Terbukti! Ini 7 Cara Merawat Printer Canon Agar Tetap Awet

Ada banyak merk printer yang beredar di Indonesia saat ini, namun yang paling banyak digunakan adalah Canon. Perusahaan asal jepang ini memiliki banyak tipe printer yang dijual seperti Canon ip2770, Canon MP287, Canon ip2870, Canon ix7000, Canon ix6870, Canon E410 dan sebagainya. Jenis printer inkjet lebih banyak dibeli daripada jenis laserjet karena harganya yang cukup terjangkau. Merawat printer Canon agar tetap awet memang menjadi pekerjaan rumah bagi para pengguna demi menjaga kinerja dan hasil cetaknya.

Printer Canon juga bisa disebut sebagai alat cetak sejuta umat di Indonesia karena dengan harga dibawah 1 jutaan saja, kita sudah bisa membeli printer dengan kualitas cukup baik. Printer low end seperti ini sangat cocok buat kalangan menengah kebawah sebagai printer rumahan seperti pelajar, mahasiswa, kantoran, karyawan swasta dan lain-lain. Meski terkadang sering rewel, namun ini adalah hal yang wajar karena memang harganya yang sangat terjangkau. Agar selalu terhindar dari masalah maka pengguna wajib selalu merawat printer Canon supaya kinerjanya tetap stabil.

Cara Merawat Printer Canon Agar Tetap Awet

Manfaat Jika Kamu Merawat Printer Canon Dengan Baik dan Benar

Karena printer Canon yang dipakai rumahan rata-rata dengan kualitas low end, maka kamu harus sering merawatnya agar cepat tidak rusak. Selama ini banyak pengguna yang mengeluh bahwa printer canon sering bermasalah, padahal kenyataannya tidak. Itu semua tergantung bagaimana kita menggunakannya. Semakin baik cara kita memakai, maka akan semakin tahan lama. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan kami dapat jika mampu merawat printer Canon dengan baik dan benar.
  • Hasil cetak selalu dalam keadaan maksimal.
  • Kinerja printer akan selalu terjaga dengan baik.
  • Membuat usia printer menjadi jauh lebih lama.
  • Jarang terjadi kerusakan pada komponen printer.
  • Kinerja cartridge printer akan lebih stabil.
  • Jika ada kerusakan, kamu bisa mendeteksinya sejak dini.

Cara Sederhana Untuk Merawat Printer Canon Agar Tetap Awet

Buat kamu yang saat ini punya printer Canon tipe berapapun entah itu Canon ip2770, Canon MP287, Canon ip2870, Canon ix7000, Canon ix6870, Canon E410 dan sebagainya, kamu harus bisa menjaga kinerjanya selalu stabil. Hanya dengan melakukan beberapa aktivitas sederhana secara rutin dan disiplin kamu sudah bisa merawat printer sehingga memperpanjang umurnya. Karena banyak keuntungan yang akan kamu dapat seperti halnya dijelaskan diatas. Lalu bagaimana cara merawat printer Canon agar tetap awet? Berikut penjelasannya.

Menggunakan Printer Secara Rutin

Cara pertama untuk merawat printer Canon agar awet kamu bisa menggunakannya secara reguler. Tidak perlu setiap hari, kamu bisa menggunakannya minimal 3 hari sekali. Meskipun tidak ada dokumen yang harus dicetak, namun kamu harus menggunakan printer untuk mencetak jika sudah tidak terpakai selama 3 hari. Cetak dokumen apa saja yang penting printer Canon kamu bekerja. Penggunaan rutin seperti ini akan membuat seluruh komponen pada printer tetap stabil termasuk bagian cartridge dan juga aliran tinta pada infus.

Ketika Mencetak Banyak, Istirahatkan Dulu

Pasti terkadang kamu diharuskan mencetak dokumen dalam jumlah banyak mulai dari puluhan  lembar hingga ratusan lembar. Nah ketika mencetak dalam jumlah besar, sebaiknya jangan sekaligus.  Cartridge pada printer Canon biasanya akan mengalami overhead sehingga bisa muncul "Error Number B200". Selain itu, mencetak jumlah banyak juga akan membuat komponen didalam printer menjadi cepat rusak.

Sebaiknya, istirahatkan printer selama 15 menit setiap selesai mencetak sebanyak 20-30 lebar kertas. Mengistirahatkan printer adalah bagian dari cara merawat printer Canon agar tetap awet. Selama ini banyak pengguna printer Canon yang memaksakan diri mencetak dalam jumlah banyak sekaligus sehingga membuat komponen mudah rusak termasuk cartridge yang mulut semprotnya menjadi tersumbat.

Jangat Sampai Telat Mengisi Tinta

Selanjutnya, kamu tidak boleh telat mengisi tinta. Jika kamu pakai printer infus seharusnya lebih mudah dalam mengontrol isi tinta. Karena bisa melihat seberapa banyak tinta yang tersisa dari dalam tabung infus yang transparan. Dalam merawat printer Canon usahakan mengisi tinta saat tersisa minimal seperempat dari tabung infus. Jika kamu pakai cara suntik, sebaiknya isi tinta setiap printer sudah mencetak 25-30 lebar kertas sekali. Penggunaan tinta cartridge hingga habis dapat merusak mulut semprot.

