Penyebab dan Cara Memperbaiki Selang Infus Printer Yang Tidak Mengalir

Printer menjadi alat cetak andalan pada jaman modern seperti saat ini. Berbagai macam kebutuhan seperti mencetak dokumen, surat, maupun berkas-berkas sangat bergantung pada keberadaan printer. Dipasaran sendiri, ada berbagai macam jenis printer. Namun yang paling banyak diminati adalah printer yang sudah memakai sistem infus dimana tinta bisa mengalir sendiri melalui selang infus dari dalam tabung penampungan yang sudah didesain khusus.

Mudahnya penggunaan printer dengan sistem infus membuat banyak orang menyukainya karena isi tinta dapat terkontrol dengan baik, sehingga ketika tinta akan habis kita bisa langsung mengisinya. Namun disisi lain, sistem infus seperti ini memiliki kelemahan yaitu terkadang terjadi penyumbatan pada selang sehingga tidak dapat mengalirkan tinta dengan lancar. Jika masalah ini terjadi, biasanya mempengaruhi hasil cetak menjadi tidak jelas atau putus-putus.

Penyebab dan Cara Memperbaiki Selang Infus Printer Yang Tidak Mengalir


Bagi anda para pengguna printer dengan sistem infus, waspadalah jika suatu saat tinta printer ada yang macet didalam selang atau adanya rongga udara (gelembung udara) didalam selang infus tersebut. Sebenarnya ini bukanlah kerusakan serius yang bisa berakibat fatal pada printer. Ini adalah hal wajar karena bisa dialami oleh segala merk, tipe, dan jenis printer yang menggunakan sistem infus. Jadi jika suatu saat ada masalah pada selang infus, tidak usah panik terlebih dahulu.

Penyebab Tinta Tidak Mengalir Pada Selang Infus Printer

Bagi anda yang memiliki printer dengan sisten infus, alangkah lebih baik jika mengetahui berbagai masalah yang menyebabkan tinta tidak bisa mengalir dengan lancar pada selang infus. Jika tahu sebabnya, maka anda dapat dengan mudah memperbaiki dan mencegahnya agar tidak terjadi lagi. Berikut ini adalah beberapa penyebab selang infus printer tidak bisa mengalir.

1. Instalasi Selang Infus Yang Bermasalah

Ketidaksempurnaan instalasi atau pemasangan selang infus dapat menyebabkan tinta menjadi tidak mengalir dengan lancar. Masalah instalasi selang biasanya terjadi pada sambungan menuju cartridge maupun tabung infus yang tidak rapat. Biasanya dibagian ini dipasang alat seperti karet, namun jika terlepas dapat menimbulkan celah yang menyebabkan kebocoran sehingga aliran tinta menjadi tidak lancar.

2. Selang Infus Tersumbat Gumpalan Tinta

Tinta yang tidak mengalir pada selang infus bisa disebabkan oleh gumpalan tinta yang mengering. Hal ini bisa saja terjadi akibat printer lama tidak digunakan sehingga tinta jarang melewati selang. Terjadinya gumpalan tinta pada selang infus juga bisa terjadi karena tabung tinta yang telat diisi hingga mengering. Biasanya selang infus yang tersumbat gumpalan tinta sulit untuk diatasi.

3. Ada Kebocoran Selang Infus

Ini adalah kerusakan yang paling sulit dideteksi, yaitu adanya kebocoran pada selang infus. Seperti yang kita ketahui bahwa selang infus berukuran sangat kecil, jika terjadi kebocorann yang sangat halus akan sulit ditemukan. Bocornya selang infus biasanya ditandai dengan munculnya gelembung-gelembung udara yang kecil atau menetesnya tinta disekitar selang. Inilah yang membuat tinta tidak mengalir secara lancar.

4. Tabung Infus Tertutup Rapat

Coba perhatikan tabung infus pada printer anda. Bisanya dibagian atasnya terdapat lubang yang disertai penutup karet berjumlah dua pasang di masing-masing warna. Kedua lubang ini memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Lubang yang pertama berfungsi untuk mengisi ulang tinta, lalu lubang kedua berfungsi sebagai tempat terjadinya sirkulasi udara. Jika kedua lubang tersebut tertutup rapat, maka tinta tidak bisa mengalir melewati selang infus.

5. Udara Masuk Kedalam Selang Infus

Penyebab tinta tidak mengalir pada selang infus yang terakhir adalah adanya udara yang masuk kedalam selang infus sehingga aliran tinta menjadi terputus. Jika sudah parah, biasanya akan ada rongga udara yang memanjang didalalam selang. Faktor yang mempengaruhi masuknya udara kedalam selang ada banyak, beberapa diantaranya adalah kebocoran, sambungan yang kurang pas, tinta dalam tabung habis.

Itulah beberapa penyebab tinta tidak mengalir pada selang infus yang dapat anda gunakan sebagai tolak ukur ketika printer mengalami masalah pada selang infusnya. Selain dapat menentukan langkah perbaikan, anda juga dapat melakukan tindakan pencegahan supaya aliran tinta pada selang printer tidak teputus.

