Waktu Yang Tepat Untuk Promosi di Facebook dan Instagram

Media sosial seperti facebook dan instagram adalah wadah yang sering digunakan oleh para penjual online untuk melakukan promosi. Kedua media sosial ini dipilih karena memiliki sangat populer di masyarakat dengan jumlah pengguna yang sangat banyak. Lebih dari 90 juta masyarakat Indonesia menggunakan facebook dan instagram untuk bersosial dengan orang di dunia maya. Banyaknya jumlah orang yang menggunakan facebook dan instagram dapat dimanfaatkan sebagai tempat promosi yang tepat.

Dalam melakukan promosi untuk produk online shop, harus ditentukan waktu yang tepat agar iklan yang ditampilkan dilihat banyak orang. Efektifitas semacam ini bisa dilakukan dengan cara mengetahui jam-jam ramai penggunaan facebook dan instagram. Memilih waktu yang tepat untuk memasarkan produk sifatnya sangat penting. Pengguna media sosial hanya online saat ada waktu luang untuk memegang gadget mereka. Jadi, tidak semua jam dan waktu memiliki nilai efektifitas tinggi untuk melakukan pemasaran online.

Gambar Waktu Yang Tepat Untuk Promosi di Facebook dan Instagram

Secara awam, pemilihan waktu yang tepat untuk posting di facebook atau instagram bisa dibilang tidak begitu penting. Beberapa orang memiliki pendapat bahwa semakin sering update status dan mengunggah gambar produk maka akan semakin baik. Namun asumsi tersebut tidak selamanya benar. Ketika melakukan promosi secara asal-asalan, akan menjadi percuma jika apa yang disampaikan tidak ada satupun yang memperhatikannya. Oleh sebab itu, harus ada perencanaan dan jadwal untuk melakukan promosi agar tidak mengalami bias.

Lalu, Kapan Saat Terbaik Melakukan Promosi di Media Sosial?

Sebelum benar-benar melakukan promosi, sebagai pemilik online shop, alangkah lebih baik jika kita mengetahui terlebih dahulu jam-jam ramai dimana banyak pengguna facebook dan instagram yang aktif. Ketika banyak orang membuka kedua media sosial tersebut, ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan promosi online. Di jam-jam seperti ini sangat efektif jika digunakan untuk update status jualan dan mengupload gambar barang dagangan.

Banyak pedagang-pedagang besar yang memiliki online shop terkenal melakukan strategi ini saat berjualan. Tujuannya adalah supaya apa yang mereka pasarkan bisa tersampaikan dengan baik kepada konsumen. Tidak heran jika strategi pemilihan waktu yang tepat untuk promosi bisa meningkatkan penjualan. Secara teknis ada empat pembagian waktu yang potensial untuk pemasaran online yaitu pagi, siang, sore dan malam. Penjelasan empat waktu yang tepat untuk promosi di facebook dan instagram adalah sebagai berikut.

Pagi Hari Sebelum Jam 6

Mempromosikan produk online shop yang dijual dapat diawali ketika pagi hari. Waktu yang sangat efektif saat pagi adalah sebelum jam 6. Sasaran melakukan promosi di jam ini adalah orang-orang yang menghabiskan waktu luang sebelum beraktifitas, sekolah dan bekerja seperti berada di kendaraan umum, menunggu jam masuk sekolah, atau mimun teh/kopi di teras. Pada saat seperti ini kebanyakan orang melakukan kegiatan tersebut sambil membuka facebook dan instagram.

Baca Juga:
  1. 11 Cara Mengembangkan Bisnis Online Shop Dengan Cepat
  2. 5 Cara Promosi di Instagram Dengan Efektif 
  3. Cara Promosi Berjualan di Facebook Dengan Tepat dan Efektif

Promosi di pagi hari akan lebih bagus jika ditambah pada jam-jam menjelang orang bangun tidur. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa ketika bangun tidur, kebiasaan yang sering dilakukan adalah mengecek ponsel termasuk salah satunya adalah media sosial. Dengan begitu pemasaran di pagi hari bisa lebih tepat sasaran.

Siang Hari Sebelum Jam 12

Waktu berikutnya yang sangat cocok untuk promosi di facebook dan instagram adalah siang hari sebelum jam 12. Pada jam-jam ini berbagai kegiatan yang dilakukan selalu dihentikan karena sudah masuk waktu istirahat. Ketika jam 12 sudah tiba, orang yang bekerja mendapat waktu jeda untuk makan, sholat dan rehat sejenak. Sambil menunggu waktu istirahat habis, biasanya mereka akan membuka ponsel sambil melihat-lihat apa yang ada di media sosial.

Oleh karena itu, mempersiapkan materi promosi untuk di posting sebelum jam 12 akan sangat baik mengingat ada banyak orang yang memiliki waktu luang. Sebagai pemilik online shop harus gesit ketika siang hari tiba. Pada jam-jam yang krusial seperti ini jangan sampai terlewatkan untuk melakukan promosi.

Sore Hari Sebelum Jam 4

Waktu ini sangat sesuai untuk kembali memasarkan produk karena ketika sore hari orang-orang sudah selesai melakukan berbagai macam kegiatan termasuk sekolah dan bekerja. Sambil menunggu kendaraan umum atau jemputan, biasanya orang membuka ponsel dan mengecek media sosialnya.
Setelah penat melakukan aktifitas, mata akan segar setelah melihat berbagai produk yang menarik.

Tidak hanya itu, sesampai dirumah, orang yang capek setelah melakukan berbagai kegiatan pasti akan beristirahat sejenak dengan duduk-dukduk diteras atau depan rumah. Tentu mereka sambil melakukan hal lain yang diantaranya adalah bersosial dengan orang lain di internet. Baru setelah rasa capet sedikit hilang, mereka melakukan aktifitas lain seperti menyapu, mengepel, bersih-bersih dan mandi.

Malam Hari Antara Jam 7-8

Malam hari adalah saat dimana orang-orang mulai rileks dan melupakan sejenak hiruk pikuk pekerjaan. Kebanyakan dari mereka menghabiskan waktu untuk bersantai agar tidak penat. Waktu ini juga sering dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga, bercengkrama atau sekedar rebahan untuk mengusir rasa capek.

Semua aktifitas yang dilakukan tersebut juga tidak akan jauh dari ponsel. Jam-jam ini sangat sesuai jika dilakukan untuk mengupdate promosi untuk online shop. Waktu ini harus dimanfaatkan degan baik agar produk yang dipasarkan bisa tersampaikan degan baik kepada calon pembeli. Oleh karena itu, jam 7-8 malam adalah waktu yang tepat untuk promosi di facebook dan instagram.

Penutup
Manfaatkanlah jam-jam efektif untuk melakukan promosi karena akan berdampak baik terhadap online shop. Penjelasan terkait empat waktu yang tepat untuk promosi di facebook dan instagram diatas dapat dijadikan sebagai referensi intensitas posting. Selain itu, usahakan menyajikan deskripsi dan gambar yang menarik untuk menunjang promosi. Dengan melakukan hal itu, orang akan lebih tertarik dengan produk yang dijual.

Waktu Yang Tepat Untuk Promosi di Facebook dan Instagram