8 Cara Menjaga Laptop Dari Serangan Virus Yang Merusak

Serangan malware atau virus adalah masalah yang banyak dikeluhkan oleh para pengguna komputer termasuk juga laptop. Serangan virus memang sangat mengganggu karena dapat mengakibatkan kerusakan pada software sehingga fungsinya jadi tidak normal setelah terinfeksi. Alasan inilah yang membuat para pengguna laptop berusaha keras untuk selalu menjaga dan melindungi laptopnya dari serangan virus yang merusak.

Berbagai cara sering dilakukan para pengguna laptop untuk mencegah datangnya virus. Apabila laptop sudah terinfeksi oleh serangan virus, maka proses untuk memulihkannya akan sangat sulit. Meskipun bisa dipulihkan, pasti akan ada beberapa software yang rusak akibat serangan virus tersebut. Jika sudah terinfeksi serangan virus parah, maka laptop akan menjadi sangat berat dan kerjanya lambat. Bahkan sistem operasinya jadi tidak bisa berfungsi sama sekali

8 Cara Menjaga Laptop Dari Serangan Virus Yang Merusak

Virus atau malware itu sendiri ada karena diciptakan oleh seorang programmer dengan maksud serta tujuan tertentu seperti mengambil data, memata-matai, mencari informasi penting, menembus sistem keamanan dan lain sebagainya. Berbagai hal yang didapat tersebut tentunya akan digunakan untuk melancarkan tindak kejahatan yang sudah direncanakannya. Itulah alasan kenapa kita harus berhati-hati terhadap serangan virus di laptop dan perangkat lainnya.

Lalu Bagaimana Cara Menjaga Laptop Dari Serangan Virus?

Mencegah dan menjaga laptop dari serangan virus yang merusak ternyata susah-susah gampang. Hal ini disebabkan oleh banyaknya jenis virus yang ada serta penanganannya berbeda-beda. Seperti pepatah yang mengatakan "lebih baik mencegah daripada mengobati", nampaknya kalimat tersebut cocok kita terapkan dalam melindungi laptop dari serangan virus. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga laptop dari serangan virus yang merusak.

Pasang Software Antivirus di Laptop

Cara untuk menjaga laptop agar terhindar dari serangan virus yang pertama adalah dengan memasang software antivirus. Meski cara ini dianggap paling konvensional, namun penggunaan antivirus sebagai perlindungan untuk laptop masih sangat efektif. Sofware antivirus nyatanya bisa mencegah penyebaran virus kedalam laptop bahkan menghalaunya. Dengan catatan antivirus yang digunakan bukan abal-abal.

Jangan Download File Secara Sembarangan

Kesalahan yang sering dilakukan sehingga dapat menyebabkan laptop terkena serangan virus adalah mendownload file di internet secara sembarangan. Mengunduh software dari sumber yang tidak dikenal bisa saja mengakibatkan penyebaran virus pada laptop. Jadi hindari mengunduh file dari sumber-sumber yang ilegal dimana keamanannya tidak bisa dijamin. Jika ingin donwload suatu file, lakukan dari sumber-sumber yang legal dan terpercaya.

Hindari Meng-install Software Ilegal

Kebanyakan serangan virus pada laptop bermula dari software ilegal yang kamu install. Software yang ilegal biasanya sudah banyak diubah sehingga jika ada virus didalamnya kita tidak mengetahuinya. Software ilegal juga banyak dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab sebagai media untuk menyebarkan virus. Lebih baik jangan pasang software ilegal untuk menjaga laptop dari serangan virus yang merusak.

Waspadai Hard Drive Yang Akan Terhubung

Untuk menjaga laptop dari serangan virus yang merusak, waspadai hard drive seperti hardisk eksternal, flasdisk, memori card, dan sebagainya yang akan terhubung. Biasanya berbagai macam hard drive tersebut membawa virus dari perangkat lain yang tidak kita ketahui. Agar terhindar dari serangan virus sebaiknya pastikan hard drive yang akan terhubung dengan laptop benar-benar bebas dari virus.

Scan File Laptop Dengan Antivirus Secara Berkala

Cara lain yang efektif untuk tetap menjaga laptop dari serangan virus adalah dengan melakukan scan terhadap file yang ada didalam laptop. Kamu dapat melakukan scan file dengan antivirus seperti AVG, Avast, Kaspersky dan lainnya. Scan file ini bisa membuat laptop terjaga dari penyebaran virus yang tidak kita duga. Jika ada file yang terdeteksi terinfeksi virus, maka antivirus akan segera melakukan pembersihan hingga penghapusan file jika virus dirasa cukup berbahaya.

Baca Juga:
  1. Tips Membeli Laptop Second! Perhatikan 11 Hal Ini
  2. Charger Laptop Terkena Air dan Basah? Ini Ciri-ciri dan Cara Menanganinya 
  3. Baterai Laptop Cepat Habis Padahal Masih Baru? Ini Penyebabnya

Berhati-hati Saat Berselancar di Internet

Salah satu sumber virus yang paling banyak terdapat di internet. Namun masih banyak pengguna laptop yang belum sadar akan hal itu. Penyebaran virus di internet sangat mudah dan cepat sehingga terkadang sulit dihindari. Untuk menjaga laptop dari serangan virus internet sebaiknya hindari mengakses situs-situs yang tidak jelas sumbernya. Terlebih jika situs tersebut tanpa dilengkapi dengan sistem keamanan.

Gunakan Operating System Genuine

Salah satu hal yang dapat menjaga laptop agar terhindar dari serangan virus adalah menggunakan operating system yang genuine. Sistem operasi yang asli dan legal biasanya dilengkapi dengan proteksi keamanan ekstra yang bisa mencegah tersebarnya virus dari berbagai sumber. Sistem keamanan dari operating system genuine tidak bisa diragukan lagi karena memang sudah dirancang agar tahan dan terlindung dari serangan virus.

Jika Perlu Gunakan Software Deep Freze

Sebagian dari kamu mungkin software deep freze masih asing ditelinga. Deep freze adalah software yang dapat membekukan pengaturan sistem sehingga selalu kembali seperti semua saat komputer dihidupkan ulang. Software ini banyak digunakan untuk kantor ataupun warnet agar terhindar dari serangan virus. Meski bagitu, penggunaan software deep freze untuk menjaga laptop dari serangan virus hanyalah bersifat opsional.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga laptop dari serangan virus yang merusak. Daripada terlanjur terinfeksi virus, sebaiknya kita terapkan proteksi lebih terhadap laptop untuk melakukan  pencegahan. Memulihkan laptop yang sudah diserang laptop memang sulit, maka dari itu cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan mencegahnya dengan cara-cara seperti yang sudah dijelaskan diatas.

8 Cara Menjaga Laptop Dari Serangan Virus Yang Merusak