Produk Shopee Sedang Diperiksa? Ini Penyebab dan Solusinya

Di jaman yang serba modern ini, berjualan tidak harus memiliki bangunan toko. Kita bisa memanfaatkan marketplace atau pasar online yang banyak tersedia salah satunya adalah Shopee. Hanya dengan bermodal upload produk, pembeli bisa menjangkau dagangan kamu via daring. Meski terlihat mudah, namun kadang ada kendala yakni status produk Shopee sedang diperiksa karena sebab tertentu. Akibatnya, produk jadi tertunda dan tidak bisa dilihat oleh pembeli.

Jika kamu adalah salah satu seller di marketplace Shopee, pasti kamu pernah mengalami masalah status produk Shopee sedang diperiksa yang membuat dagangan kamu tidak bisa tampil di pencarian. Pihak Shopee sendiri tidak begitu menjelaskan informasi terkait masalah ini secara jelas dan rinci. Mereka hanya mencantumkan regulasi tentang tata cara menambahkan produk yang mencakup pemberian nama, merk, penggunaan hashtag, kategori dan sebagainya.

Produk Shopee Sedang Diperiksa

Berapa Lama Status Produk Shopee Sedang Diperiksa Hilang?

Untuk menjawab masalah berapa lama dan kapan waktu yang dibutuhkan supaya status produk Shopee sedang diperiksa hilang penulis tidak bisa memastikan karena hal tersebut adalah wewenang dari pihak Shopee. Namun dalam beberapa kasus, berdasarkan informasi seller yang pernah mengalami, produk mereka yang sedang diperiksa membutuhkan waktu lama untuk diterima. Ada yang hitungan hari belum di respon, bahkan ada yang mencapai mingguan namun tidak ada jawaban.

Penyebab Status Produk Shopee Sedang Diperiksa

Jika saat ini kamu mengalami masalah produk Shopee sedang diperiksa dan tidak kunjung berubah meski sudah ditunggu dalam waktu yang cukup lama, mungkin beberapa faktor berikut ini bisa menjadi penyebab masalah tersebut yang membuat dagangan kamu jadi tidak bisa tampil dan dibeli oleh para konsumen Shopee. Setidaknya ada 5 penyebab seperti berikut ini.

Produk Menggunakan Merk Palsu

Penyebab pertama kenapa produk kamu diperiksa mungkin karena penggunaan merk palsu pada barang tersebut. Selain itu, ada kemungkinan juga kamu mencantumkan merk palsu pada nama produk namun dengan pelesetan. Sebagai contoh merk jaket Nike kemudian dipelesetkan menjadi Neki. Menurut Shopee, penggunaan nama seperti ini melanggar regulasi komunitas mereka.

Mencantumkan Link atau Toko Diluar Shopee

Penyebab kedua kenapa status produk Shopee sedang diperiksa adalah penggunaan link atau nama produk yang mengarahkan calon pembeli melakukan transaksi diluar Shopee. Misalnya dengan mencantumkan alamat website, akun sosial media, nomor HP dan lain sebagainya. Selain itu kamu juga tidak diperbolehkan menggunakan gambar atau simbol yang mengajak calon pembeli melakukan transaksi di luar marketplace dengan nuansa orange tersebut.

Produk Memakai Kata Kunci Tidak Sesuai

Silahkan kamu periksa sekali lagi apakah nama dan kata kunci yang kamu pakai sudah sesuai dengan produk yang dijual. Sebagai contoh, gambar produk yang kamu tampilkan adalah celana legging namun di bagian nama atau kata kunci kamu tulis dengan celana jeans. Tentu hal ini tidak sesuai dan melanggar ketentuan dari Shopee yang berpotensi membuat produk kamu diblokir secara permanen.

Memasukkan Kategori Produk Tidak Sesuai

Kesalahan selanjutnya yang membuat status produk Shopee sedang diperiksa adalah penempatan kategori produk yang tidak sesuai. Sebagai contoh kamu menjual tas tenteng namun kamu memasukkannya ke kategori tas ransel. Hal ini dianggap tidak sesuai dengan ketentuan Shopee maka produk kamu akan ditinjau dulu sehingga tidak bisa tampil. Apabila tidak segera kamu koreksi, bisa jadi status produk tersebut akan berubah menjadi diblokir.

