7 Hal Yang Disukai Pembeli Online Shop Dalam Transaksi

Kemudahan dalam proses transaksi jual beli sangat diutamakan. Begitu juga dengan proses transaksi pada online shop. Transaksi yang gampang sangat disukai oleh para kosumen karena memudahkan mereka dalam berbelanja. Pelanggan yang berbelanja online akan lebih suka memilih toko  yang memudahkan mereka ketimbang yang rumit dan prosesnya panjang.

Gambar 7 Hal Yang Disukai Pembeli Online Shop Dalam Transaksi


Faktanya, dalam melayani proses jual beli masih banyak penjual yang memperumit proses transaksi sehingga menyebabkan pembeli kapok dan tidak mau berbelanja ditempatnya lagi. Oleh karena itu, toko online wajib menyediakan berbagai macam fasilitas yang dapat memudahkan pembeli dalam proses trasaksi. Ini merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi minat pembeli pada online shop tersebut.

7 Hal Yang Disukai Pembeli Online Shop Dalam Transaksi

Sangat penting sekali mengetahui apa yang membuat konsumen nyaman saat berbelanja secara online untuk diterapkan pada sistem pelayanan transaksi agar lebih disukai oleh para pembeli. Sistem pelayanan yang buruk dapat mengakibatkan penurunan penjualan karena tidak adanya pelanggan. Jika tidak segera dilakukan perbaikan, maka kemungkinan online shop akan bangkrit juga semakin tinggi. Sebabagai pedagang yang baik, ketahuilah 7 hal yang memudahkan dan disukai pembeli online shop dalam transaksi berikut ini.

Bayar Ditempat

Fasilitas membayar ditempat atau dikenal dengan istilah cash on delivery adalah salah satu hal yang sangat disukai oleh pembeli. Dengan fitur ini pembeli merasa aman dalam transaksi dan tidak takut akan penimpuan yang dilakukan oleh penjual karena pembayaran dilaksanakanan ketika barang sudah ada didepan mata. Alasan lain para pembeli lebih suka dengan fitur bayar ditempat adalah mereka tidak perlu repot-repot ke ATM atau bank terdekat bagi mereka yang tidak memakai M-banking.

Respon Cepat

Komunikasi adalah salah satu bagian dari transaksi online. Termasuk pelayanan yang dilakukan dalam proses jual beli juga menggunakan sistem online. Salah satu indikator baiknya pelayanan dari sebuah online shop adalah tanggapan yang cepat ketika konsumen menghubungi. Respon yang cepat dari penjual saat berkomunikasi sangat disukai oleh pembeli karena mereka tidak perlu menunggu dan membuang-buang waktu.

Pelayanan Ramah

Selain respon yang cepat, salah satu penyebab kenapa online shop disukai oleh banyak pembeli adalah karena pelayanan yang dilakukan sangat ramah terhadap para konsumennya. Sistem pelayanan yang ramah dapat membuat konsumen betah dalam transaksi karena dianggap dihargai sehingga timbul rasa nyaman. Pelayanan ramah tidak hanya pada saat proses jual beli saja, namun ketika ada konsumen yang tertarik dan ingin mengajukan beberapa pertanyaan, penjual juga wajib melayaninya dengan ramah.

Proses Cepat

Ketika berbelanja secara online, pembeli tidak pernah mengetahui seberapa panjang tahapan proses barang yang mereka beli. Yang mereka tahu adalah bagaimana barang tersebut bisa sampai ditangan dengan cepat. Yang pasti, setiap pembeli selalu ingin barangnya bisa cepat sampai di tangannya.

Baca Juga:
  1. Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pebisnis Pemula Dalam Memulai Usaha 
  2. 5 Tips Menarik Hati Konsumen Agar Menyukai Online Shop Kita 
  3. Cara Promosi Berjualan di Facebook Dengan Tepat dan Efektif

Dalam beberapa kasus ada banyak toko online yang suka mengulur waktu pengiriman ketika barang sudah dibayar oleh konsumen. Seharusnya, sesaat setelah barang dibayar hendaknya segera dproses untuk dikirim pada hari itu juga. Kecepatan pemrosesan barang adalah salah satu hal yang disukai pembeli dalam transaksi karena semakin cepat prosesnya, maka barang juga akan cepat sampai.

Pengemasan Yang Baik

Pengemasan salah satu proses yang harus dilakukan oleh penjual ketika sebuah barang sudah terjual dan akan dikirim kepada pembeli. Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk mengemas barang sebelum dikirim. Pengemasan dilakukan sesuai dengan jenis barang dan sifat barang itu sendiri.

Untuk menghindari kerusakan yang bisa terjadi pada saat shipping, maka barang harus dikemas dengan aman. Pengemasan yang baik akan membuat barang yang dikirim sampai dengan selamat. Konsumen tidak akan pernah suka ketika mendapati brang yang dibelinya rusak setelah melalui roses pengiriman. Ini dapat menjadi satu traumatik yang dapat membuat mereka tidak mau berbelanja di online shop itu lagi.

Banyak Pilihan Rekening

Setiap pembeli bertempat tinggal di daerah yang berbeda-beda dan yang pasti mengguanakan jasa dari bank yang berbeda-beda pula. Ketika sebuah online shop hanya menggunakan satu bank saja untuk sistem pembayaran, maka bagi konsumen yang menggunakan bank berbeda akan merasa terbebani dengan biaya administrasi tambahan.

Konsumen lebih suka pada online shop yang meyediakan banyak pilihan rekening dari beberapa bank yang berbeda. Dengan banyaknya pilihan, mereka dapat menyesuaikan pembayaran dengan menggunakan bank yang sama sehingga tidak terkena biaya administrasi tambahan.

Banyak Pilihan Jasa Pengiriman

Pengiriman barang adalah tahap terakhir dari panjangnya proses transaksi jual beli online. Ada banyak sekali jasa pengiriman barang yang mampu mengantarkan barang ke berbagai daerah yang ada di Indonesia. Setiap konsumen berasal dari daerah yang berbeda-beda dan di setiap daerah pelayanan yang diberikan oleh setiap jasa pengiriman juga berbeda-beda.

Menyediakan banyak pilihan jasa pengiriman kepada konsumen adalah salah satu hal yang disukai pembeli dari sebuah online shop. Dengan banyaknya pilihan jasa pengiriman yang dapat digunakan, pembeli dapat menentukan sendiri jasa mana yang memiliki pelayan trbaik hingga sampai di daerahnya.

Penutup
Dengan mempelajari berbagai macam kebutuhan dan kemauan konsumen diatas, maka online shop dapat menjaring lebih banyak lagi pembeli yang akan berdampak baik pada peningkatan penjualan. Memahami banyak hal yang memudahkan dan disukai pembeli online shop dalam transaksi dapat dijadikan sebagai strategi dan trik pelayanan supaya para pembeli betah dan mau berlangganan kepada toko online kita.

Selain promosi, baiknya sistem pelayanan adalah kunci kedua yang dapat digunakan sebagai cara untuk menarik pembeli. Konsumen yang mendapat pengalaman baik ketika berbelanja biasanya akan menceritakan kepada orang-orang terdekatnya. Kesempatan promosi mulu ke mulut dari konsumen inilah yang harus kita ambil untuk memperluas jaringan pasar. Cerita dari mulut kemulut para konsumen terbukti sangat efektif untuk pemasaran karena lebih dipercaya.

7 Hal Yang Disukai Pembeli Online Shop Dalam Transaksi