7 Cara Menghemat Kuota Hotspot atau Tathering ke Laptop

Hotspot atau tathering adalah salah satu fitur berbagai jaringan internet yang bisa dilakukan oleh smartphone. Dengan adanya hotspot pengguna bisa berbagai jaringan internet dari ponsel ke laptop. Namun, penggunaan tathering untuk laptop terkadang mengkonsumsi banyak kuota internet sehingga penggunaanya perlu di kontrol. Menghemat kuota hotspot atau tathering ke laptop adalah salah satu cara agar tidak boros paket data seluler.

Salah satu penyebab kenapa penggunaan kuota untuk laptop menjadi boros adalah tampilan dari laptop itu sendiri yang lebih luas sehingga memerlukan lebih banyak data yang dimuat seperti gambar, animasi, atau video. Maka dari itu kamu perlu menghemat kuota hotspot atau tathering ke laptop supaya tidak bisa lebih irit. Karena pada dasarnya, mengakses internet dari laptop dalam kondisi dan kebutuhan tertentu memang tidak bisa kita hindari.

Menghemat Kuota Hotspot atau Tathering ke Laptop

Beberapa situs atau website tidak bisa dibuka secara optimal melalui ponsel. Maka pengguna mau tidak mau harus membukanya melalui laptop dengan memanfaatkan jaringan internet dari hotspot atau tathering ponsel. Cara ini memang bisa jadi alternatif ketika disekitar kita tidak ada jaringan wifi terbuka. Penggunaan hotspot atau tathering dari ponsel menjadi cara yang praktis meski agak sedikit memakan konsumsi paket data internet.

Cara Menghemat Kuota Hostspot atau Tathering Dari HP ke Laptop

Meski akses internet harus tetap dibutuhkan ketika kamu membuka situs atau website di laptop, namun kamu tetap bisa menghemat kuota hotspot ke laptop dari HP dengan cara-cara tertentu. Karena pada dasarnya, setiap perangkat lunak busa kita atur atau setel untuk tujuan tertentu adalah satunya untuk menghemat kuota tathering agar penggunaan paket data seluler menjadi lebih irit. Bagaimana caranya? Silahkan simak beberapa penjelasan berikut ini.

Matikan Update Otomatis Pada Windows

Langkah pertama yang wajib kamu lakukan untuk menghemat kuota hotspot atau tathering adalah mematikan windows update. Kenapa begitu? Karena umumnya file update untuk sistem windows berukuran cukup besar sehingga untuk mengunduhnya akan mengkonsumsi kuota internet banyak. Oleh karena itu, ubahlah pengaturan update windows dari otomatis menjadi manual. Jadi kamu bisa menunda untuk melakukan update pada sistem windows ketika ada jaringan wifi terbuka saja.

Lakukan Update Antivirus Secara Manual

Selain update pada windows, sistem update otomatis yang kedua biasanya ada pada security system yaitu antivirus. Meski file update antivirus tidak sebesar windows, namun intensitasnya lebih sering untuk memperkuat data base dalam mendeteksi malware atau virus. Sehingga secara akumulasi juga memakan konsumsi paket data yang lumayan banyak. Maka dari itu, lakukan update antivirus secara manual saja. Dengan begini, kamu dapat menentukan sendiri kapan melakukan update sehingga bisa menghemat kuota hotspot atau tathering.

Manfaatkan Fitur Metered Connection

Masih banyak pengguna yang belum tahu bahwa didalam sistem windows dibekali sebuah fitur khusus oleh pengembangnya yaitu Microsoft, dengan fungsi untuk menutup akses internet ke sistem lain dan hanya memberi akses pada sistem yang penting seperti browser. Jadi aplikasi lain yang tidak terkait seperti antivirus, email dan lain-lain ditutup. Sedangkan yang mendapat akses internet hanya browser yang kamu buka saja. Dengan begini kamu bisa menghemat kuota hotspot atau tathering ke laptop.

