9 Gejala Harddisk Laptop Rusak [Serta Cara Antisipasinya]

Harddisk merupakan salah satu hardware penting dalam sebuah laptop karena berfungsi untuk menyimpan berbagai data penting termasuk file sistem operasi itu sendiri. Ketika harddisk bermasalah, maka laptop tidak akan bisa hidup karena tidak adanya sistem operasi yang berjalan dalam mengontrol seluruh hardware. Masalah kerusakan pada harddisk biasanya ditandai dengan munculnya bad sector ringan hingga akhirnya menyebar. Namun yang pasti, gejala harddisk laptop rusak bisa dideteksi sejak dini jika kamu tahu ciri-cirinya.

Dalam kehidupan kamu, harddisk bisa diibaratkan sebagai lemari yang kamu gunakan untuk menyimpan banyak benda seperti baju, celana, jaket, tas, perhiasan dan lain sebagainya. Sedangkan pada laptop, harddisk menampung banyak file digital milikmu seperti foto, video, lagu, dokumen, game dan sebagainya. Itulah kenapa jika sebuah harddisk laptop rusak maka pengguna bisa kehilangan berbagai file penting dan berharga tersebut secara permanen.

Gejala Harddisk Laptop Rusak Serta Cara Antisipasinya

Berbicara mengenai gejala harddisk laptop rusak, maka tidak akan terlepas dari faktor penyebabnya itu sendiri. Masalah pada harddisk biasanya disebabkan oleh beberapa hal antara lain penggunaan laptop yang berlebihan, arus listrik yang tidak stabil, laptop mati secara mendadak, dan yang pasti faktor usia juga mempengaruhi.

Beberapa Gejala harddisk Laptop Rusak Yang Harus Kamu Ketahui

Karena menjadi hardware penting didalam sebuah laptop, maka gejala harddisk laptop rusak pasti dapat diketahui melalui berbagai hal. Ciri-ciri kerusakan tersebut biasanya bisa kamu rasakan saat laptop sedang digunakan atau ketika akan dihidupkan. Beberapa hal aneh yang tidak biasa akan kamu alami sebagai pertanda awal. Untuk selengkapnya, kamu bisa simak penjelasannya secara lengkap berikut ini.

Loading Menjadi Terasa Sangat Lambat

Gejala harddisk laptop rusak pertama yang bisa kamu rasakan adalah loading menjadi sangat lambat. Biasanya ini akan sangat terasa ketika laptop dihidupkan yang proses booting hingga masuk ke start screen-nya menjadi sangat lama. Selain itu, loading yang lama juga bisa kamu rasakan ketika membuka file, menjalankan aplikasi, serta memainkan game. Pada kondisi ini biasanya laptop akan lebih sering macet dan terasa lebih berbeda dari biasanya.

Kinerja Laptop Mulai Menurun

Menurunnya kinerja laptop juga bisa jadi gejala harddisk laptop rusak. Biasanya hal ini akan sangat terasa ketika kamu gunakan untuk beraktivitas seperti mengetik, editing foto atau video. Pada saat menjalankan aktivitas seperti ini biasanya akan terasa lebih berat. Selain itu, ketika kamu menjalankan beberapa tools pada aplikasi maka laptop akan merespon dengan lambat. Parahnya lagi, kondisi ini akan membuat force close atau aplikasi yang keluar secara tiba-tiba.

Laptop Mengalami Blue Screen Of Death

Apa itu blue screen of death? Adalah suatu kondisi dimana hardware atau software pada laptop mengalami masalah sehingga tidak bisa bekerja kemudian muncul tampilan biru pada layar dengan notifikasi tertentu. Umumnya, blue screen of death ini diikuti oleh restart yang membuat laptop memulai ulang. Gejala harddisk laptop rusak hanya salah satu dari sekian banyak masalah yang dapat memicu blue screen of death.

Ada File Pada Harddisk Yang Sulit Dibuka

Jika saat kamu membuka file explore untuk mencari file entah itu musik, video, atau dokumen lalu membukanya, apabila file tersebut kadang bisa dibuka dan kadang tidak, bisa jadi itu adalah salah satu gejala harddisk laptop rusak. Kondisi ini biasanya dipengaruhi oleh bad sector pada harddisk. Semakin parah bad sector yang terjadi maka peluang file menjadi rusak dan tidak bisa dibuka akan semakin tinggi. Maka dari itu perlu dilakukan cek bad sector terlebih dahulu.

Terdengar Suara Yang Tidak Biasa

Dari segi fisik, biasanya gejala harddisk laptop rusak juga ditandai dengan munculnya suara yang tidak biasa. Suara ini sudah tidak lagi berasa dari platter harddisk yang berputar secara normal. Namun suara ini lebih keras dan menjadi lebih berisik. Beberapa komponen harddisk memang bekerja dengan pergerakan memutar mulai paltter tempat dimana file tersimpan hingga pada spinddle yang berfungsi untuk memutar platter. Jika suaranya tidak wajar, kemungkinan ada masalah didalam harddisk laptop tersebut.

