8 Hal Ini Jadi Penyebab Laptop atau Komputer Terkena Serangan Virus

Mendengar kata virus, tentu pikiran kita akan secara otomatis tertuju pada suatu penyakit. Seperti halnya pada manusia, komputer atau laptop pun juga bisa terkena serangan penyakit melalui virus yang dapat menyebabkan gangguan atau bahkan kerusakan fungsi dari perangkat tersebut. Ada banyak hal yang tanpa kita sadari ternyata bisa jadi penyebab laptop atau komputer yang kita miliki mudah terkena infeksi virus.

Didunia komputer, virus biasa dikenal dengan malware yang artinya suatu program yang diciptakan khusus oleh si pembuat dengan tujuan dan kemampuan untuk merusak atau menyusupi suatu program untuk maksud tertentu. Virus yang tersebar pada laptop dan komputer ini sangat berbahaya bila sudah menginfeksi sotfware sehingga membuat kinerjanya tidak berfungsi secara normal. Jika sudah menyerang sistem operasi pada laptop atau komputer, bisa mengakibatkan lumpuh dan tidak bisa digunakan kembali.

8 Hal Ini Jadi Penyebab Laptop atau Komputer Terkena Serangan Virus

Ada banyak sekali jenis virus laptop dan komputer yang tersebar di dunia saat ini. Fungsi serta kerusakan yang ditimbulkan pun juga bermacam-macam. Virus tersebut ada yang menyebabkan file menjadi rusak, tersembunyi, atau bahkan terhapus secara permanen. Selain itu, virus yang tersebar di laptop dan komputer bisa dimanfaatkan untuk tujuan kriminal oleh pembuatnya seperti pencurian data pengguna atau memata-matai pemilik perangkat tersebut.

Dampak Yang Ditimbulkan Virus Jika Menyerang Laptop Atau Komputer

Sebuah virus sama halnya seperti sebuah penyakit. Pasti akan ada dampak yang ditimbulkan pada objek yang terjangkit. Dalam hal ini dampak terbesar akan terasa pada laptop atau komputer yang kita gunakan. Jika sudah terinfeksi virus biasanya laptop atau komputer akan bekerja secara tidak normal. Berikut ini adalah dampak yang terjadi jika virus menyerang laptop atau komputer.
  • Komputer akan menjadi sangat lambat
  • Terjadi banyak software yang error saat dibuka
  • Banyak file yang hilang atau tidak bisa diakses
  • Sering terjadi masalah pada sistem operasi komputer
  • Ruang penyimpanan laptop atau komputer menjadi penuh
  • Sering muncul pesan atau notifikasi yang tidak dikenal
  • Laptop atau komputer tidak bisa masuk Windows

Lalu, Penyebaran Virus Pada Laptop atau Komputer Melalui Apa Saja?

Bagi para pengguna laptop atau komputer yang masih awan pasti bertanya-tanya sebenarnya hal-hal yang bisa jadi penyebab virus menyebar. Sebagai pengguna, sebaiknya anda harus mempelajari masalah ini supaya laptop atau komputer yang anda gunakan tidak mudah terkena virus yang mengganggu dan merugikan tersebut. Dengan mewaspadai cara penyebarannya, setidaknya anda akan bisa mencegahnya. Berikut ini adalah hal-hal yang jadi penyebab laptop atau komputer anda terkena virus.

Sering Download File Ditempat Yang Tidak Terpercaya

Kemudahan akses internet membuat kita dengan mudah mengakses apa saja bahkan untuk mengunduh sebuah file sekaligus. Ditambah dengan semakin majunya mesin pencari memudahkan kita dalam mencari file untuk di download. Namun tahukah anda bahwa sering download file di tempat yang tidak terpercaya dapat meningkatkan resiko laptop atau komputer kita terkena virus?. Sebaiknya hindari download file situs yang tidak terpercaya karena hal ini kerap menjadi penyebab utama penyebaran virus.

Penggunaan Antivirus Yang Tidak Maksimal

Dalam dunia komputerisasi, antivirus bisa dibilang sebagai elemen sangat penting yang tidak bisa terpisahkan. Antivirus itu sendiri bisa menjadi tembok pertama ketika ada sebuah virus yang akan menyerang laptop atau komputer. Penggunaan antivirus yang tidak dimaksimalkan seperti hanya mengandalkan satu antivirus saja, tidak menghidupkan pemindaian otomatis, tidak pernah melakukan scanning secara berkala, dan mematikan antivirus bisa menimbulkan celah yang membuat laptop atau komputer terkena serangan virus.