Cara menggunakannya, pertama silahkan klik Start kemudian buka Settings. Pada tampilan jendela baru, pilih menu Network & Internet. Setelah itu pilih menu Wifi dibaris kedua, lalu silahkan klik pada menu Manage known network. Disitu kamu akan mendapati daftar semua jaringan dikenal yang pernah kamu gunakan. Silahkan cari nama Hotspot atau Tathering HP kamu. Jika sudah silahkan klik lalu pilih Properties. Ubah setelan pada bagian Set as metered connection dari OF menjadi ON. Sudah selesai.

Membatasi Penggunaan Data

Selanjutnya, kamu bisa menghemat kuota hotspot atau tathering ke laptop dengan membatasi penggunaan data. Disini yang dibatasi bukanlah laptopnya, namun ponsel kamu. Beberapa aplikasi yang bisa kamu download di Playstore seperti Internet Speed Meter, Data Usage, My Data Manager, Data Usage Monitor dan sebagainya dapat membantumu dalam membatasi berapa jumlah kuota yang ingin kamu gunakan. Jika sudah melebihi batas yang ditentukan, maka akan muncul notifikasi atau internet bisa mati sendiri.

Membatasi Kecepatan Internet

Selain dengan cara membatasi penggunaan data, kamu juga bisa membatasi kecepatan internet untuk bisa menghemat kuota hotspot atau tathering ke laptop itu sendiri. Dengan begini kecepatan internet bisa terkontrol sehingga pemuatan data yang besar pada website akan berkurang. Namun kebanyakan aplikasi yang bisa membantumu dalam membatasi kecepatan hotspot atau tathering HP Android membutuhkan akses Root. Jadi sebaiknya kamu pertimbangkan dengan baik cara yang satu ini.

Baca Juga:
  1. Cara Menghemat Kuota Internet Saat Nonton Youtube
  2. Apakah WhatsApp Bisa Dibajak Atau Disadap? Ini Penjelasannya
  3. 8 Cara Mengatasi Wifi Windows 10 Sulit Terhubung ke Internet

Meminimalisir Gambar Yang Dimuat

Salah satu file terbesar yang harus kamu muat disebuah situs atau website adalah gambar. Jadi bisa dikatakan bahwa gambar memakan banyak kuota terlebih jika diakses melalui laptop yang tampilannya lebih luas daripada ponsel. Apabila informasi yang kamu cari tidak ada kaitannya dengan gambar, sebaiknya gambar apapun pada website tersebut tidak usah dimuat. Jadi yang muncul hanya tulisan saja sehingga penggunaan data jadi sangat sedikit. Cara adalah sebagai berikut ini.

Untuk browser Google Chrome: Pertama masuklah ke Setelan, kemudian klik dan buka Tampilkan Setelan Lanjutan. Lalu buka menu Privasi dan Keamanan, setelah itu klik Setelan situs. Lihat pada bagian Gambar, silahkan ubah Tampilkan semua menjadi Jangan Tampilkan gambar apapun.
Untuk browser Mozilla Firefox: Silahkan kamu buka browser Mozilla terlebih dulu, pada Address bar silahkan masukkan "about:config". Pada kolom Cari nama preferensi, silahkan ketikkan kata kunci "permissions.default.image". Kemudian pada bagian Value, silahkan ganti dari angka 1 menjadi angka 2.

Memasang Ads-on Pemblokir Iklan

Cara terakhir untuk menghemat kuota hotspot atau tathering ke laptop adalah dengan memblokir iklan yang muncul pada website. Selain berbagai media yang ada didalam website, salah satu penyebab boros kuota adalah iklan. Seperti yang kita tahu bahwa konten iklan sangat beragam mulai dari gambar, animasi bahkan hingga video. Untuk memblokir iklan yang tampil pada website, kamu bisa memasang ads-on seperti Adblock Plus atau sejenisnya pada browser.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat kuota hotspot atau tathering ke laptop dari HP. Dengan demikian kamu bisa lebih tenang dalam browsing di laptop tanpa takut akan kehilangan banyak paket data seluler. Memanfaatkan jaringan internet yang tersedia di ponsel saat ini sudah jadi hal yang umum. Namun karena tarif internet di Indonesia yang masih tergolong mahal, maka melakukan penghematan ada ide yang sangat bagus supaya tidak menambah pengeluaran untuk membeli kuota internet.

7 Cara Menghemat Kuota Hotspot atau Tathering ke Laptop