Penyebab dan Cara Mengatasi Kaca Aquarium Cepat Berlumut

Memelihara hewan seperti ikan adalah salah satu hal yang menyenangkan. Selain berfungsi sebagai hiasan, ikan di aquarium juga dapat menghilangkan stress akibat aktivitas. Berbeda dengan memelihara hewan lain, agar kita dapat menikmati keindahan ikan, maka aquarium harus selalu tampak bersih. Berbicara mengenai kebersihan aquarium, ada satu masalah yang sering terjadi yaitu kaca aquarium cepat berlumut dan air cepat hijau. Tentu masalah ini akan membuat kita sulit menikmati suasana bawah air tersebut.

Penyebab dan Cara Mengatasi Kaca Aquarium Cepat Berlumut

Pada umumnya saat kaca aquarium cepat berlumut dan air cepat hijau, maka kamu perlu membersihkan dengan cara menyikat dan juga mengganti air agar tetap bersih. Namun bagaimana jika hal ini terjadi dalam waktu sering? Tentu hal ini akan lebih menguras waktu dan juga tenaga. Alih-alih ingin menghilangkan stress, yang ada justru kita akan menjadi lebih capek. Membuat aquarium selalu terlihat bersih cemerlang memang menjadi keinginan semua orang yang memelihara ikan hias di rumah.

Penyebab Kaca Aquarium Cepat Berlumut dan Air Cepat Hijau

Kaca aquarium yang cepat berlumt serta air yang cepat hijau adalah masalah pelik yang sangat mengganggu kenyamanan. Jika kaca sudah ditumbuhi lumut, maka air juga turut berwarna hijau yang disebabkan oleh pertumbuhan alga secara cepat. Akibatnya, seluruh isi yang ada didalam aquarium akan sulit terlihat serta keindahan ikan tidak dapat dinikmati. Sebelum membahas bagaimana cara mengatasinya, mari simak beberapa penyebabnya seperti berikut ini.

Filter Aquarium Yang Tidak Baik

Penyebab kaca aquarium cepat berlumut dan air cepat hijau yang pertama adalah filter. Keberadaan filter dalam aquarium sangat penting untuk menjaga kejernihan. Filter berfungsi menyaring segala macam kotoran baik itu dari feses ikan maupun dari sisa pakan yang tidak termakan. Filter akan memisahkan kotoran dan air yang bersih dialirkan lagi ke aquarium. Semakin tidak ada filter maka aquarium akan semakin cepat kotor karena kotoran tidak di proses dan tetap mengendap didasar aquarium.

Cahaya Aquarium Yang Berlebihan

Penyebab lain kenapa kaca aquarium cepat berlumut dan air cepat hijau adalah masalah cahaya. Cahaya yang masuk juga dapat menentukan cepat atau tidaknya aquarium kotor. Semakin terang cahaya dan semakin lama durasi hidupnya, maka akan membuat aquarium semakin cepat berlumut. Selain itu, cahaya juga dapat memicu ledakan alga yang membuat air jadi cepat hijau.

Terlalu Banyak Memberi Pakan

Tahukah kamu, bahwa sisa makanan yang tidak dimakan ikan akan membuat nutrisi dalam air menjadi semakin baik untuk pertumbuhan lumut dan alga. Hal ini akan membuat kaca aquarium cepat berlumut dan air cepat hijau. Pada dasarnya pakan ikan memiliki banyak nutrisi yang sangat baik untuk makhluk air termasuk lumut dan alga sehingga semakin tumbuh subur.

Terkena Sinar Matahari Langsung

Selanjutnya, adalah lokasi atau letak aquarium juga dapat menentukan pertumbuhan lumut serta alga. Aquarium yang diletakkan di dalam ruang akan berbeda kondisinya dengan aquarium yang ada diluar ruangan serta terkena sinar matahari langsung. Sinar matahari sangat baik untuk pertumbuhan alga serta lumut. Jika aquarium kamu terkena sinar matahari langsung, maka sudah bisa dipastikan akan cepat berlumut.

Tidak Ada Ikan Pemakan Lumut

Lumut adalah salah satu makanan bagi beberapa hewan air. Beberapa jenis ikan seperti sapu-sapu dan corydoras sangat suka makan lumut. Jika didalam aquarium kamu tidak ada salah satu hewan pemakan lumut, maka pertumbubannya tidak bisa dikendalikan sehingga menyebabkan kaca jadi cepat kotor.

