Baterai Laptop Cepat Habis Padahal Masih Baru? Ini Penyebabnya

Baterai laptop yang masih baru biasanya memiliki performa sangat bagus. Hal ini disebabkan oleh sel-sel baterai yang kondisinya masih sangat baik. Lalu apa jadinya jika baterai laptop cepat habis padahal masih baru? Masalah ternyata dialami oleh beberapa pengguna laptop dengan kondisi masih sangat baru. Apakah anda juga merupakan salah satu diantaranya?

Khususnya untuk perangkat laptop, baterai menjadi salah satu komponen utama yang menjadi satu-satunya sumber energi. Para pemilik laptop menganggap bahwa baterai baru memiliki kinerja yang baik yaitu akan tidak cepat habis saat dipakai. Namun anggapan ini salah, ada beberapa kasus tertentu yang membuat baterai laptop cepat habis padalah masih baru.

Baterai Laptop Cepat Habis Padahal Masih Baru? Ini Penyebabnya

Kinerja baterai laptop baru yang tidak seusai harapan seperti cepat habis saat dipakai memang cukup mengecewakan. Akibatnya, pengguna laptop harus sering melakukan pengisian daya yang semakin membuat aktivitas jadi terganggu. Terlebih jika penggunaannya di tempat tertentu yang tidak ada sumber listriknya. Kondisi ini sangat membuat tidak nyaman.

Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis Padahal Masih Baru

Pernah mengalamai baterai laptop cepat habis padahal masih baru? Ternyata masalah ini disebabkan oleh kondisi-kondisi tertentu. Sebagai pengguna laptop yang bijak, sebaiknya anda pahami dulu masalah ini. Anda juga bisa berkonsultasi dengan pihak penjual untuk klaim garansi. Namun yang pasti, inilah beberpa penyebab baterai laptop cepat habis padahal masih baru.

Adanya Cacat Produksi

Seperti yang kita kethui bahwa bateri laptop adalah komponen elektronik buatan manusia. Terlebih cara produksinya yang masal turut meningkatkan resiko cacat produksi di beberapa produk. Menciptakan produk masal secara sempurna adalah hal mustahil. Termasuk baterai laptop yang cepat habis mungkin disebabkan adanya cacat produksi.

Cacat produksi sebenarnya adalah hal wajar di dunia perindustrian. Termasuk pada pembuatan baterai laptop juga. Bisa terjadi kemungkinan bahwa baterai laptop yang cacat produksi sehingga menyebabkan cepat habis tersebut bisa diterima konsumen karena terlewat ketika proses quality control. Beberapa barang cacat produksi adalah hal wajar terlebih pada barang elektronik.

Kapasitas Baterai Yang Memang Rendah

Hal lain yang perlu anda ketahui sehingga membuat baterai laptop cepat habis padahal kondisinya masih baru adalah kapasitas baterai itu sendiri yang memanf rendah. Beberapa laptop memiliki baterai yang kapasitasnya tidak terlalu besar sendangkan daya yang diperlukan cukup besar. Jika hal ini terjadi, sudah pasti baterai laptop akan terasa cepat habis saat digunakan.

Kapasitas baterai itu sendiri biasanya sudah disuaikan dengan daya yang dibutuhkan oleh laptop. Namun pada desain tertentu, kapasitas baterai sengaja dibuat lebih kecil karena ukuran baterainya juga cukup kecil. Beberapa desainer mengejar rancangan laptop yang semakin tipis hingga mengorbankan ukuran baterai yang berdampak pada turunnya kapasitas energi.

Mode Penghemat Daya Tidak Aktif

Saat pertama kali laptop dibeli, biasanya ada beberapa pengaturan yang bawaan yang perlu diatur ulang. Salah satu diantaranya adalah mode penghemat daya yang belum aktif saat kabel charger tidak terhubung. Mode penghemat daya cukup berperan besar dalam menjaga daya baterai agar tidak cepat habis 

Meski baterai laptop berkapasitas kecil, namun jika mode penghemat daya diatur dengan baik, maka masa hidup laptop itu sendiri menjadi semakin lebih panjang. Oleh karena itu cobalah untuk meninjau apakah mode hemat daya sudah aktif atau belum. Jika belum, segera lakukan pengaturan ulang. Ini sangat membantu laptop mengurangi penggunaan daya yang berlebihan.

Penggunaan Laptop Secara Berlebihan

Coba ingat kembali apakah anda menghunakan laptop secara wajar atau tidak. Salah satu sebab kenapa baterai laptop cepat habis pedahal masih batu adalah penggunaan secara berlebih. Menjalankan aplikasi berat yang tidak sesuai spesifikasi dan penggunaan beberapa aplikasi sekaligus dalam waktu lama termasuk dalam kategori berlebihan.
Agar baterai laptop tidak cepat habis seharusnya gunakan secara wajar dengan menjalankan aplikasi-aplikasi yang sedang dibutuhkan saja. Selan membantu baterai agar tetap awet, hal ini juga turut membuat hardware laptop tidak cepat rusak. Laptop yang masih baru sekalipun jika digunakan secara berlebihan pasti baterainya akan cepat habis.

Kinerja Baterai Belum Maksimal

Tahukah anda bahwa kerja maksimal sebuah baterai pada gadget terjadi setelah pemakaian ketiga hingga kelima. Saat-saat inilah baterai laptop mulai stabil sehingga performanya jadi lebih baik. Sebaiknya jangan mengukur apalagi mengambil kesimpulan bahwa baterai laptop cepat habis saat masih baru satu dua kali dipakai.

Sebaiknya anda tunggu hingga beberapa kali pakaian selama beberapa hari untuk bisa menarik kesimpulan apakah baterai laptop yang masih baru tersebut cepat habis atau tidak. Jika iya, anda masih memiliki waktu yang cukup untuk konsultasi dengan penjual jika ingin klaim garansi. Biasanya laptop akan diganti dengan yang baru meski hanya baterainya yang bermasalah.

Penutup

Itulah lima penjelasan mengenai penyebab baterai laptop cepat habis padahal masih baru. Ketika anda mengalami masalah ini jangan panik dulu. Karena masih baru, lebih baii dibawa ke penjual untuk ditanyakan dan juga klaim garansi. Maslah seperti ini memang bisa saja ditemui. Pada dasarnya laptop adalah barang elektronik yang diproduksi masal. Jika ada ketidak sempurnaan itu bisa jadi hal yang wajar.

Baterai Laptop Cepat Habis Padahal Masih Baru? Ini Penyebabnya