Cara Memperbaiki Selang Infus Yang Tidak Mengalir

Setelah mempelajari berbagai penyebab selang infus tidak mengalir seperti yang sudah dijelaskan diatas, sekarang kita dapat menentukan langkah perbaikan untuk mengurangi masalah tersumbatnya aliran tinta. Memperbaiki masalah seperti ini sebenarnya relatif mudah jika tahu langkah tepatnya. Berikut ini adalah beberapa cara memperbaiki tinta tidak mengalir pada selang infus.

1. Sedot Tinta Pada Selang Infus

Langkah pertama yang bisa anda ambil untuk memperbaiki selang infus printer yang tidak mengalir adalah dengan menyedotnya memakai suntikan. Sebenarnya ini adalah cara yang mudah, namun harus dilakukan dengan hati-hati agar tinta tidak kemana-mana. Siapkan saja sebuah suntikan yang sudah dipotong jarumnya. Lalu masukkan dan tempelkan ujung suntikan ke ujung selang yang mengarah ke catridge lalu sedot perlahan-lahan.

2. Perbaiki Instalasi Selang Infus

Sesekali cek instalasi selang infus pada printer anda. Terlebih jika saat ini selang infus printer tidak mengalir, maka anda harus memeriksanya secara lebih teliti lagi. Perhatikan bagian-bagian ujung selang yang menghubungkan catridge dan tabung. Jika ada karet-karet penghubung yang longgar segera rapatkanlah. Bila perlu, anda juga dapat mengganti karet-karet tersebut dengan yang baru supaya tidak terjadi kebocoran.

Baca Juga:
  1. Printer Tidak Terdeteksi di Windows 10? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
  2. 7 Faktor Penyebab Printer Canon IP2770 Cepat Rusak dan Tidak Awet
  3. Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Canon IP2770 Sering Bergaris Putus-putus

3. Ganti Selang Infus Dengan Yang Baru

Cara ketiga ini bisa anda pilih jika memang selang infus pada printer tidak dapat mengalirkan tinta sama sekali alias terjadi penyumbatan total. Mengganti selang infus dengan yang baru adalah satu-satunya jalan paling mudah dan paling praktis. Dengan selang baru, akan menjadi hal mustahil jika tinta pada selang infus tidak bisa mengalir. Sebelum memutuskan membeli selang baru, pastikan selang yang lama memang benar-benar tersumbat sehingga tidak bisa diapakai.

4. Buka Penutup Tabung Infus

Bagi anda yang belum tahu, penutup tabung infus memiliki pengaruh besar terhadap aliran tinta pada selang. Perlu anda ketahui bahwa tabung infus yang tertutup rapat akan membuat sirkulasi udara dalam tabung terhambat yang menyebabkan tinta tidak bisa mengalir keluar melewati selang. Jadi pastikan penutup tabung infus pada printer anda selalu terbuka disatu sisi sebagai jalan masuk dan keluarnya udara. Saat printer akan dipakai, selalu buka penutup keempat tabung tersebut.

5. Isi Tinta Sebelum Habis

Hal sepele yang selama ini dapat membuat selang infus printer tidak mengalir adalah pengisian tinta yang selalu terlambat. Artinya, tinta baru di isi ketika tabung benar-benar dalam keadaan kosong. Jangan pernah lakukan hal ini karena akan menyebabkan gumpalan tinta. Sebebisa mungkin isilah tabung infus dengan tinta sebelum habis total. Disarankan anda sudah mulai mengisinya jika tinta ketika jumlahnya kira-kira tinggal seperempat tabung infus printer.

6. Lakukan Deep Cleaning (Pembersihan Tingkat Dalam)

Langkah terakhir yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki selang infus printer tidak mengalir adalah dengan melakukan deep clean atau pembersihan tingkat dalam. Caranya silahkan buka pengaturan printer, kemudian buka tab perawatan (maintenance). Disana akan ada pilihan cleaning dan deep cleaning. Agar lebih efektif lakukan saja deep lalu klik OK. Printer akan mulai membersihkan dirinya sendiri termasuk aliran tinta pada selang. Lakukan deep cleaning sebanyak 2-3 kali untuk hasil yang lebih efektif.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab dan cara memperbaiki selang infus yang tidak mengalir. Tersumbatnya aliran tinta memang harus segera diatasi sebelum membuat kerusakan pada catridge yang dapat menyebabkan penurunan hasil cetak. Penjelasan diatas juga bisa anda gunakan sebagai pedoman mencegah terjadinya selang infus tidak mengalir. Nah, jika anda memiliki tips lain yang mungkin belum disebutkan pada artikel diatas, silahkan menuliskannya pada kolom komentar dibawah ini.

Penyebab dan Cara Memperbaiki Selang Infus Printer Yang Tidak Mengalir