5 Cara Promosi di Instagram Dengan Efektif

Promosi merupakan kegiatan yang tidak pernah bisa terpisah dalam kegiatan berbisnis. Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk promosi salah satunya adalah menggunakan sosial media. Ada banyak sosial media yang populer dikalangan masyarakat Indonesia, namun ada satu yang jumlah penggunanya terus mengalami peningkatan yang signifikan yaitu instagram. Dengan menggunakan trik dan strategi marketing yang baik, instagram dapat digunakan sebagai sarana promosi yang efektif untuk memperkenalkan sebuah produk kepada masyarakat luas.

Pada awalnya, intagram adalah sebuah media sosial yang digunakan untuk berbagi kiriman visual berupa konten-konten gambar dan foto. Seiring berjalannya waktu, jumlah pengguna instagram semakin meningkat secara drastis mengalahkan media-media sosial lain. Kesempatan ini tentu tidak disia-siakan oleh para marketer untuk menggunakannya sebagai sarana promosi.

Jumlah pengguna yang aktif sebanyak 500 juta setiap bulan, instagram dianggap sebagai alat yang sangat potensial dalam menayangkan kampanye periklanan karena dapat menjangkau masyarakat lebih luas. Ditambah lagi kosepnya yang begitu visual sangat cocok dan mendukung sekali untuk menayangkan poster dan iklan. Ditambah lagi, dengan berbagai fiturnya yang sangat mendukung kegiatan kampanye. Inilah alasan kenapa banyak marketer yang mulai beralih menggunakan instagram untuk promosi.

Melakukan kegitan pemasaran di instagram memang dianggap sangat efektif. Beberapa orang telah merasakan peningkatan yang signifikan saat promosi menggunakan instagram. Bukti ini didukung dengan adanya akun-akun brand dunia yang turut serta melakukan pendekatan dengan konsumen menggunakan akun instagram resmi mereka. Hal ini menunjukkan bahwa media sosial berlogo kamera ini memiliki kapasitas yang mumpuni untuk kegiatan komersial.

Gambar 5 Cara Promosi di Instagram Dengan Efektif

Melakukan promosi di instagram tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Untuk mencapai efektifitas dan efisiensi dalam kampanye, harus dilakukan beberapa trik dan strategi dengan langkah yang tepat. Tak lupa, seluruh fitur yang sudah tersedia pada instagram juga harus dimanfaatkan dengan baik. Berikut ini adalah beberapa aspek yang harus dipahami untuk memaksimalkan promosi di instagram.

Konten

Konten adalah sebuah kiriman yang dapat dilihat oleh para pengguna instagram. Tampilan konten yang baik akan lebih disukai oleh audien. Sebagai media promosi, konten harus dibuat semenarik mungkin supaya dapat mengambil perhatian siapa saja yang melihatnya.

Pada instagram, isi konten terdiri dari gambar/video dan caption (deskripsi) yang terdapat dibawah gambar. Manfaatkanlah kedua fasilitas ini untuk menayangkan konten yang menarik agar dapat mempengaruhi audien yang melihatnya. Tanda hastag yang bisa digunakan pada caption  juga dapat diguanakan untuk memaksimalkan posting pada hasil pencarian.

Ketika membuat konten, sesuaikan dengan apa yang disukai oleh target pasar. Tentu saja isi dari konten tersebut adalah yang masih relevan dengan bisnis yang akan dikampanyekan. Dengan menentukan target yang jelas maka konsumen yang dituju akan mudah terjaring.

Fitur

Untuk efektifitas promosi, segala fitur yang terdapat pada instagram harus dimanfaatkan dengan baik. Ada beberapa fitur pendukung konten yang terdapat pada instagram untuk bisa dimanfaatkan dalam menunjang promosi. Beberapa fitur tersebut adalah multiple image, siaran langsung, dan story. Ketiga fitur tersebut memiliki banyak manfaat jika digunakan secara baik dan bebar dalam kegiatan pemasaran.

Multiple image adalah sebuah fitur pada instagram dimana pengguna bisa mengunggah beberapa gambar sekaligus dalam satu konten dengan jumlah maksimal 10 gambar. Setiap pengguna lain yang melihat dapat melihat tampilan slide show dengan menggeser gambar posting ke kiri atau ke kanan. Fitur ini dapat anda manfaatkan untuk membuat konten dengan beberapa gaya promosi untuk menarik perhatian audien.

