Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Bisa Digunakan? Ini Dia Penyebabnya

Shopee adalah salah satu marketplace yang cukup banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia pada umumnya. Sejak diperkenalkan di muka umun pada tahun 2015, marketplace yang identik degan warna jingga ini mampu merebut hati masyarakat berkat gebrakan yang mereka lakukan. Ditegah-tengah biaya pengiriman yang memberatkan para pembeli online, Shopee justru menawarkan fitur gratis ongkir atau free ongkir bagi siapa saja yang berbelanja.

Penawaran menggiuarkan ini seakan memberikan angin segar kepada orang-orang yang ingin berbelanja online tanpa harus diberatkan dengan tambahan ongkos kirim disetiap transaksi. Tidak heran jika Shopee menjadi cepat populer tak lama setelah mereka launching. Bahkan banyak orang yang tertarik dan penasaran dengan fitur gratis ongkir tersebut hingga pengguna Shopee mengalami peningkatan secara drastis dalam waktu singkat.

Penyebab Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Bisa Digunakan

Memanfaatkan fitur gratis ongkir seperti yang disediakan oleh Shopee adalah salah satu cara berhemat yang dapat dilakukan oleh pembeli online untuk menekan anggaran pengeluaran. Mungkin salah satu diantara anda adalah pembeli online yang pernah menggunakan Shopee saat berbelanja. Bagi pengguna lama Shopee pasti mengikuti perkembangannya mulai dari gratis ongkir otomatis hingga penggunaan voucher gratis ongkir seperti saat ini.

Penyebab Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Dapat Dipakai

Sejak pertama kali diluncurkan hingga Juli 2018, para pembeli online yang melakukan belanja di Shopee dapat menikmati fitur gratis ongkir secara otomatis dengan jumlah minimal pembelian tertentu. Namun pada awal Agustus 2018, fitur ini mengalami perubahan. Cara baru yang dapat digunakan oleh pembeli untuk menikmati gratis ongkir adalah dengan voucher yang sudah tersedia.

Setiap pengguna Shopee dapat melakukan klaim voucher gratis ongkir pada menu yang tersedia di aplikasi atau website. Voucher gratis ongkir ini adalah pengganti fitur gratis ongkir yang sebelumnya berlaku secara otomtis saat chekout. Namun, beberapa pembeli online masih kebingungan saat akan menggunakan voucher ini karena tidak dapat dipakai. Lalu, apa penyebab voucher gratis ongkir Shopee tidak dapat dipakai?

Belum Mencapai Batas Minimal Belanja

Seperti syarat dan ketentuan dari fitur gratis ongkir yang sebelumnya, voucher gratis ongkir juga memiliki batas belanja minimal dengan jumlah tertentu. Nominal minimal belanja tersebut bergantung pada setiap toko tempat anda berbelanja. Setiap toko memiliki batas minimal belanja yang berbeda-beda mulai dari 50 Ribuan hingga 150 Ribuan. Sebelum menggunakan voucher, pastikan anda sudah mencapai batas minimal belanja tersebut.

Toko Belum Menyediakan Gratis Ongkir

Penyebab lain kenapa voucher gratis ongkir Shopee tidak dapat digunakan adalah toko tempat anda belanja belum melakukan verifikasi baik itu rekening bank maupun identitas yang menyebabkan toko tersebut belum dikategorikan penyedia gratis ongkir. Toko yang sudah masuk kategori gratis ongkir biasanya terdapat tanda mobil box berwarna hijau muda dengan tulisan gratis ongkir. Belilah produk dengan tanda ini agar voucher gratis ongkir anda dapat digunakan.

Jasa Pengiriman Tidak Mendukung

Sebenarnya, pada saat chekout dan voucher gratis ongkir sudah bisa digunakan, sistem Shopee akan mengarahkan secara otomatis ke jasa pengiriman tertentu yang mendukung. Jika anda mengubahnya ke jasa pengiriman yang tidak mendukung, maka voucher tersebut tidak akan bisa dipakai. Oleh karena itu, coba tinjau kembali saat memilih jasa pengiriman apakah mendukung atau tidak. Jika salah pilih, maka anda harus menanggung ongkos kirim sepenuhnya.

Baca Juga:
  1. Daftar Gratis Ongkir Shopee Selalu Gagal? Ini Cara Mudah Untuk Mengatasi
  2. Cara Menggabungkan Ongkir (Ongkos Kirim) Saat Membeli Banyak Barang di Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan Lazada 
  3. Inilah 9 Cara Belanja di Shopee Agar Aman dan Menguntungkan

Voucher Sudah Kadaluwarsa

Setiap bulan seorang pengguna hopee akan mendapatkan voucher gratis ongkir, voucher tersebut memiliki batas waktu pemakaian alias kadaluarsa. Jika voucher gratis ongkir yang anda miliki sudah melebihi tanggal berlaku, maka sudah bisa dipastika voucher tersebut tidak dapat dipakai. Agar selalu dapat menikmati voucher, klaim voucher anda secara berkala. Anda bisa mendapatkan voucher gratis ongkir di menu pada aplikasi atau website Shopee.

Voucher Gratis Ongkir Sudah Habis

Perubahan gratis ongkir otomatis yang sudah ada sebelumnya menjadi dalam bentuk voucher ternyata menyisakan sedikit kerugian bagi pembeli. Berubahnya gratis ongkir ke dalam bentuk voucher membuat fitur ini menjadi terbatas. Seorang pembeli online di Shopee hanya bisa melakukan belanja dengan gratis ongkir sesuai dengan jumlah voucher yang dimiliki. Jika sudah habis, maka ia harus menunggu mendapatkan voucher di bulan berikutnya.

Biaya Ongkos Kirim Terlalu Tinggi

Biaya ongkos kirim yang terlalu tinggi sebenarnya tidak menyebabkan voucher gratis ongkir tidak dapat dipakai. Namun, hal ini akan menyebabkan voucher gratis ongkir menjadi tidak banyak membantu. Sebenarnya pihak Shopee tidak menanggung biaya pengiriman sepenuhnya, namun mereka hanya memberikan subsidi ongkir sebesar 20 ribu saja. Maka dari itu biaya ongkos kirim yang tinggi tidak sepenuhnya gratis, anda diharuskan membayar sisa ongkir setelah subsidi.

Penutup
Memanfaatkan gratis ongkir yang ditawarkan oleh Shopee saat belanja online boleh saja dilakukan oleh siapapun. Namun anda sebagai pembeli juga harus mematuhi syarat dan ketentuan yang berlaku untuk dapat menikmati voucher gratis ongkir yang tersedia. Saat anda tidak dapat menggunakan voucher tersebut, cobalah untuk meninjau kembali barangkali anda melakukan satu dari beberapa penyebab voucher gratis ongkir Shopee tidak bisa digunakan.

Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Bisa Digunakan? Ini Dia Penyebabnya