Simak! 7 Tips Membuat Akun Online Shop Di Instagram

Instagram saat ini menjadi salah satu media sosial yang mulai banyak digunakan. Di indonesia sendiri jumlah penggunanya terus mengalami peningkatan dari hari ke hari. Kehadiran instagram sebagai media sosial mampu menarik antusias dari pengguna internet karena berbagai fitur uniknya. Terlebih, platform yang begitu visual membuat media sosial berlogo kamera ini dapat digunakan untuk berbagi konten menarik seperti foto dan video.

Kehadiran instagram sebagai media sosial dengan platform visual ternyata tidak hanya digunakan untuk membagikan berbagai kiriman foto dan video. Seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya pengguna, instagram mulai dilirik sebagai salah satu tempat berjualan online yang potensial. Fitur visualnya yang begitu menonjol dirasa sangat cocok untuk melakukan promosi yang lebih menarik.

Gambar Simak! 7 Tips Membuat Akun Online Shop Di Instagram

Dimata orang-orang kreatif, instagram sudah tidak lagi digunakan sebagai keperluan pribadi. Namun mereka sudah mulai membuat akun online shop untuk menjual berbagai macam produk. Mudahnya menjaring pembeli membuat penggunaan akun instagram untuk berjualan kini mulai marak dilakukan.

7 Tips Membuat Akun Online Shop Di Instagram. Apa Saja?

Membuat sebuah akun di media sosial seperti instagram cukup mudah. Kita hanya tinggal mengisi email atau nomor telepon yang dibutuhkan untuk mem-verifikasi akun yang akan kita gunakan. Namun untuk akun online shop, kita tidak boleh membuatnya secara asal-asalan karena akan berpengaruh terhadap keberhasilan dalam berjualan. Lalu bagaimana cara membuat akun online shop di instagram untuk online shop? Simak 7 tips-nya berikut ini.

Pilih Nama Yang Mudah Diingat

Pilihlah nama yang mudah diingat untuk digunakan pada online shop. Nama online shop yang mudah diingat akan memudahkan para pelanggan dalam menghafal. Hal ini akan menimbulkan pengaruh baik terhadap online shop. Ketika pelanggan mudah menghafal, maka online shop yang didirikan akan selalu menjadi pilihan utama saat mereka ingin berbelanja.

Gunakan Akun Profil Bisnis

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh instagram adalah adanya fitur “Profil Bisnis”. Dimana pada fitur ini telah disediakan fasilitas wawasan untuk menampilkan berbagai data terkait pengikut dan konten yang tayang pada akun. Ini adalah salah satu keunggulan yang wajib dimanfaatkan oleh pedagang untuk memperoleh data dari para konsumennya. Oleh karena itu, ketika seorang pedagang online membuat online shop di instagram, disarankan agar mengubah akun personal menjadi profil bisnis.

Baca Juga:
  1. 10 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Promosi Di Instagram 
  2. 5 Cara Promosi di Instagram Dengan Efektif 
  3. Cara Memaksimalkan Instagram Untuk Bisnis dan Promosi

Jangan Menerapkan Mode Privat

Tujuan digunakannya media sosial instagram dalam berjualan adalah untuk memperluas jangkauan promosi. Selain itu, akun online shop di instagram juga berfungsi sebagai sarana memajang produk kepada siapapun yang melihatnya. Namun apa jadinya jika akun online shop diubah ke mode privat? Pasti yang dapat melihat hanya orang-orang tertentu. Hal ini sangat bertolak belakang dengan tujuan utama dari berjualan. Maka dari itu, jangan gunakan mode privat ketika membuat akun online shop.

Cantumkan Informasi Online Shop

Setelah membuat akun online shop dan menyesuaikannya dengan beberapa poin diatas, jangan lupa untuk melengkapi seluruh informasi yang dapat mewakili produk yang akan dijual. Untuk memudahkan calon pelanggan dalam mengetahui online shop, tampilkan informasi secara jelas dan mendetail seperti jenis produk, harga produk dan juga informasi lain yang dibutuhkan.

Cantumkan Alamat

Alamat adalah salah satu identitas yang wajib dicantumkan. Dengan mencantumkan sebuah alamat, seorang pelanggan akan mengetahui dari mana asal barang yang akan ia beli. Ini akan menjadi hal yang penting karena bisa digunakan sebagai alat untuk memperkirakan besarnya ongkos pengiriman barang ke tujuan. Maka dari itu, cantumkanlah alamat pada informasi akun online shop.

Cantumkan Kontak

Selain alamat, hal yang lebih penting untuk dicantumkan adalah kontak. Kontak berfungsi sebagai alternatif media komunikasi dari para pelanggan kepada penjual. Kontak yang digunakan bisa berupa nomor telepon, whatsapp, kontak bbm, line dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan. Disarankan untuk menyediakan beberapa kontak agar mempermudah calon pelanggan dalam menghubungi penjual.

Gambar Profil Yang Menarik

Selain nama, hal lain apa yang akan pertama kali dilihat oleh orang lain pada sebuah akun instagram? Yang jelas adalah gambar profil. Untuk mendukung kualitas akun online shop, sangat dianjurkan untuk menggunakan gambar profil yang menarik. Sebisa mungkin gambar tersebut dapat mewakili dan merepresentasikan isi dari produk online shop yang akan dijual. Gambar profil yang menarik juga dapat memancing minat konsumen untuk mengunjungi.

Penutup
Membuka online shop di instagram adalah salah satu pilihan yang tepat bagi seorang penjual online. Dengan memperhatikan 7 tips membuat akun online shop di instagram seperti yang sudah disebutkan diatas, diharapkan seorang pedagang online dapat memperoleh hasil yang maksimal dalam berjualan. Membuat akun online shop di instagram adalah salah satu proses dalam usaha, maka dari itu sebisa mungkin dilakukan dengan baik.

Simak! 7 Tips Membuat Akun Online Shop Di Instagram