10 Cara Aman Belanja Online di Instagram

Melakukan Belanja online tidak hanya dilakukan di marketplace seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia dan Lazada saja. Ketika tidak menemukan barang yang akan dibeli pada tempat tersebut, kita dapat membeli barang di toko-toko online yang ada di sosial media salah satunya instagram. Meskipun proses transaksi dilakukan secara langsung, namun akan tetap aman jika dilaksanakan dengan cara-cara yang benar.

Angka pertumbuhan online shop di instagram sangat pesat seiring dengan bertambahnya jumlah pengguna. Akibatnya, jumlah transaksi jual beli di media sosial berlogo kamera ini pun juga semakin ramai. Persaingan harga dan produk yang kompetitif, membuat banyak orang tergiur untuk memilih belanja di instagram. Namun banyak juga diantara pembeli yang selalu waspada mengingat banyaknya penipuan yang berkedok online shop.

Cara Aman Belanja Online di Instagram

 10 Cara Aman Belanja Online di Instagram


Keamanan transaksi adalah isu yang paling sering dikhawatirkan oleh banyak orang. Maraknya akun palsu yang tersebar di instagram dengan kedok toko online membuat pembeli resah. Akan tetapi tidak semua akun online shop disana membahayakan, justru mayoritas adalah toko online yang profesional. Tinggal bagaimana kita sebagai pembeli, jeli terhadap keberadaan akun-akun palsu. Untuk melakukan belanja online dengan aman di instagram, cermati 10 cara berikut ini.

Cermati Testimoni

Sebelum melakukan transaksi terhadap sebuah online shop, coba perhatikan beberapa testimoni dari pelanggan lain. Jika pada akun tidak terdapat testimoni, cobalah untuk meminta kepada pengelolanya. Online shop terpercaya biasanya memiliki banyak testimoni dari berbagai pelanggan yang pernah melakukan transaksi. Testimoni yang di unggah biasanya berupa capture atau tangkapan layar yang berisi chat dan percakapan transaksi mulai dari pembayaran ke penjual sampai penerimaan barang  kepada konsumen.

Baca-baca Komentar

Selain testimoni yang ditayangkan oleh pengelola online shop, kita dapat menggunakan komentar para konsumen lain pada konten-konten yang tersedia di akun terseburt. Cermatilah tanggapan dan ulasan mereka sebagai bahan pertimbangan terhadap online shop tersebut. Komentar dari sesama konsumen lebih valid karena itu merupakan ungkapan mereka secara langsung yang kemungkinan besar tidak dapat dimanipulasi.

Baca Juga:
  1. 7 Hal Yang Memudahkan Dan Disukai Pembeli Online Shop Dalam Transaksi
  2. Cara Transfer Uang/Bayar Online Tanpa Menggunakan ATM
  3. 10 Tips Belanja Hemat Supaya Tidak Boros

Jika banyak komentar positif daripada konsumen berarti online shop tersebut  bisa dipercaya dan kemungkinan besar aman untuk melakukan jual beli. Namun sebaliknya, jika banyak nada-nada negatif yang terlontar dari para konsumen, kita harus ekstra waspada karena bisa jadi toko tersebut memiliki track record buruk dalam berjualan. Demi alasan keamanan, lebih baik tinggalkan saja.

Lihat Reputasi Akun

Sebuah akun online shop di instagram yang memiliki reputasi bagus baik itu dalam segi transaksi dan pelayanan akan memiliki banyak pengikut. Selain itu, mereka juga banyak menampilkan berbagai macam testimoni hasil transaksi di akun yang mereka kelola. Reputasi dari akun online shop juga bisa dilihat dari banyaknya pembeli yang mereka layani, semakin banyak orang yang membeli barang pada online shop tersebut, maka semakin baik pula reputasinya. Biasanya ketika melakukan transaksi dengan yang memiliki reputasi bagus, transaksi akan berjalan lama karena kita harus mengantri.

