6 Penyebab Akuarium Kamu Cepat Keruh dan Kotor

Memelihara hewan yang disukai seperti halnya ikan di akuarium itu memang sangat asik. Selain bisa melatih tanggung jawab, memelihara hewan air juga dapat menghilangkan stress. Selain ikan, ada banyak hewan air yang bisa dipelihara di akuarium seperti udang hias, kura-kura air dan juga tanaman air. Semakin beragam makhluk hidup yang ada di akuarium, semakin cantik pemandangannya.

6 Penyebab Akuarium Kamu Cepat Keruh dan Kotor

Selain keberagaman ekosistem air yang ada di dalam akuarium, tingkat kejernihan air juga mempengaruhi keindahan dari sebuah akuarium itu sendiri. Semakin jernih dan terjaga air didalam akuarium, maka akan semakin menambah kecantikannya. Lalu bagaimanakah jika air didalam akuarium keruh dan kotor? Tentu seindah apapun makhluk yang ada didalamnya akan menjadi kurang menarik.

Kenapa Air Akuarium Cepat Keruh dan Kotor?

Air yang cepat keruh dan kotor adalah masalah klasik bagi pemilik akuarium. Hal ini dianggap sangat menjengkelkan mengingat keindahan dari sebuah akuarium ada pada kejernihannya. Terkadang meski air sudah diganti baru, namun baru selang beberapa hari sudah mulai nampak keruh dan kotor. Ada banyak hal yang menyebabkan masalah ini. Berikut ini adalah beberapa penyebab air akuarium jadi cepat keruh dan kotor.

Filter Akuarium Yang Tidak Memadai

Penyebab utama kenapa air di akuarium jadi cepat keruh dan kotor ada pada sistem filtrasi yang tidak memadai. Terlebih jika akuarium kamu malah tidak memiliki sistem filter sama sekali. Sudah bisa dipastikan air akan langsung keruh dan kotor selang beberapa jam saja. Keberadaan filter sangat penting, apalagi jika memakai sistem yang benar seperti kapas, bioball, zeolid dan lain-lain. Selain membuat jernih, filter yang baik akan membuat ekosistem akuarium jadi lebih sehat.

Populasi Ikan Yang Terlalu Padat

Penyebab lain kenapa air di akuarium cepat keruh dan kotor adalah populasi ikan yang terlalu padat. Semua makhluk hidup pasti membuang kotoran atau zat sisa dari apa yang ia makan, begitu juga ikan. Jadi semakin banyak ikan yang kamu pelihara di akuarium, maka akan semakin banyak pula kotoran yang dihasilkan. Jika tidak diimbangi dengan sistem filter yang baik, maka kotoran tidak bisa cepat terurai. Akibatnya, air dalam akuarium akan bercampur kotoran ikan yang membuatnya jadi keruh dan kotor.

Pemberian Pakan Yang Berlebihan

Masih berkaitan dengan dua poin diatas, pemberian pakan pada ikan yang terlalu berlebihan akan membuat air akuarium jadi cepat keruh dan kotor. Pemberian pakan yang berlebihan akan meningkatkan jumlah kotoran yang dihasilkan oleh ikan karena banyaknya makanan yang harus dicerna. Terkadang, jenis pakan tertentu juga membuat ari jadi cepat keruh dan kotor jika terlalu lama mengapung di air. Sebaiknya memberi makan ikan secukupnya saja yaitu dua kali sehari pada pagi dan sore.

Akuarium Terkena Sinar Matahari

Tahukah kamu bahwa sinar matahari ternyata juga bisa jadi penyebab kenapa akuarium jadi cepat keruh dan kotor. Semakin lama dan semakin sering sebuah akuarium terkena sinar matahari, maka resiko untuk kehilangan kejernihannya juga semakin tinggi. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan alga yang sangat cepat ketika mendapat sinar matahari. Akibatnya dinding kaca akuarium lebih cepat berjamur dan berkerak yang membuat air di akuarium terlihat keruh dan kotor.

Baca Juga:
  1. Cara Menjaga Kaca Akuarium Agar Tetap Bening dan Jernih
  2. Cara Merawat Ikan Mas Koki di Akuarium Agar Tidak Cepat Mati
  3. 8 Tips Memilih dan Membeli Ikan Hias Yang Baik Untuk Dipelihara


Pemilihan Jenis Ikan

Ternyata beberapa jenis ikan seperti ikan koki dan ikan mas dapat membuat akuarium jadi keruh lebih cepat jika tidak diimbangi dengan sistem filter yang baik. Kok bisa? Hal ini disebabkan oleh jenis ikan tersebut yang banyak mengeluarkan kotoran. Kotoran mereka terkadang lama terurai sehingga saat pecah akan membuat akuarium jadi keruh dan kotor. Selain itu, semakin besar ikan yang dipelihara juga dapat menjadi penyebabnya.

Pertumbuhan Organisme Tidak Terkontrol

Penyebab terakhir kenapa air di akuarium cepat keruh dan kotor adalah pertumbuhan organisme yang tidak terkontrol. Biasanya, masalah ini sering dialami oleh akuarium yang ada tumbuhan air didalamnya. Selain itu, akuarium yang pencahayaannya berlebihan juga terkena masalah ini. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan alga yang sangat cepat sehingga membuat air jadi keruh dab kotor. Pertumbuhan organisme seperti alga dapat dikontrol dengan pemberian obat alga pada air akuarium.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai beberapa penyebab kenapa akuarium kamu cepat keruh dan kotor. Jadi ketika akuarium kamu cepat keruh dan kotor setelah belum lama diganti air, salah satu penyebab dari beberapa pon diatas bisa jadi biang keroknya. Agar akuarium kamu selalu terlihat jernih, cobalah untuk mencari tahu dan menghindari penyebab-penyebabnya. Dengan begitu, akuarium kamu akan tampak cemerlang meski lama tidak di kuras.

6 Penyebab Akuarium Kamu Cepat Keruh dan Kotor