan melalui berbagai teks dan tulisan. Setiap kali melihat huruf-huruf yang berjajar, orang akan merasa mudah bosan. Kondisi ini dimanfaatkan dengan baik oleh Apple untuk menyajikan tampilan yang berbeda ketika melakukan pemasaran produk.

Apple lebih banyak menggunakan konten visual sepeti video sebagai saran penyampaian pesan promosi kepada para konsumen. Gambar-gambar yang tersaji dari setiap detik video akan memberi dampak yang lebih besar dibanding menggunakan banyak kalimat. Bahkan, Apple pernah membuat iklan hanya dengan 10 kata karena mereka mengerti jika penggunaan kata dan kalimat yang berlebihan tidak akan mampu menarik perhatian audien.

Memberikan Pengalaman Untuk Pengguna

Strategi pemasaran produk yang ke delapan adalah menciptakan produk yang mampu memberikan pengalaman untuk pengguna. Siapa saja mampu untuk membuat sebuah produk, namun menciptakan produk yang bisa memberikan sebuah pengalaman untuk pengguna itu sulit dilakukan. Namun, Apple telah sukses dan mampu melakukan hal ini.

Setiap produk yang dikeluarkan oleh Apple pasti mampu memberikan pengalaman yang tidak terlupakan kepada penggunanya. Ketika orang sudah mulai merasa nyaman dengan sebuah produk, maka mereka akan mengikuti perkembangan produk tersebut dengan baik. Selain itu, pengguna yang mendapat pengalaman baik akan dengan mudah bercerita dan menyampaikan informasi kepada orang lain sehingga kepercayaan calon pembeli bisa meningkat.

Penutup
Salah satu kunci sukses dari sebuah bisnis adalah strategi promosinya. Seperti halnya penjelasan mengenai strategi pemasaran produk yang sukses ala Apple diatas, dapat digunakan sebagai referensi dalam melakukan promosi. Ketika sebuah strategi promosi produk dapat dirancang dengan baik, maka peluang untuk memenangkan persaingan terhadap kompetitor juga semakin tinggi. Jika berkaca pada tangan dingin Steve Jobs yang mampu membawa Apple meraih kejayaan, bukan tidak mungkin setiap bisnis yang dijalankan bisa mengikuti langkah suksesnya.

Strategi Pemasaran Produk Yang Sukses Ala Apple