Cara Memaksimalkan Instagram Untuk Bisnis dan Promosi

Kemajuan teknologi di sektor digital turut mempengaruhi gaya berbisnis menjadi lebih modern. Salah satu kemajuan yang dapat dimanfaatkan adalah semakin bergantungnya masyarakat terhadap sosial media. Saat ini, kepopuleran instagram sebagai media sosial tengah melejit di kalangan masyarakat sehingga jumlah penggunanya semakin merangkak naik. Peluang ini dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk menggunakan dan memaksimalkan instagram untuk kegiatan bisnis.

Banyak pebisnis yang mulai melakukan optimalisasi pada instagram sebagai menunjang kebutuhan berbisnis seperti promosi dan mendekatkan diri kepada konsumen. Dengan memanfaatkannya secara optimal, diharapkan media sosial ini dapat membatu meningkatkan dan menaikkan penjualan secara signifikan. Terlebih dengan jumlah pengguna yang terus meningkat, diproyeksikan jangkauan yang dicapaipun bisa semakin meluas.

Jumlah pengguna internet dan sosial media di Indonesia menunjukkan angka yang cukup tinggi. Data dari APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) menunjukkan jumlah pengguna internet dan media sosial di Indonesia terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Terhitung per Januari 2017 pengguna internet di Indonesia mencapai angka 132 juta lebih, sedangkan pengguna aktif sosial media mencapai angka 106 juta lebih. Data ini menunjukkan bahwa lebih dari 50% total penduduk Indonesia sudah sadar akan penggunaan teknologi jaringan.

Gambar Cara Memaksimalkan Instagram Untuk Bisnis dan Promosi

Cara Memaksimalkan Instagram Untuk Bisnis dan Promosi


Dari angka tersebut konten komersial yang paling banyak dikunjungi oleh pengguna internet adalah online shop sebanyak 82,2 juta atau sebesar 62%, lalu diikuti oleh bisnis personal sebanyak 45,3 juta atau sebesar 34,2%. Data ini mengindikasikan bahwa ketertarikan masyarakat terhadap aktivitas komersil di internet sangat tinggi. Oleh karena itu para pebisnis tidak mau menyia-nyiakan peluang ini untuk menggunakan media online sebagai sarana promosi.

Melonjaknya pengguna internet dibarengi dengan penggunaan sosial media instagram terus mengalami kenaikan sebesar 15% setiap tahunnya atau sekitar 19,9 juta pengguna. Berdasarkan pada statistik tersebut, instagram menjadi potensial sebagai media komersil untuk mendekatkan diri kepada konsumen. Dengan pemanfaatan yang baik dan benar, maka instagram bisa menjadi media promosi yang efektif dan efisien. Cara memaksimalkan instagram untuk sarana bisnis dapat dilakukan ke dalam beberapa tahap.

Mempelajari Orientasi Pengguna Instagram

Jumlah pengguna instagram sangat banyak dan beraneka ragam yang jumlahnya terus meningkat dari waktu ke waktu. Setiap pengguna memiliki sifat dan karakter serta pemikiran yang berbeda-beda sehingga orang yang menggunakan instagram pun pasti memiliki maksud dan tujuannya sendiri-sendiri tergantung pada kebutuhannya. Berikut ini adalah beberapa tujuan yang menjadi alasan kenapa orang menggunakan instagram.

1. Untuk Mencari Informasi

Informasi adalah salah satu hal penting yang wajib diketahui. Di era digital seperti ini, ada berbagai macam cara yang dapat digunakan untuk memperoleh informasi agar selalu memahami kondisi dari waktu ke waktu. Salah satunya adalah dengan menggunakan instragram. Semakin banyak pengguna, maka semakin banyak informasi yang tersebar dan semakin beraneka ragam. Dengan sumber inforasi yang selalu terbaharui, maka berita yang didapat selalu segar dan tidak usang. Itulah kenapa banyak orang yang menggunakan instagram untuk memperoleh informasi terkini.