Beberapa File Didalam Harddisk Hilang

Gejala harddisk laptop rusak yang paling sering terjadi adalah adanya file didalam harddisk yang hilang padahal kamu tidak pernah menghapusnya dengan sengaja. Umumnya file yang hilang bukan secara keseluruhan, namun hanya beberapa saja. Kemungkinan file yang hilang tersebut terletak pada bagian platter yang mengalami bad sector sehingga tidak terdeteksi lagi keberadaanya.

Ciri-ciri Lain Harddisk Laptop Rusak Yang Kadang Muncul

Selain beberapa gejala yang sudah disebutkan diatas, terkadang harddisk laptop yang rusak memunculkan ciri-ciri lain yang hanya terjadi pada beberapa kasus saja. Artinya tidak semua harddisk yang bermasalah mengalami ciri-ciri ini. Berikut ini adalah ciri-ciri harddisk laptop rusak yang kadang bisa muncul namun kadang tidak.

Mucul Kode-kode Aneh Dari Sistem

Ciri-ciri harddisk laptop rusak yang kadang muncul adalah kode-kode aneh dari sistem itu sendiri. Tanda berupa kode ini jarang muncul dan hanya dirasakan oleh pengguna dalam beberapa kasus saja. Karena pada dasarnya setiap merk laptop memiliki sistem pendeteksi masalah dan juga firmware yang beragam. Biasanya kode yang muncul itu seperti hieroglyph, ares, ceres, hertus atau ASCII ketika proses booting saat laptop mulai dihidupkan.

Baca Juga:
  1. 8 Cara Menjaga Laptop Dari Serangan Virus Yang Merusak
  2. 5 Penyebab Tombol Keyboard Laptop Jadi Cepat Rusak
  3. 8 Hal Ini Jadi Penyebab Laptop atau Komputer Terkena Serangan Virus

Ada Notifikasi Error Pada Layar

Selain kode aneh ketika proses booting saat laptop dihidupkan, terkadang ciri-ciri harddisk laptop rusak juga diikuti oleh kemunculan notifikasi error pada layar. Umumnya, notifikasi error ini muncul secara tiba-tiba ketika laptop tengah digunakan atau sedang dipakai untuk beraktivitas. Jika parah, akan memicu force close bahkan meminta untuk restart.

Harddisk Lebih Sering Hang

Ciri-ciri harddisk laptop rusak yang terakhir adalah sering hang. Artinya harddisk lebih sering kehilangan akses sistem akibat kerusakan pada komponennya. Akibatnya, laptop menjadi tidak bisa merespon atau macet dalam waktu yang lama. Harddisk yang hang juga bisa membuat laptop mati secara tiba-tiba atau meminta restart terus menerus.

Langkah Untuk Mengantisipasi Harddisk Laptop Yang Rusak

Masalah pada harddisk memang sulit untuk diperbaiki jika sudah menyangkut komponennya. Pada kasus yang serius, pengguna akan mengalami banyak kerugian ketika file yang ada didalamnya tidak bisa diakses lagi. Artinya jika tidak segera ditindak lanjuti ketika gejala harddisk laptop rusak mulai muncul, kemungkinan kamu akan menerima resiko kehilangan berbagai macam data penting entah itu foto, video, gambar, dokumen, aplikasi dan sebagainya. Maka dari itu kamu perlu melakukan antisipasi seperti berikut ini.
  • Mengurangi penggunaan laptop untuk sementara waktu.
  • Berkonsultasi dengan orang yang lebih ahli dalam memperbaiki laptop.
  • Melakukan back up data penting dari harddisk lama ke penyimpanan data yang baru.
  • Back up sebagian dokumen penting secara online seperti Google Drive atau Drop Box
  • Melakukan perbaikan pada harddisk ke service center.
  • Mengganti harddisk yang sudah rusak dengan yang masih normal atau baru.

Kesimpulan

Itulah beberapa penjelasan mengenai gejala harddisk laptop rusak sekaligus langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengantisipasinya. Dengan mengetahui berbagai ciri-ciri masalah tersebut, kamu akan lebih mudah dalam bersiap-siap supaya tidak timbul hal-hal yang bersifat merugikan seperti kehilangan file dan dokumen penting. Kerusakan pada harddisk memang menjadi sebuah masalah pelik dalam dunia teknologi karena menimbulkan banyak kerugian jika tidak diantisipasi.

9 Gejala Harddisk Laptop Rusak [Serta Cara Antisipasinya]