Cara Mengatasi Kaca Aquarium Cepat Berlumut dan Air Cepat Hijau

Setelah mengetahui berbagai macam penyebab kaca aquarium cepat berlumut dan air cepat hijau seperti yang sudah dijelaskan diatas, kini saatnya kamu mulai mencari solusinya. Meski faktanya pertumbuhan lumut dan alga tidak pernah bisa dihentikan, namun paling tidak kamu masih bisa mengupayakan supaya pertumbuhannya jadi melambat sehingga aquarium kamu bisa terlihat bersih cemerlang dalam waktu lebih lama. Berikut ini beberapa cara mengatasinya.

Gunakan Sistem Filter Yang Baik

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan agar kondisi aqurium tetap jernih dan enak dipandang dalam waktu lama adalah dengan menggunakan sistem filter yang baik. Bagaimanakah sistem filter yang baik? Didalamnya terdapat kapas penyaring, biobal sebagai rumah bakteri pengurai, dan juga ada zeolit untuk menyerap zat berbahaya. Jika ingin hasilnya maksimal, silahkan gunakan canister filter. Apa itu? Coba deh cari di google dulu dan di pelajari. Jika sudaj paham silahkan dibeli ya.

Atur Penggunaan Cahaya Aquarium

Untuk mengontrol pertumbuhan lumut dan alga, silahkan atur dengan baik penggunaan cahaya di aquarium. Jangan memakai lampu yang terlalu terang dan juga waktu penggunaan cahaya jangan terlalu lama dalam sehari. Usahakan untuk menyalakan lampu aquarium tidak lebih dari 8 jam sehari agar terlihat natural seperti di alam. Matikan juga pada saat malam hari. Selain dapat mengurangi pertumbuhan lumut, juga akan baik bagi kesehatan ikan.

Baca Juga:
  1. 6 Penyebab Akuarium Kamu Cepat Keruh dan Kotor
  2. Cara Menjaga Kaca Akuarium Agar Tetap Bening dan Jernih
  3. Warna Ikan Mas Koki Pudar di Akuarium? Ini Penyebab dan Solusinya

Berikan Pakan Secukupnya

Overfeeding atau memberi pakan yang berlebihan adalah kebiasaan yang harus kamu tinggalkan. Selain sisa makan bisa membuat kaca aquarium cepat berlumut dan air cepat hijau, jika larut terlalu lama juga akan menimbulkan zat beracun yang bahaya bagi ikan. Oleh karena itu, berikan makanan sesuai dengan jumlah ikan dan juga ukurannya. Sekali memberi pakan harus habis dalam waktu kurang dari 15 menit. Silahkan dikira-kira sendiri saat memberi makan ikan.

Jauhkan Dari Sinar Matahari Langsung

Disini bukan berarti kamu tidak bisa meletakkan aquarium diluar ruangan, namun letaknya harus jauh dari matahari langsung. Sinar matahari sangat baik bagi biota air termasuk lumut dan alga yang akan membuat kaca aquarium cepat berlumut dan air cepat hijau. Jadi sebaiknya taruh aquarium didalam ruangan atau jika terpaksa ditaruh diluar ruangan, letakkan pada area yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Tambahkan Ikan Pemakan Lumut

Cara mengatasi kaca aquarium cepat berlumut dan air cepat hijau yang terakhir adalah menambahkan ikan pemakan lumut. Kamu bisa cari tahu di Google jenis-jenis ikan pemakan lumut tersebut. Berbagai jenis ikan pemakan lumut tersebut bisa kamu dapatkan di toko ikan hias terdekat. Beli beberapa yang kamu suka lalu masukkan didalam aquarium. Selain menambah koleksi jenis biota air, ikan pemakan lumut juga dapat membantumu mengendalikan pertumbuhan lumut dan alga.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi kaca aquarium cepat berlumut dan air cepat hijau. Cara diatas tidak semena-mena membuat aquarium selalu jernih, hanya saja membuat durasi kebersihannya menjadi lebih lama sehingga kamu tidak perlu sering-sering menguras. Selain beberapa penjelasan diatas, kunci jernihnya aquarium juga terletak pada penggantian air. Usahakan untuk rajin mengganti air minimal 50% dari jumlah keseluruhannya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Kaca Aquarium Cepat Berlumut