5 Penyebab Tombol Keyboard Laptop Jadi Cepat Rusak

Keyboard merupakan sebuah papan input pada laptop yang berisikan huruf-huruf atau karakter terentu. Keyboard juga merupakan perangkat keras yang bisa berfungsi untuk memberikan perintah tertentu kepada laptop. Selama ini keyboard pada laptop dinilai sebagai salah satu perangkat yang sering rusak atau tidak berfungsi. Keybord laptop yang rusak akan membuat pengguna kesulitan untuk melakukan aktivitas terutama untuk mengetik.

Keberadaan keyboard pada laptop amat sangat penting bagi penggunanya. Untuk melakukan aktivitas seperti mengetik dokumen, anda akan sangat bergantung pada fungsi dari tombol-tombol keyboard itu sendiri. Lalu apa jadinya jika tombol keybord pada laptop anda rusak dan tidak berfungsi saat melakukan  aktivitas mengetik?. Tentu hal ini akan membuat aktivitas anda tergantung serta pekerjaan jadi tidak terselesaikan.

5 Penyebab Tombol Keyboard Laptop Jadi Cepat Rusak

Kerusakan pada keyboard laptop biasanya terjadi secara bertahap. Dimulai dari satu atau dua tombol kemudian merembet ke beberapa tombol sekaligus menjadi kehilangan fungsinya. Beberapa ciri tombol keyboard laptop yang rusak antara lain adalah ketika ditekan tidak muncul output apapun di layar dan tombol keybord akan terasa sangat keras jika di tekan. Jika keyboard sudah rusak, untuk memperbaikinya memang cukup sulit.

Beberapa Penyebab Tombol Keyboard Laptop Cepat Rusak dan Tidak Berfungsi

Setiap perangkat laptop yang rusak pasti ada penyebabnya. Begitu juga dengan tombol-tombol pada keyboard tersebut. Kerusakan pada keyboard laptop yang membuat tombolnya menjadi tidak berfungsi dapat dicegah dengan mempelajari serta menghindari berbagai macam penyebabnya. Dengan mencegah, paling tidak kerusakan yang tidak kita inginkan seperti ini dapat diminimalisir. Berikut ini adalah penjelasan mengenai 5 penyebab keyboard laptop cepat rusak dan tidak berfungsi.

Tombol Keyboard Laptop Jarang Dibersihkan

Faktor pertama yang sering jadi sebab utama tombol keyboard laptop menjadi cepat rusak adalah kotoran. Berbagai kotoran seperti partikel debu yang sangat kecil sangat berpengaruh terhadap kerusakan keyboard laptop. Terlebih lagi jika pemilik laptop tersebut tidak pernah membersihkan tombol-tombol pada keyboard laptopnya. Hal ini tentu dapat menyebabkan penumpukan kotoran disekitar keyboard laptop yang kapan saja bisa masuk melalui celah kecil dibawahnya.

Tombol Keyboard Laptop Pernah Kemasukan Cairan

Salah satu hal yang sering menyebabkan tombol keyboard laptop rusak namun tidak disadari oleh pengguna adalah adanya cairan yang masuk ke celah tombol itu sendiri. Beberapa jenis cairan seperti air dan minyak dapat membuat fungsi tombol pada keyboard jadi rusak. Tombol laptop yang terkena cairan biasanya terjadi karena adanya percikan saat pengguna sedang beraktivitas memakai laptopnya. Bisa dari percikan minuman, tetesan air hujan, dan lain-lain.

Tombol Keyboard Laptop Terlalu Sering Dipencet

Memencet tombol keyboard laptop terlalu sering ternyata juga dapat membuatnya jadi cepat rusak dan tidak berfungsi. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa memang ada beberapa tombol keyboard yang karena fungsinya memang harus sering kita pencet seperti spasi, enter atau huruf vokal. Penyebab kerusakan tombol keyboard laptop yang satu ini memang sulit untuk kita cegah karena mengingat pentingnya tombol-tombol tersebut untuk aktivitas mengetik.

Baca Juga:
  1. Penyebab dan Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Rusak Tidak Berfungsi
  2. 8 Cara Menjaga Laptop Dari Serangan Virus Yang Merusak 
  3. Tips Membeli Laptop Second! Perhatikan 11 Hal Ini

Tombol Keyboard Laptop Dipencet Terlalu Keras

Ketika melakukan aktivitas dengan keyboard seperti mengetik atau bermain game, seorang pengguna laptop terkadang terlalu bernafsu ketika memencet tombol-tombolnya. Hingga tanpa disadari mereka telah menekan tombol-tombol keyboard tersebut terlalu keras. Padahal memencet tombol keyboard laptop terlalu keras bisa mengakibatkan kerusakan. Meski begitu, masih banyak pengguna yang bandel dan tidak takut akan resiko tersebut.

Tombol Keyboard Laptop Tidak Diberi Penutup

Pernahkah anda melihat karet tipis yang terbentang menutupi seluruh bagian tombol keyboard laptop? Jika pernah, itulah yang namanya karet penutup keyboard laptop. Keberadaan karet penutup keyboard ini bisa dibilang sebagai satu hal yang penting karena bisa mencegah berbagai macam partikel kotoran masuk kedalam tombol. Akan tetapi, keberadaan karet penutup keyboard ini sering diabaikan oleh para pemilik laptop.

Penutup

Itulah beberapa hal yang bisa jadi penyebab tombol keyboard laptop cepat rusak dan tidak berfungsi. Kebanyakan kasus keyboard laptop yang rusak tidak terlepas dari kesalahan penggunanya yang kurang memperhatikan perawatan dari perangkatnya. Selain itu penggunaan yang diluar batas wajar turut meningkatkan resiko  tombol-tombol keyboard menjadi cepat rusak. Dengan mempelajari berbagai penyebab diatas, paling tidak kita bisa lebih berhati-hati dalam merawat tombol keyboard laptop agar tidak cepat rusak.

5 Penyebab Tombol Keyboard Laptop Jadi Cepat Rusak