8 Tips Memilih dan Membeli Ikan Hias Yang Baik Untuk Dipelihara

Ada banyak sekali jenis hewan peliharaan yang bisa kita pilih untuk dipelihara di rumah. Salah satu jenis hewan yang bisa kita pilih karena perawatannya yang relatif mudah adalah ikan hias. Namun kita tetap harus jeli saat memilih dan membeli ikan hias untuk dipelihara. Memilih ikan hias yang baik akan membuat masa hidup jadi lebih lama sehingga tidak gampang mati. Pasti anda tidak mau kan jika ikan hias yang baru saja dibeli kemudian mati begitu saja.

Kesalahan dalam memilih dan membeli ikan hias yang baik untuk dipelihara biasanya banyak dialami oleh mereka yang masih awam. Bagi orang yang tidak paham, semua ikan hias yang ada di tempat penjual ikan akan terlihat sama saja. Kebanyakan orang hanya memperhatikan corak dan warnanya saja sebagai pertimbangan saat membeli ikan hias. Padahal ada banyak hal-hal lain yang perlu dicermati saat memilih dan membeli ikan hias.

Memilih dan Membeli Ikan Hias Yang Baik Untuk Dipelihara

Kebanyakan orang yang memelihara ikan hias mengeluhkan jika peliharaan mereka yang baru dibeli cepat mati dan tidak bisa hidup lama. Hal ini bisa disebabkan oleh cara kita dalam memilih dan menyeleksi ikan hias saat membeli yang tidak benar atau hanya asal-asalan saja. Meskipun lingkungan tepat hidup ikan hias tersebut juga ikut berpengaruh, namun kondisi ikan hias itu sendiri juga sangat menentukan kelangsungan hidupnya.

Lakukan 8 Cara Ini Saat Memilih dan Membeli Ikan Hias Yang baik

Sebisa mungkin saat membeli ikan hias untuk dipelihara jangan hanya memperhatikan corak dan warnanya saja seperti yang kita sukai. Namun disisi lain perhatikan kondisi fisik dan kesehatan ikan hias tersebut saat masih berada di tempat penjual ikan hias supaya anda tidak kecewa setelah membelinya. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memilih dan membeli ikan hias yang baik untuk dipelihara.

Pilih Ikan Hias Yang Bergerak Lincah

Ciri ikan hias yang memiliki kondisi fisik sehat adalah pergerakannya yang sangat lincah. Gerakan lincah dari ikan hias tersebut dapat kita amati dan gerak renangnya yang kesana kemari seakan tidak mau berhenti. Bahkan ketika akan ditangkap si ikan hias ini akan selalu berusaha melepaskan diri. Usahakan untuk memilih ikan hias yang memiliki kondisi seperti ini. Biasanya ikan hias yang bergerak lincah seperti ini sangat sehat dan baik untuk dipelihara.

Hindari Memilih Ikan Hias Yang Pasif

Ditempat penjual ikan hias, biasanya satu jenis yang sama akan ditempatkan pada akuarium atau kolam yang sama pula. Dari sekian banyak ikan hias yang ada pada satu wadah tersebut pasti ada ikan-ikan yang pasif dan suka berdiam diri ditepi wadah. Ikan hias yang seperti ini biasanya tidak sehat sehingga memiliki umur yang lebih pendek. Usahakan untuk tidak memilih dan membeli ikan hias yang memiliki kondisi seperti ini.

Ikan Hias Memiliki Nafsu Makan Yang Baik

Nafsu makan ikan menjadi hal terpenting yang harus dicermati saat memilih dan membeli ikan hias. Biasanya ikan yang sangat sehat akan memiliki nafsu makan baik. Hal ini dapat kita lihat dari cara ikan hias yang makan dengan lahap saat diberi pakan. Selain itu ikan hias yang sehat juga makan dengan jumlah yang cukup banyak. Seakan-akan mereka tidak pernah merasa kenyang. Ikan hias yang seperti ini sangat cocok untuk dipilih dan dibeli.

Ikan Hias Memiliki Corak dan Warna Yang Terang

Tubuh ikan hias yang sehat biasanya juga ditandai dengan corak dan warna yang lebih terang. Rata-rata ikan yang sakit atau memiliki gangguan kesehatan akan cenderung berwarna lebih pucat. Ikan hias kebanyakan memang memiliki corak dan warna yang terang. Jika corak dan warna tersebut terlihat lebih gelap maka kesehatan ikan patut dicurigai. Untuk itu pilihlah ikan hias yang corak dan warnanya terang.

Mata Ikan Hias Bersih dan Bening

Kondisi kesehatan ikan hias juga bisa kita lihat dari matanya. Biasanya ikan yang sehat akan memiliki mata yang cenderung bening bersinar dan terlihat jernih. Sebaliknya, ikan yang sakit, matanya akan terlihat lebih buram seperti ada kabut didalamnya. Oleh karena itu, perhatikan secara jeli mata ikan yang anda pilih. Jika ada tanda-tanda pada mata yang tidak sehat, sebaiknya jangan dibeli.

Baca Juga:
  1. Cara Menjaga Kaca Akuarium Agar Tetap Bening dan Jernih
  2. Cara Merawat Ikan Mas Koki di Akuarium Agar Tidak Cepat Mati 
  3. 8 Jenis Ikan Mas Koki Paling Populer Di Indonesia

Ikan Hias Tidak Memiliki Cacat Pada Fisiknya

Karena dibesarkan dan diternak pada satu kelompok, biasanya ikan hias ada yang memiliki cacat pada fisiknya yang disebabkan karena luka dari ikan hias lain. Cacat fisik pada ikan hias dapat menyebabkan luka yang bisa berpengaruh pada kesehatannya. Cacat fisik biasanya ada pada sirip, sisik, mata atau ekor ikan. Usahakan memilih dan membeli ikan hias yang baik tanpa adanya cacat pada fisiknya. Selain sehat, ikan hias yang tidak cacat akan terlihat lebih indah.

Badan Ikan Hias Sedikit Lebih Besar

Ikan hias yang baik untuk dipelihara harus memiliki tubuh yang baik. Tubuh ikan hias yang baik biasanya memiliki ukuran yang sedikit lebih besar. Ikan hias yang seperti ini biasanya memiliki pertumbuhan yang lebih baik dibanding ikan lainnya. Saat memilih dan membeli ikan hias sebaiknya perhatikan pula ukuran tubuhnya. Semakin besar perawakan ikan hias, maka semakin baik pula untuk dijadikan hewan peliharaan.

Tidak Terdapat Parasit Pada Ikan Hias

Hal terakhir yang sangat penting untuk diperhatikan adalah parasit. Seperti yang kita ketahui bahwa setiap hewan peliharaan termasuk ikan hias pasti memiliki parasit. Parasit pada ikan hias biasanya berwujud seperti kutu yang menempel pada sisiknya. Jika ada ikan hias yang memiliki parasit ditubuhnya maka usianya pasti tidak akan lama jika tidak segera diobati. Maka dari itu, usahakan untuk tidak memilih ikan yang berparasit.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa anda lalukan untuk memilih dan menyeleksi saat membeli ikan hias yang baik untuk dipelihara. Memilih ikan hias yang akan dijadikan hewan peliharaan memang susah-susah gampang. Asalkan kita lebih cermat dalam memperhatikan kondisi ikan hias tersebut, bukan tidak mungkin masa hidupnya jadi lebih lama dan tidak mudah mati. Ingat, kesehatan ikan hias yang akan anda beli lebih diutamakan daripada corak dan warnanya semata.

8 Tips Memilih dan Membeli Ikan Hias Yang Baik Untuk Dipelihara