12 Tips Membeli Laptop Gaming Bekas atau Second Berkualitas

Membeli barang itu tidak harus selalu baru. Begitu juga saat kamu ingin membeli laptop untuk bermain game. Membeli laptop gaming bekas pakai atau second hand adalah salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk menghemat keuangan. Dengan membeli laptop gaming second maka kamu akan mendapatkan harga jauh lebih murah dari harga barunya bahkan bisa mencapai setengahnya. Selain untuk bekerja, memang saat ini fungsi laptop sebagai sarana hiburan tidak bisa lagi dilepaskan dalam kehidupan.

Membeli laptop gaming bekas bukanlah ide buruk. Jika lebih jeli dan teliti dalam mencari, kamu malah akan mendapatkan banyak keuntungan salah satunya adalah spesifikasi yang tinggi namun dengan harga yang sangat miring. Seperti yang kita tahu bahwa untuk bermain game, maka spesifikasi laptop yang dibutuhkan juga tinggi. Seperti RAM yang dibutuhkan minimal 16 Giga bytes, Graphic Card setidaknya 8 Giga bytes, dan Harddisk dengan kapasitas 1 Tera bytes. Sedangkan kebanyakan laptop gaming yang baru dijual dengan harga mahal antara 7-50 jutaan.

Tips Membeli Laptop Gaming Bekas atau Second Berkualitas

Semakin tinggi spesifikasi laptop gaming yang kamu miliki, maka akan semakin baik kinerjanya untuk memainkan game yang saat ini rata-rata sudah berkualitas HD (High Definition). Maka dari itu jika kamu memakai laptop biasa, maka hanya beberapa game dengan kualitas rendah saja yang bisa kamu mainkan. Salah satu yang bisa kamu lalukan untuk menyiasati harga laptop dengan spesifikasi tinggi adalah dengan membeli laptop gaming bekas atau second.

Tips Membeli Laptop Gaming Second atau Bekas Agar Lebih Menguntungkan

Jika kamu saat ini ingin membeli laptop gaming bekas atau second yang masih bagus dan berkualitas, maka kamu harus tahu beberapa tips yang akan kita bahas dibawah ini. Dengan lebih jeli dan teliti sebelum membeli laptop second, maka kamu akan mendapatkan banyak keuntungan. Karena memang tidak semua laptop bekas itu jelek, dan juga tidak semua bagus. Kamu harus mampu memilah mana laptop yang masih normal dan mana yang sudah tidak layak pakai.

Perhatikan Masa Pemakaian Laptop Gaming Tersebut

Tips pertama dalam membeli laptop gaming bekas atau second adalah dengan memperhatikan masa pemakaian laptop itu sendiri. Cari tahu juga pada siapa kamu membelinya, apakah masih tangan pertama atau sudah ke tangan kedua dan seterusnya. Laptop second dari tangan pertama tentu kondisinya jauh lebih baik daripada yang sudah digunakan oleh beberapa tangan. Karena setiap orang akan menggunakannya dengan cara berbeda.

Semakin sebentar masa pemakaian dari laptop gaming tersebut, maka kondisinya juga semakin masih sangat baik. Jika dikategorikan kedalam kondisi laptop bekas berdasarkan masa penggunaan dapat dibedakan menjadi tiga kualifikasi. Jika waktu penggunaan kurang dari satu tahun itu sangat baik, penggunaan 2-3 tahun cukup baik, jika sudah lebih dari 3 tahu bisa dipastikan bahwa kinerjanya sudah menurun drastis.

Pastikan Spesifikasinya Benar-benar Tinggi

Kamu juga harus bisa memastikan bahwa laptop gaming bekas atau second tersebut benar-benar memiliki spesifikasi yang tinggi. Artinya spesifikasi yang tertera diketerangan dan yang sebenarnya ada pada laptop sama persis. Kamu bisa melakukan cek spesifikasi dengan klik Start, kemudian ketikkan kata kunci dxdiag. Jika sudah muncul silahkan di klik maka akan terbuka jedela yang memberikan informasi RAM, Processor, Grapgic Card dan seterusnya. Disini kami juga akan tahu jenis prosesor dan kartu grafis yang digunakan oleh laptop tersebut.

Pastikan Bukan Laptop Hasil Upgrade

Salah satu kasus yang merugikan seseorang saat membeli laptop gaming bekas atau second adalah membeli yang hasil upgrade. Artinya, laptop tersebut dari bawaan pabrik tidak memiliki spesifikasi tinggi. Namun seiring berjalannya waktu pemiliknya melakukan penambahan beberapa hardware seperti RAM, Graphic Card dan sejenisnya dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Pada dasarnya cara ini memang membuat laptop spesifikasinya meningkat, namun dari segi keseimbangan antar komponen sangat diragukan.

Cek Kondisi Fisik Laptop Gaming Tersebut

Jangan lupa untuk melakukan cek fisik terhadap laptop gaming bekas atau second yang akan kamu beli tersebut. Pengecekan tersebut meliputi beberapa bagian seperti pada layar, casing atau body, keyboard, touchpad, port USB dan sebagainya. Jika semua bagian ini tidak cacat berarti laptop tersebut dirawat dengan baik. Sebaliknya jika kamu menemukan goresan, retakan atau patahan bisa dipastikan bahwa laptop tersebut pernah terbentur atau terjatuh. Kondisi ini dapat membuat komponen laptop mengalami masalah.