2. Sebagai Media Hiburan

Selain televisi dan radio, di era digital ini orang juga suka mencari hiburan melalui gadget yang ia miliki. Salah satu tempat yang dapat dijadikan sebagai sumber hiburan adalah sosial media diantaranya adalah instagram. Konsep instagram yang lebih visual sangat cocok untuk mereka yang sedang mencari hiburan untuk memanjakan mata.

Banyaknya pengguna instagram yang terus meningkat juga turut serta memunculkan berbagai jenis akun hiburan degan berbagai macam jenis konten yang menghibur baik itu, lucu, unik, menarik, maupun bersifat informatif. Ditambah adanya fitur pencarian membuat pengguna dapat degan mudah menemukan hiburan yang mereka inginkan.

3. Untuk Sarana Edukasi

Banyak sekali akun-akun instagram yang menyajikan konten berupa ilmu pengetahuan baru dan unik. Bagi mereka yang tidak terlalu suka membaca tulisan dengan penjelasan yang panjang dan lebar, instagram adalah alternatif media edukasi dengan tampilan yang tidak membosankan dengan berbagai macam bentuk gambar dan poster yang ditampilkan. Alasan itulah yang membuat banyak orang menggunakan instagram sebagai sumber informasi yang edukatif dengan tampilan yang enak dipandang.

4. Menjaring Komunitas

Hal terakhir yang sering dilakukan orang di instagram adalah untuk menjaring sebuah komunitas tertentu. Banyak sekali komunitas-komunitas seperti motor, pothography, videography, modeling pecinta ikan, pecinta tanaman hias dan lain sebagainya yang memanfaatkan instagram sebagai sarana mengajak orang-orang dengan hobi yang sama untuk saling mengenal dan berkumpul. Selain itu, adanya akun-akun komunitas di instagram juga digunakan untuk menunjukkan eksistensi mereka masing-masing supaya lebih dikenal masyarakat luas.

5. Untuk Tujuan Lain

Sisanya,orang yang menggunakan instagram untuk keperluan lain yang sifatnya hanya sesaat atau sementara. Beberapa orang yang sengaja menggunakan instagram memiliki beberapa alasan unik seperti digunakan untuk stalking mantan, mencari online shop, mengikuti giveaway dan lain-lain. Pengguna semacam ini biasanya tidak terlalu aktif dalam menggunakan instagram dan hanya digunakan pada saat-saat tertentu dengan kebutuhan tertentu saja.

Baca Juga:
  1. Tips Sukses Berjualan Online Supaya Cepat Laku dan Laris 
  2. 5 Tips Menarik Hati Konsumen Agar Menyukai Online Shop Kita 
  3. 10 Langkah Persiapan Untuk Memulai Bisnis Online Shop Bagi Pemula

Dengan memahami berbagai orientasi pengguna instagram dapat diperoleh data untuk merencanakan konten seperti apa yang patut kita gunakan dalam promosi. Perencanaan dan perancangan konten yang baik dapat membuat proses promosi berjalan efektif dan efisien. Konten yang menarik akan lebih banyak mendapat interaksi dari pengguna lain sehingga dapat menjangkau masyarakat lebih luas. Degan dikenal banyak orang, maka sebuah akun akan banyak pengikutnya sehingga ketika mengirim konten tidak akan sia-sia.

Ubah Akun Personal Ke Akun Bisnis

Salah satu fitur yang membedakan dengan media sosial yang lainnya adalah profil bisnis pada instagram. Dengan mengubah akun personal menjadi akun bisnis maka akun tersebut akan terlihat lebih profesional. Maksimalkan fitur ini untuk menunjukkan profesionalitas pada akun. Orang akan mudah tertarik dengan akun yang terlihat kompeten sehingga dapat meningkatkan kepercayaan mereka.

Untuk itu, mulailah menggunakan akun profil bisnis pada instagram dan tinggalkan akun personal. Jangan sekali-kali menggunakan akun privat untuk kegiatan bisnis karena akan menyulitkan konsumen untuk mengenalinya. Akun bisnis juga dapat membantu memperoleh jangkauan lebih luas terhadap konsumen. Silahkan baca artikel ini untuk mengetahui 9 Manfaat Menggunakan Profil Bisnis Instagram.