Tidak Pernah Updtae Antivirus

Selain penggunaan antivirus yang tidak maksimal, kurangnya perhatian pengguna terhadap perawatan antivirus yang terpasang juga bisa jadi penyebab laptop atau komputer terkena serangan virus. Biasakan untuk selalu update antivirus yang terpasang di laptop atau komputer karena hal ini dapat memperkaya database yang selalu mengikuti perkembangan jenis-jenis virus dari waktu ke waktu. Semakin banyak database pada antivirus maka perlindungannya akan semakin efektif.

Menginstal Software Bajakan

Kebiasaan yang sering dilakukan oleh para pengguna laptop atau komputer pribadi adalah memasang atau menginstal software bajakan. Perangkat lunak bodong (bajakan) seperti ini memang bisa kita dapatkan secara gratis tanpa harus membelinya. Namun hal ini sering dijadikan celah oleh mereka penyedia software gratisan untuk menyusupkan virus melalui program seperti crak atau serial number sehingga dapat menyebar di laptop atau komputer dengan sangat cepat.

Menghubungkan Flashdisk Tanpa Melalui Scanning

Dari sekian banyak hal yang jadi penyebab laptop atau komputer terkena serangan virus, menghubungkan flashdisk tanpa melalui scanning menjadi penyumbang terbesar infeksi virus. Kita tidak pernah mengetahui seberapa aman flashdisk milik orang lain tersebut sehingga perlu dilakukannya scanning untuk mencegah penyebaran virus pada laptop atau komputer kita. Oleh karena itu, dalam meminimalisir penyebab serangan virus, maka selalu lakukan scanning terhadap flashdisk yang akan tehubung ke laptop atau komputer.

Baca Juga:
  1. Penyebab dan Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Rusak Tidak Berfungsi
  2. 8 Cara Menjaga Laptop Dari Serangan Virus Yang Merusak 
  3. Tips Membeli Laptop Second! Perhatikan 11 Hal Ini

Membuka Situs Yang Tidak Aman di Internet

Mudahnya mendapat akses internet membuat pengguna laptop atau komputer dengan leluasa berselancar di dunia maya. Begitu mudahnya kita berselancar hingga lalai terhadap keamanan dari situs yang diakses itu sendiri. Tidak semua situs yang ada didunia aman untuk dijelajahi, banyak diantaranya yang tidak aman karena dapat menyebabkan penyebaran virus. Usahakan untuk selalu waspada saat menjelajahi situs-situs yang ada di internet.

Mematikan Firewall Pada Laptop atau Komputer

Windows firewall merupakan salah satu elemen penting dalam sistem operasi windows itu sendiri. Dengan adanya firewall maka sistem operasi kita akan mendapat perlindungan ganda dari serangan malware atau virus yang dapat merusak. Akan tetapi jika fungsi dari firewall ini dimatikan, maka segala macam bentuk virus akan dengan mudah menggerogoti sistem operasi. Anda disarankan untuk tidak pernah mematikan fungsi dari windows firewal pada laptop atau komputer.

Kurangnya Pemahaman Terhadap Malware

Pengetahuan terhadap malware atau virus sangat penting untuk anda pelajari sebagai pengguna laptop atau komputer. Bermodalkan pemahaman terhadap virus mulai dari jenisnya, cara kerjanya, dampaknya, cara pencegahan hingga cara penanganannya akan membuat kita dapat meminimalisir penyebab laptop atau komputer terkena serangan virus. Mulai saat ini, cobalah untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai malware dan virus dengan membaca buku atau artikel terkait yang membahas masalah ini.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai hal-hal yang bisa jadi penyebab laptop atau komputer anda terkena serangan virus. Memang tidak bisa dipungkiri perkembangan dan penyebaran virus pada laptop atau komputer memang sangat cepat dan beragam. Karena dampaknya yang begitu sangat merugikan, sebagai pengguna laptop atau komputer sebaiknya kita melakukan pencegahan dengan mewaspadai penyebaran virus tersebut melalui berbagai macam cara seperti yang sudah kita bahas diatas.

8 Hal Ini Jadi Penyebab Laptop atau Komputer Terkena Serangan Virus