Harddisk Tidak Mengalami Bad Sector

Salah satu masalah yang paling sering terjadi pada laptop second adalah adanya bad sector harddisk. Bad sector adalah sebuah kondisi dimana piringan magnetic pada harddisk yang berfungsi untuk menyimpan data mengalami kerusakan di bagian tertentu. Adanya bad sector akan sangat mempengaruhi kinerja laptop yang menjadi sangat lambat. Maka dari itu ketika akan membeli laptop gaming bekas, lakukanlah cek bad sector. Silahkan baca artikel cara melakukan cek bad sector harddisk laptop yang sudah dibahas sebelumnya.

Baca Juga:
  1. 7 Cara Menghemat Kuota Hotspot atau Tathering ke Laptop
  2. 7 Rahasia Menjaga Baterai Tanam Laptop Tetap Awet
  3. 9 Gejala Harddisk Laptop Rusak [Serta Cara Antisipasinya]

Kinerja Baterai Yang Masih Baik

Salah satu komponen yang cukup penting pada laptop adalah baterai. Karena pada dasarnya keunggulan laptop dibanding komputer adalah mobilitasnya yang bisa dibawa kemana saja dan digunakan dimana saja. Salah satu faktor pendukung mobilitas laptop adalah performa baterai yang masih baik. Sebab baterai menjadi satu-satunya sumber daya pada laptop ketika tidak ada sambungan listrik. Jadi usahakan membeli laptop gaming bekas atau second yang masih baik kinerja baterainya.

Charger Original dan Masih Berfungsi

Selain baterai, komponen lain yang juga perlu kamu pertimbangkan ketika akan membeli laptop adalah charger itu sendiri. Charger juga menjadi komponen penting sebagai pemasok energi listrik pada laptop. Pastikan charger tersebut masih original meskipun yang kamu beli adalah laptop second. Jangan lupa untuk mencobanya terlebih dahulu dengan menyambungkan ke sumber listrik. Pastikan arus listrik mengalir dan indikator pada laptop atau charger menyala.

Pastikan Keyboard dan Touchpad Normal

Keyboard dan touchpad juga bagian yang tak boleh kamu lewatkan untuk di cek. Pertama cek dulu bagian keyboard. Pastikan semua tombol keyboard masih berfungsi dan juga semua huruf, angka, serta simbol-simbol yang tercetak pada keyboard masih bisa dilihat. Setelah itu cek bagian touchpad laptop tersebut. Pastikan sensor masih sensitif dan menerima gerakan dengan baik. Cek juga bagian tombol klik kiri dan klik kanan, pastikan masih berfungsi dengan baik.

Tidak Terdapat Virus Didalamnya

Virus atau malware menjadi sebuah hal yang perlu diperhatikan saat kamu membeli laptop gaming bekas atau second. Virus pada laptop bisa menjadi bahaya apabila disalahgunakan oleh penyebarnya. Melalui virus, seorang peretas bisa mencuri data pribadi kamu termasuk akun-akun penting dan juga file penting. Maka dari itu, pastikan laptop selalu terhindar dari malware dengan adanya antivirus yang berfungsi dengan baik.

Speaker Laptop Yang Masih Bagus

Ibarat pada manusia, speaker laptop adalah mulut. Semua yang diproses oleh laptop diubah menjadi output suara oleh speaker. Terlebih kamu akan membeli laptop gaming bekas atau second yang sangat memerlukan output suara agar permainan menjadi lebih asik. Jadi, silahkan lakukan tes suara pada speaker sebelum membeli laptop gaming bekas. Umumnya laptop dibekali oleh dua buah speaker. Pastikan kedua speaker tersebut  masih berbunyi dengan baik ya.

Semua Port Interface Harus Berfungsi

Setiap laptop memiliki berbagai macam port interface seperti LAN, HDMI, USB, jack audio dan juga VGA. Pastikan semua port interface tersebut masih berfungsi semuanya. Karena semua port interface ini akan sangat kamu butuhkan kapan saja. Terlebih pada port USB dan jack audio yang sangat sering digunakan. Jika perlu, silahkan kamu coba satu persatu agar tahu bahwa masih berfungsi secara normal. Dengan begini kamu tidak akan mengalami kerugian saat membeli laptop gaming bekas atau second.

Harga Beli Yang Wajar

Tips terakhir adalah tentang harga. Ketika kamu membeli laptop gaming bekas atau second pastikan harga beli yang di patok oleh penjual tidak mencurigakan. Untuk itu kamu bisa cek harga laptop bekas secara online sesuai dengan merk dan tipe-nya di marketplace atau mesin pencari. Jangan sampai kamu tertipu karena membeli laptop second tersebut dengan harga yang terlalu tinggi. Namun kamu juga harus curiga jika penjual menawarkan harga yang sangat rendah dan tidak wajar. Karena bisa saja itu adalah barang hasil pencurian atau penggelapan.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai tips untuk membeli laptop gaming bekas atau second berkualitas. Membeli laptop second yang masih bagus bisa kamu lakukan dengan lebih jeli dalam memeriksa seluruh elemennya baik itu dari segi fisik maupun non-fisik. Karena pada dasarnya untuk atau ruginya seseorang dalam membeli barang second hand ada pada ketelitiannya sendiri.

12 Tips Membeli Laptop Gaming Bekas atau Second Berkualitas