Apa Saja Sih Fitur-fitur WhatsApp Bisnis Itu? Yuk Cari Tahu

Saat ini dunia digital tidak bisa terpisahkan dari kehidupan manusia, termasuk cara berkomunikasi tentunya. Munculnya smartphone mampu mengubah segalanya termasuk cara berinteraksi. Sesorang dapat melakukan obrolan dengan orang lain dalam satu waktu hanya dengan menggunakan aplikasi, salah satunya adala WA atau WhatsApp. Aplikasi WhatsApp sendiri saat ini sudah digunakan oleh jutaan orang karena fitur-fiturnya yang memungkinkan orang berkomunikasi via teks, suara, atau video secara real time.

Setelah sukses menggaet para pengguna smartphone, kini pihak WhatsApp terus melakukan penyempurnaan terhadap fitur-fiturnya agar lebih baik. Salah satu terobosan yang paling fenomenal adalah dengan diluncurkannya WhatsApp Business. Aplikasi yang dirancang khusus untuk para pelaku usaha ini datang dengan segudang fitur yang tentu saja sangat mendukung berbagai kegiatan bisnis. Jika anda juga salah satu orang yang menekuni dunia usaha, aplikasi yang satu ini patut anda coba.

Apa Saja Sih Fitur-fitur WhatsApp Bisnis Itu? Yuk Cari Tahu

WhatsApp Bisnis sendiri akan sangat cocok bila digunakan oleh perusahaan sebagai contact center dimana konsumen dapat berkomunikasi langsung untuk menyampaikan berbagai aspirasi. Selain itu, fitur-fitur WhatsApp Bisnis juga bermanfaat untuk mereka yang memiliki toko online sebagai pusat pemesanan produk atau tanya jawab. Saat ini, hampir semua bisnis berbasis online memakai WhatsApp Business sebagai kontak utama mereka.

Inilah Fitur-Fitur WhatsApp Bisnis Yang Harus Anda Ketahui

Apakah anda seorang pelaku usaha berbasis online maupun offline? Sudahkah anda mencoba menggunakan WhatsApp Business? Jika belum dan tidak pernah sama sekali, maka anda baru saja melewatkan sebuah aplikasi yang begitu hebat untuk komuniksi bisnis anda. Berbagai fasilitas yang disediakan akan sangat bermanfaat untuk menunjang kegiatan usaha. Lalu apa saja fitur-fitur WhatsApp bisnis itu? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Profil Bisnis Untuk Usaha Anda

Fitur utama pada WhatsApp Bisnis tentunya adalah profil bisnis untuk usaha anda tersebut. Adanya fitur yang memungkinkan anda memiki profil bisnis di WhatsApp membuat usaha anda lebih terlihat porfesional dan nampak meyakinkan. Didalam profil bisnis ini, anda dapat mencanrumkan nama bisnis anda dan kategori bisnis yang dapat memberikan informasi kepada konsumen tekait usaha anda.

Selain itu, fitur lain yang ada pada WhatsApp bisnis ini yaitu adanya informasi jam kerja mulai waktu buka sampai waktu tutup. Anda dapat mengatur sendiri termasuk mengubah dan menambah jam buka/tutup sesuai dengan jam kerja sesuai peraturan perusahaan. Terlebih lagi, anda juga dapat memberikan deskripsi singkat tentang usaha anda sebagai informasi tambahan kepada konsumen dan juga mencantumkan kontak berupa alamat email, website atau nomor telepon.

2. Alamat Bisnis Lengkap Dengan Petanya

Selain beberpa fasilitas yang sudah disebutkan pada poin pertama, ada satu fitur WhatsApp bisnis yang lebih menarik yaitu adanya alamat bisnis lengkap dengan petanya. Letak fitur ini masih menjadi satu dengan profil bisnis, namun manfaatnya mungkin akan sangat dirasakan oleh konsumen anda. Dengan mengisi alamat dan titip peta yang benar, konsumen anda akan dengan mudah menemukan letak bisnis via petunjuk arah pada Google Maps.

3 Fitur Pesan Otomatis Diluar Jam Kerja

Mulai pada poin ini, kita akan membahas fitur yang manfaatnya akan sangat dirasakan oleh pelaku usaha itu sendiri, yaitu fitur perpesanan. Disini anda dapat mengatur yang namanya fitur kirim pesan diluar jam kerja. Fasilitas ini memungkinkan anda memberitahu konsumen bahwa toko/perusahaan sudah tutup pada saat konsumen mengirim pesan diluar jam kerja. Pesan pemberitahuan ini akan dikirim otomatis ke konsumen tanpa anda harus membalasnya secara manual.

4. Fitur Pesan Salam Otomatis

Fitur perpesanan otomatis selanjutnya adalah pesan salam otomatis yang bisa anda atur untuk digunakan atau tidak. Fasilitas ini memungkinkan anda mengirim pesan sapaan kepada konsumen yang baru pertama kali menghubungi atau yang sudah tidak aktif selama lebih dari 14 hari. Isi dari pesan salam ini dapat anda ubah dan atur sendiri isinya sesuai dengan yang dikehendaki.

5. Fitur Balas Cepat

Terkadang kita butuh template pesan berisi kalimat tertentu yang kapan saja bisa kita kirim untuk membalas chat konsumen secara cepat. Fasilitas ini ternyata juga bisa kita dapatkan di fitur WhatsApp Bisnis. Fitur ini sangat berguna ketika ada banyak konsumen yang mengirim pesan sedangkan inti dari pesan tersebut jawabannya hampir sama. Maka kita dapat memakai fasilitas ini tanpa harus mengetik berulang kali untuk membalas pesan konsumen.

6. Ada Data Statistik

Keunggulan lain dari WhatsApp Bisnis yang tidak ada pada WhatsApp biasa adalah adanya data statistik yang memungkinkan anda untuk melihat laporan jumlah pesan terkirim, pesan tersampaikan, pesan dibaca dan juga pesan diterima. Dengan adanya statistik seperti ini, anda dapat membuat laporan bulanan tekait konsumen yang suatu saat bisa digunakan sebagai bahan evaluasi. Meski data statistik yang ada di WhatsApp Bisnis ini sederhana, namun cukup membantu.

7. Verifikasi Akun Bisnis

Terakhir, manfaat yang bisa anda dapatkan jika menggunakan WhatsApp Bisnis adalah adanya tanda centang yang menandakan bahwa bisnis anda terverifikasi. Tidak dapat kita ketahui secara pasti apa yang menjadi acuan pihak WhatsApp untuk melakukan verifikasi. Yang jelas, asal nama bisnis dan alamat anda banyak diekanal, maka anda akan mendapatkan lencana tersebut. Fitur ini pasti akan menambah kepercayaan konsumen terhadap bisnis anda.

Penutup

Itulah beberapa fitur-fitur pada WhatsApp Business yang perlu anda ketahui. Jika anda adalah seorang pelaku usaha yang melibatkan aplikasi WhatsApp pada bisnis, cobalah untuk mengganti WhatsApp biasa menjadi WhatsApp Bisnis. Beberapa fitur yang sudah disebutkan diatas hampir semuanya tidak ada di aplikasi WhatsApp biasa. Dengan adanya fitur-fitur WhatsApp Bisnis diatas, akan sangat membantu kegiatan bisnis dan juga membuat usaha anda terlihat lebih profesional.

Apa Saja Sih Fitur-fitur WhatsApp Bisnis Itu? Yuk Cari Tahu