Perhatikan Profil Akun

Untuk meyakinkan terhadap pilihan akun online shop yang sudah dipilih. Coba melakukan kroscek terhadap biodata yang tertera pada profil akun tersebut. Cermati berbagai macam identias yang ada seperti alamat, pemilik, nama rekening dan lain sebagainya. Gunakan berbagai macam tanda pengenal  tersebut sebagai pedoman apakah online shop tersebut benar-benar berjualan atau hanya akan melakukan penipuan. Jika ada deskripsi yang mencurigakan, sebaiknya urungkan niat untuk melakukan transaksi sebelum menjadi korban.

Lihat Follower

Untuk menambah keyakinan, anda dapat melakukan tinjauan lebih dalam terhadap pengikut dari akun online shop tersebut. Jangan mudah percaya dengan banyaknya pengikut yang ada. Namun untuk berjaga-jaga sebaiknya lakukan beberapa pengecekan terhadap pengikut akun tersebut merupakan pengguna organik atau bukan. Terkadang banyak juga akun penipu dengan pengikut berjumlah banyak demi meyakinkan orang. Pengguna organik maksudnya adalah akun asli dari seorang pengguna instagram.

Cermati Konten Yang Diunggah

Salah satu indikator yang dapat dijadikan acuan untuk membedakan akun online shop asli dengan yang palsu adalah dengan mencermati konten yang diunggah pada galerinya. Konten-konten akun online shop asli biasanya tidak hanya berupa gambar model saja, namun juga ada konten berupa video ulasan dan juga gambar/foto asli dari barang yang dijual. Hal ini menandakan bahwa konten yang di unggah bukan konten yang asal dicomot dari tempat lain.

Perhatikan Cara Promosi

Cara promosi yang dilakukan oleh akun online shop di instagram bentuknya ada berbagai macam. Coba untuk lebih teliti terhadap strategi pemasaran suatu online shop. Jika ada promosi yang tidak wajar seperti harga yang terlalu miring, bonus-bonus tidak masuk akal, bahkan sampai hadiah yang mencolok sangat perlu diwaspadai. Kebanyakan penipu melakukan hal itu untuk membuat orang terlena. Alih-alih ingin belanja, kita malah menanggung kerugian akibat dari penipuan.

Teliti Sebelum Membeli

Telitilah barang yang anda beli dengan sangat cermat. Berbelanja online berbeda dengan belanja konvensional dimana kita dapat melihat dan memegang barang secara langsung. Oleh sebab itu, teliti barang incaran dengan mengetahui beberapa hal seperti bahan, warna, ukuran dan kualitasnya. Jangan segan untuk sekedar bertanya kepada penjual supaya yakin bahwa barang tersebut sesuai dengan yang kita inginkan.

Membandingkan Harga
Untuk mendapatkan harga terbaik, bandingkan lah harga produk yang sama dan sejenis dengan beberapa toko yang berbeda. Setiap toko memiliki harga sendiri, mereka saling bersaing secara kompetitif untuk mendapatkan banyak pembeli sehingga setiap toko memiliki harga yang berbeda. Hal ini dapat kita manfaatkan untuk membandingkan harga agar mendapatkan yang semurah mungkin.

Sistem Pembayaran Mudah

Dalam belanja online, seluruh transaksinya dilakukan dengan sistem online termasuk juga cara pembayarannya. Agar transaksi berjalan dengan aman, carilah online shop yang menyediakan sistem pembayaran yang mudah dan tidak berbelit. Satu ha yang juga dapat memudahkan pembeli dalam membayar adalah pilihan rekening. Semakin banyak pilihan rekening yang tersedia, maka akan semakin memudahkan pembeli karena dapat disesuaikan dengan bank yang ia gunakan.

Penutup
Rata-rata pembeli yang tertipu adalah mereka yang mudah tergiur dan cenderung ceroboh dalam memilih online shop. Akibatnya, mereka harus menanggung kerugiannya sendiri. Untuk menghindarkan diri dari penipuan online shop yang bersifat merugikan, 10 cara aman belanja online di instagram diatas dapat dijadikan sebagai pedoman dalam transaksi jual beli. Jika sudah tau tekniknya, tidak perlu takut lagi untuk melakukan pembelian secara online di media sosial. Belanja di instagram adalah hal yang aman asalkan selektif dalam memilih online shop. Selamat berbelanja.

10 Cara Aman Belanja Online di Instagram