Gunakan Tinta Dengan Kualitas Baik

Dipasaran ada banyak sekali merk tinta printer yang sekilas nampak sama dengan selisih harga yang sangat berbeda jauh. Namun ternyata setiap merk tinta berbeda entah itu dari segi kepekatan warna atau molekul kandungannya. Dalam merawat printer Canon agar awet, sebaiknya gunakan tinta sesuai dengan rekomendasi yaitu merk Blueprint. Meski harganya mencapai dua kali lipat harga tinta biasa, namun kualitasnya akan membuat printer kamu jadi lebih tahan lama.

Sering Cek Selang dan Aliran Tinta

Buat kamu yang pakai printer infus, salah satu bagian yang paling bermasalah adalah selang dan aliran tinta. Beberapa masalah seperti kebocoran pada selang dapat membuat tinta berceceran serta menimbulkan gelembung pada aliran. Akibatnya, aliran tinta menjadi terhambat yang membuat pasokan tinta kedalam cartridge jadi tidak lancar. Maka dari itu, sering cek selang dan aliran tinta sudah menjadi bagian merawat printer Canon yang tidak boleh dilewatkan.

Lalukan Pembersihan Melalui Software Canon

Tak hanya fisik, kamu juga perlu merawat printer Canon agar awet dengan cara non-fisik. Kamu harus melakukan pembersihan melalui software bawaan Canon secara rutin. Pembersihan ini mencakup dua buah cartridge dan penggulung kertas yang akan otomatis dilakukan oleh printer dengan perintah software. Cara melakukannya adalah sebagai berikut ini.

Pertama silahkan buka start, kemudian pilih folder Canon Utilities. Lalu silahkan buka My Printer. Disitu akan muncul tampilan canon my printer, silahkan buka Printer Settings. Perhatikan beberapa tab diatas tampilan, buka tab paling kanan Maintenance. Kemudian pilih Deep Cleaning atau Pembersihan tingkat dalam. Klik Execute, jangan lupa pilih All Color. Tunggu prosesnya hingga selesai.

Baca Juga:
  1. Penyebab dan Cara Memperbaiki Selang Infus Printer Yang Tidak Mengalir
  2. Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Canon IP2770 Sering Bergaris Putus-putus
  3. Printer Tidak Terdeteksi di Windows 10? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Rajin Membersihkan Debu dan Kotoran

Setiap barang elektronik akan sangat rentan terhadap debu dan kotoran karena bisa mempengaruhi fungsinya. Begitu juga dengan printer, untuk merawat merawat printer Canon agar awet kamu juga wajib membersihkan debu dan kotoran yang menempel agar tidak sampai masuk kedalam. Sediakan kain penutup juga untuk digunakan saat printer sedang tidak dipakai. Jangan samping ada debu yang masuk kebagian meletakkan kertas.

Matikan dan Cabut Aliran Listrik Saat Tidak Dipakai

Saat sedang tidak dipakai, sebaiknya matikan printer lalu cabut aliran listrik dari printer. Cara merawat printer Canon yang satu ini sangat penting untuk menjaga adaptor tidak rusak. Jika adaptor rusak, maka akan muncul "Error Number B200" yang membuatnya tidak dapat bekerja. Adaptor yang rusak membuat pasokan listrik ke mainboard menjadi tidak stabil. Ingat! Jika tidak dipakai, biasakan langsung cabut kabel printer dari stop kontak listrik ya.

Perawatan Kinerja Catridge Bulanan

Terakhir ini adalah salah satu cara yang paling jarang dilakukan oleh pengguna dalam merawat printer Canon agar tetap awet. Padahal cara ini dapat membuat kinerja cartridge tetap stabil dalam mencetak. Caranya cukup mudah, buka Microsoft Word lalu buatlah 7 buah lingkaran dengan warna hitam, merah, biru, kuning, hijau, ungu dan orange melalui insert shape pada Ms Word. Lalu cetak gambar tersebut dengan kualitas tinggi.

Lakukan cara ini selama satu bulan atau dua bulan sekali. Trik ini akan membuat mulut semprot pada cartridge tetap terjaga optimal kondisinya dalam mengaplikasikan tinta. Cara ini juga busa membuat kamu bisa mengetahui apakah ada masalah pada cartridge atau tidak. Biasanya cartridge yang bermasalah akan menunjukkan hasil cetak yang tidak solid alias bergaris-garis atau buram.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara merawat printer Canon agar tetap awet dan tahan lama. Buat kamu para pengguna printer Canon, cobalah untuk melakukan cara diatas mulai dari sekarang. Terlebih bagi kamu yang pakai kualitas low end yang pada dasarnya lebih sering bermasalah. Dengan perawatab yang baik, maka berbagai kerusakan dapat kamu hindari. Cara ini juga bisa kamu terapkan ke printer merk lain seperti Epson, HP, Samsung, Brother, Lexmark, Dell dan lain sebagainya.

Terbukti! Ini 7 Cara Merawat Printer Canon Agar Tetap Awet