Fitur story merupakan konten yang tampil pada top bar instagram. Pada fasilitas ini, pengguna dapat mengunggah kiriman dalam jumlah banyak sekalipun namun masih dalam satu konten. Semua posting yang dikirim pada story memiliki batas waktu penayangan kurang lebih 5 detik saja. Meskipun tayang dengan singkat, fitur ini dapat dimanfaatkan untuk promosi yang bersifat kilat atau cepat untuk memunculkan rasa penasaran audien.
Terakhir adalah fitur siaran langsung. Dengan menggunakan firtur ini, pemiliki akun dapat melakukan siaran video secara real time kepada para pengikutnya. Fasilitas instagram yang satu ini sangat cocok jika digunakan untuk melakukan review produk secara langsung atau menayangkan live event. Siaran langsung akan mudah diketahui karena akan selalu muncul paling depan di top bar setiap akun pengikut.

Timing

Melakukan posting untuk sebuah akun tidak bisa dilakukan asal-asalan. Ada manajemen waktu yang harus diperhatikan agar konten tepat sasaran dan banyak yang menyaksikan. Kenali waktu-waktu strategis dimana orang-orang memiliki cukup banyak waktu untuk menggunakan instagram. Ketika melakukan posting pada saat orang-orang sedang sibuk beraktifitas, maka konten yang diunggah akan kurang efektif.

Ada beberapa waktu yang dapat dimanfaatkan untuk mengunggah konten ke instagram. Kebanyakan orang memiliki banyak waktu untuk memegang gadget mereka ketika pagi saat sebelum berangkat kerja, siang ketikan sedang jam istirahat berlangsung, sore ketika istirahat dari pekerjaan, dan malam ketika tubuh sedang rileks dari kesibukan duniawi.

Beberapa waktu yang potensial tersebut dapat digunakan untuk mengirimkan konten ke akun instagram sehingga banyak yang akan melihat karena pada waktu-waktu tersebut kebanyakan orang cenderung memiliki cukup waktu untuk menggunakan gadget mereka. Dengan memanfaatkan menajeman waktu yang tepat, kegiatan promosi dan pemasaran akan lebih efektif dan efisien.

Intensitas

Kualias sebuah akun instagram dapat dilihat dari intensitas posting yang dilakukan oleh penggunanya. Semakin konsisten sebuah akun mengirim konten, maka reputasinya akan semakin baik dimata para pengikutnya. Konsistensi dalam mengirimkan konten juga dapat menarik pengguna lain untuk turut mengikuti akun tersebut. Dalam memaksimalkan promosi, jaga intensitas unggahan secara baik untuk meningkatkan reputasi akun.

Intensitas unggahan harus dilakukan dengan rentang waktu cukup sering. Semakin sering melakukan unggahan akan semakin baik. Intensitas yang tinggi bukanlah melakukan posting dengan jumlah banyak sekaligus dalam satu waktu, namun melakukan unggahan dengan rentang waktu cukup dekat. Jika tidak mampu untuk melakukan posting dengan intensitas tinggi, lakukan saja posting dengan intensitas rendah sebanyak 2-3 kali dalam sehari namun dilakukan secara konsisten setiap hari.

Respon

Interaksi antar pengguna pada akun instagram juga turut serta meningkatkan reputasi sebuah akun. Semakin banyak interaksi baik itu jumlah suka maupun komentar dapat meningkatkan jumlah tayangan konten tersebut. Semakin banyak penayangan konten, maka akan semakin baik untuk akun tersebut.

Usahakan untuk selalu membalas komentar dari pengguna lain dalam setiap konten yang dikirim. Mengabaikan interaksi dari pengguna lain adalah kesalahan fatal dari seorang marketer. Megirimkan komentar juga memiliki aturan. Jika terlalu pendek, maka akan dianggap spam oleh robot instagram. Selalu gunakanlah komentar secara natural dan interaksi dengan pengguna lain secara wajar untuk meningkatkan reputasi akun.

Penutup
Dengan mempelajari cara promosi di instagram dengan efektif, maka akan dapat menjaring lebih banyak konsumen dan memeperluas jangkauan. Efektifitas promosi di instagram sangat penting dilakukan apalagi di era digital seperti ini dimana banyak pengguna yang menggunakan instagram dengan banyak tujuan seperti hiburan, komunikasi, edukasi, dan lain-lain. Semakin hari teknologi akan semakin maju, begitu juga dengan pola bisnis yang akan terus mengikuti jaman.

5 Cara Promosi di Instagram Dengan Efektif