Penyebab dan Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Rusak Tidak Berfungsi

Touchpad adalah salah satu bagian laptop yang fungsinya sama seperti mouse yaitu untuk menggerakkan kursor dan melakukan klik. Dibandingkan mouse, ternyata touchpad lebih sering bermasalah. Selain itu, cara mengatasi touchpad yang tidak berfungsi juga lebih rumit dibandingkan dengan mouse. Jika touchpad tidak berfungsi, biasanya pemilik laptop akan khawatir karena jauh lebih rumit untuk memperbaikinya secara fisik.

Beberapa penyebab touchpad jadi tidak berfungsi memang sulit untuk dideteksi. Sebenarnya ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi touchpad jadi bermasalah dan tidak bisa digunakan. Namun kebanyakan pengguna laptop tidak menyadari hal tersebut sehingga mereka kaget saat tiba-tiba touchpad laptopnya jadi tidak berfungsi.

Penyebab dan Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi

Touchpad sendiri menjadi komponen yang menyatu dengan laptop. Berbeda halnya dengan mouse, touchpad laptop tidak bisa dilepas pasang. Jadi ketika ada kerusakan fisik, maka laptop harus dibongkar terlebih dahulu agar touchpad bisa diperbaiki. Tentunya hal ini tidak bisa kamu lakukan sendiri karena sangat beresiko. Paling aman adalah membawanya ke tukang servis terdekat untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

Penyebab Touchpad Laptop Jadi Tidak Berfungsi

Kerusakan yang terjadi pada touchpad laptop pasti ada penyebabnya. Tidak hanya satu atau dua, namun penyebab touchpad tidak berfungsi sangat beragam dan ditentukan oleh banyak faktor. Agar dapat memperbaiki touchpad laptop yang tidak berfungsi, tentunya kamu harus tahu dulu sebab-sebabnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab touchpad laptop jadi tidak berfungsi yang harus kamu ketahui.
  1. Laptop Habis di Install Ulang
  2. Belum di Install Driver Touchpad
  3. Ada Pengaturan Touchpad Yang Berubah
  4. Driver Touchpad Laptop Sudah Usang
  5. Driver Touchpad Laptop Tidak Cocok
  6. Ada Kerusakan Fisik Pada Touchpad Laptop

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi

Dari beberapa penyebab touchpad tidak berfungsi seperti yang sudah dijelaskan diatas, beberapa diantaranya karena adanya masalah pada software. Artinya, kamu masih memiliki kesempatan dan langkah awal untuk bisa mengatasinya sendiri tanpa harus dibawa ke tukang servis. Kerusakan software lebih mudah diperbaiki ketimbang kerusakan fisik pada touchpad tersebut. Berikut ini adalah cara memperbaiki touchpad laptop yang tidak berfungsi.

Lakukan Setting Ulang Pada Touchpad

Beberapa penyebab touchpad tidak berfungsi adalah adanya pengaturan pada laptop yang tidak sengaja berubah sehingga fungsinya jadi tidak normal sebagaimana mestinya. Bisa saja pengaturan touchpad jadi ter-disable. Apapun bentuk hardware jika diatur jadi disable maka akan tidak berfungsi. Untuk mengatasinya sikahkan buka device manager, lalu cek pada "mice and other ponting device". Jika statusnya disable, maka ubahlah ke enable.

Driver Touchpad Belum di Install

Touchpad laptop yang tidak berfungsi juga bisa disebabkan oleh tidak adanya driver yang terpasang. Driver sendiri memiliki fungsi untuk mengontrol serta mengatur sebuah hardware agar sesuai dengan tugasnya. Biasanya tidak adanya driver touchpad terjadi setelah laptop di install ulang. Tidak hanya touchpad, namun perangkat lainpun drivernya juga akan hilang. Jika hal ini terjadi, install terlebih dahulu driver touchpad laptopmu.

Update Driver Touchpad

Driver yang usang atau kadaluwarsa bisa jadi penyebab kenapa touchpad jadi tidak berfungsi. Driver touchpad yang sudah usang kinerjanya sudah tidak maksimal sehingga akan menimbulkan masalah. Solusinya adalah dengan memperbaharui driver touchpad tersebut. Caranya adalah buka device manager, lalu buka menu "mice and other pointing device", kemudian pilih update driver software. Setelah itu pilih "search automatically for update driver software".

Baca Juga:
  1. 8 Cara Menjaga Laptop Dari Serangan Virus Yang Merusak
  2. Tips Membeli Laptop Second! Perhatikan 11 Hal Ini 
  3. 7 Cara Merawat Baterai Tanam Laptop Agar Lebih Awet

Download Driver Touchpad Yang Cocok

Driver yang sudah ter-install di laptop ternyata tidak serta merta bisa membuat fungsi touchpad menjadi maksimal. Pada beberapa kasus, driver yang sudah ter-install belum tentu cocok dengan touchpad pada laptop kamu. Driver touchpad yang cocok dengan laptop biasanya ada pada DVD bawaan ketika laptop dibeli. Jika tidak dibekali DVD driver, kamu bisa mendownload driver yang cocok untuk touchpad di website resmi merk laptopmu.

Coba Restart Laptop

Software atau driver yang mengalami bug atau cacat saat dijalankan juga bisa membuat touchpad laptop jadi tidak berfungsi. Masalah seperti sudah biasa terjadi di dunia digital mengingat software adalah sekumpulan kode untuk memerintah hardware yang memiliki ketidaksempurnaan. Jika memang terjadi bug pada driver touchpad laptop, maka cara mengatasinya cukup mudah. Coba lakukan restart atau nyalakan ulang laptop. Biasanya software yang mengalami bug akan kembali seperti semula.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab dan cara memperbaiki touchpad laptop yang tidak berfungsi. Beberapa masalah pada touchpad memang dapat diselesaikan dengan mudah selama masalah tersebut masih dalam kategori ringan. Jadi ketika touchpad laptop kamu tiba-tiba tidak berfungsi, jangan panik dulu. Cobalah untuk mencari penyebabnya terlebih dahulu, jika sudah ketemu, coba atasi dengan cara memperbaiki touchpad tidak berfungsi seperti yang sudah kita bahas diatas.

Penyebab dan Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Rusak Tidak Berfungsi