Syarat Merubah Akun Personal ke Akun Bisnis
  1. Harus merubah akun personal
  2. Harus memiliki Facebook Fanspage
  3. Harus mencantumkan minimal satu pilihan kontak
  4. Profil bisnis tidak bisa dijadikan akun privat (Gembok)
  5. Profil bisnis instagram hanya share kiriman ke Facebook Fanspage

Manajemen Posting Instagram

Dalam menggunakan instagram sebagai sarana promosi tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Jika menginginkan efektifitas dalam promosi, maka harus dilakukan beberapa pengelolaan. Manajemen posting sangat perlu sekali dilakukan dalam mengelola kiriman untuk promosi. Hal ini ditujukan agar postingan tepat guna dan tepat sasaran. Berikut ini adalah beberapa manajemen posting yang dapat diterapkan untuk memaksimalkan promosi di instagram.

1. Timeline

Manfaatkan timeline pada instagram untuk diisi dengan berbagai macam konten unik dan menarik yang disukai oleh pengunjung. Timeline pada instagram yang bersifat permanen dapat diisi dengan kiriman-kiriman yang besifat abadi dan tidak akan usang walau ditelan oleh zaman. Dengan begitu, setiap pengunjung yang melihat akun akan menemukan konten yang masih relevan dengan kondisi saat ini. Ketikan mengirimkan sesuatu untuk mengisi timeline, jangan lupa menyisipkan beberapa posting yang bersifat persuasif.

2. Konten

Pengelolaan konten menjadi hal yang penting dalam menggunakan instagram. Lihatlah statistik pada fitur  wawasan yang ada pada akun bisnis untuk mengetahui konten yang seperti apa yang disukai oleh pengunjung. Pada fitur tersebut dapat dilihat banyaknya penayangan dan interaksi pada konten sehingga dapat dijadikan sebagai data dalam merumuskan konten kedepannya.

Sebisa mungkin penggunaan konten harus sesuai degan data pada fitur wawasan seperti jenis kelamin dan lokasi. Misalkan konten anda lebih banyak dilihat oleh kaum wanita, maka cobalah untuk terus merumuskan kiriman yang banyak disukai oleh wanita. Konten yang disukai akan membuat interaksi menjadi lebih intensif sehingga dapat mendongkrak popularitas akun.

3. Sumber Daya Manusia (admin)

Timeline yang baik dan konten yang menarik pun tidak cukup untuk membuat promosi pada instagram berjalan secara efektif. Kualitas sumber daya manusianya lah yang menjadi penentu kedua hal tersebut. Menjadi seorang admin yang mengurusi akun bisnis pada instagram harus memiliki kemampuan untuk mengisi timeline dengan baik dan membuat konten dengan menarik. Untuk itu, perlu adanya sumber daya manusia yang menunjang dengan bekal kemampuan dalam promosi. Untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan, admin harus mau belajar dan berlatih secara terus menerus untuk mampu mengelola akun dengan baik dan benar.

4. Target

Dalam prosmosi, satu hal yang tidak kalah penting adalah menentukan target pasar yang ingin dijangkau. Ketika tidak ada penargetan yang jelas dan spesifik, maka promosi akan tidak efektif karena menjadi bias. Sebelum benar-benar melakukan promosi, harus ada perencanaan matang terkait target konsumen yang hendak dituju. Target pasar dalam promosi biasanya disesuaikan dengan jenis bisnis yang ada. Misalkan bisnis tersebut bergerak dibidang fashion muslimah, maka target konsumen yang harus dijangkau adalah para wanita muslim dari berbagai kalangan umur.

Penutup
Cara memaksimalkan instagram untuk bisnis dan promosi sebenarnya mudah dilakukan jika kita sudah mengerti trik dan strateginya. Penggunaan instagram secara optimal dalam promosi dapat digunakan untuk menjaring lebih banyak konsumen sehingga akan berimbas baik pada jumlah penjualan. Di era yang semakin modern seperti ini, pebisnis juga dituntut untuk mampu memaksimalkan teknologi yang ada guna mendekatkan diri terhadap konsumen untuk meningkatkan kepercayaan mereka.

Cara Memaksimalkan Instagram Untuk Bisnis dan Promosi