Penggunaan Hashtag Yang Tidak Relevan

Penyebab terakhir kenapa status produk shopee sedang diperiksa adalah penggunaan hashtag yang tidak relevan. Tidak relevan disini maksudnya tidak ada kaitannya dengan jenis produk yang kamu jual. Sebagai contoh kamu menjual daster polos namun kamu juga mencantumkan hashtag #dasterbatik karena saat itu sedang tren. Cara ini dianggap tidak sesuai yang akan membuat produk kamu harus ditinjau pihak Shopee.

Cara Mengatasi Produk Shopee Sedang Diperiksa

Setelah mengetahui berbagai macam penyebab masalah produk diperiksa diatas, sekarang kita bahas bagaimana solusi untuk masalah tersebut. Daripada harus menunggu proses pemeriksaan yang tidak pasti dan tidak jelas kapan selesainya, lebih baik melakukan koreksi. Apabila harus menunggu proses selesai, bisa-bisa barang dagangan kita jadi kadaluwarsa. Silahkan lakukan cara-cara berikut ini.

Jika Menjual Produk KW, Jangan Cantumkan Merk

Cara mengatasi status produk Shopee sedang diperiksa yang pertama adalah dengan tidak mencantumkan merk produk apabila yang kamu jual adalah barang KW atau palsu. Begitu juga di kategori merk, sebaiknya pilih "Tidak ada merk" untuk menghindari pemeriksaan otomatis. Mencantumkan merk namun produk yang kamu jual tidak asli adalah melanggar ketentuan.

Baca Juga:

  1. Cara Memberi Nama Pada Produk di Shopee Dengan Baik dan Benar (Tips Penjual)
  2. Daftar Gratis Ongkir Shopee Selalu Gagal? Ini Cara Mudah Untuk Mengatasi
  3. Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Bisa Digunakan? Ini Dia Penyebabnya


Jangan Mengarahkan Transaksi Keluar Shopee

Selain itu jangan mencantumkan link, tautan atau apapun yang dapat membawa transaksi keluar dari Shopee. Selain itu jangan mencantumkan kontak atau nomor telepon yang dapat dihubungi langsung oleh calon pembeli. Shopee sangat ketat terhadap proses transaksi, bahkan apabila ada penjual yang sengaja mengarahkan transaksi keluar maka akan kena poin penalti.

Gunakan Kata Kunci dan Nama Sesuai Produk

Nama produk yang dicantumkan pada produk juga sekaligus berfungsi sebagai kata kunci pencarian yang memudahkan pembeli dalam mendapatkan produk yang dicarinya. Disini, kamu sebagai penjual diwajibkan memberikan nama produk sesuai dengan apa yang kamu upload. Selain dapat membuat kecewa pembeli, pemberian nama yang tidak sesuai dapat membuat produk diblokir.

Pilih Kategori Yang Sesuai Produk

Agar terhindar dari status produk Shopee sedang diperiksa, pilihlah kategori yang sesuai dengan jenis barang dagangan kamu. Salah satu penyebab produk rawan diblokir juga karena penempatan kategori yang salah. Jadi sebaiknya perhatikan betul kategori produk yang kamu pilih ketika akan upload produk. Sebagai contoh, apabila kamu menjual tas totebag, maka pilihlah kategori tas totebag yang sudah tersedia.

Gunakan Hashtag Yang Relevan Dengan Produk

Hashtag adalah salah satu fitur yang dapat meningkatkan jumlah pencarian sebuah produk apabila digunakan dengan benar. Penggunaan hashtag akan membuat produk yang kamu upload mampu bersaing dengan produk lainnya. Namun perlu di ingat bahwa penggunaan hastag harus sesuai dengan kategori produk. Apabila tidak sesuai maka dapat membuat masalah status produk Shopee sedang diperiksa.

Kesimpulan

Dari semua pembahasan diatas dapat kita simpulkan bahwa masalah status produk Shopee sedang diperiksa adalah hak dan wewenang pihak Shopee sepenuhnya. Kita tidak tahu pasti kapan proses tersebut selesai karena tidak diatur secara pasti. Yang pasti, masalah ini terjadi karena ada hal yang tidak beres dengan produk yang kita upload. Sebaiknya baca dulu bagaimana regulasi upload produk di Shopee agar kita bisa berjualan dengan tenang.

Produk Shopee Sedang Diperiksa? Ini Penyebab dan Solusinya