-->

8 Cara Mengatasi Wifi Windows 10 Sulit Terhubung ke Internet

Wifi merupakan salah satu fitur penting pada laptop. Dengan terhubungnya jaringan wifi ke internet kita dapat dengan leluasa terkoneksi ke dunia maya. Fitur koneksi wifi tersedia hampir disemua jenis dan merk laptop yang kini beredar di pasaran. Dengan perangkat lunak yang sudah ada pada sistem operasi mulai dari windows 7, windows 8 hingga windows 10 kita dapat dengan mudah mencari koneksi internet ke jaringan hotspot terdekat.

Namun akhir-akhir ini para pengguna sistem operasi laptop khususnya windows 10 mengeluhkan masalah karena sulitnya jaringam wifi mereka untuk terhubung ke internet. Beberapa diantara mereka juga mengalami koneksi internet yang tidak berfungsi padahal wifi sudah terhubung. Berbagai macam masalah tersebut dirasa cukup mengganggu mengingat koneksi wifi sudah menjadi salah satu kebutuhan pengguna laptop.


Adanya masalah wifi pada windows 10 yang sulit terhubung ke internet memang membuat para pengguna laptop khususnya merasa kebingungan. Akan tetapi hal tersebut bukanlah tanpa alasan. Adanya masalah pasti terjadi karena ada penyebabnya. Bukan berarti windows 10 milik anda yang error tapi hal itu terjadi karena beberapa faktor yang mungkin belum anda ketahui karena sistem operasi ini tergolong masih baru.

Mengatasi Wifi Laptop Pada Windows 10 Yang Sulit Terhubung ke Internet

Setiap permasalahan pasti ada jalan keluar dan solusinya. Begitu juga dengan masalah pada wifi laptop anda yang tidak bisa terhubung ke internet padahal sistem operasi yang digunakan tergolong baru yaitu, windows 10. Dengan mempelajari penyebabnya, kita pasti akan dengan mudah mendapatkan solusinya. Berikut ini adalah cara mengatasi wifi windows 10 yang sulit terhubung ke internet.

Pastikan Kecepatan Jaringan Internet Stabil

Salah satu penyebab yang sangat sering terjadi sehingga membuat wifi windows 10 sulit terhubung ke jaringan internet ada pada kecepatan jaringan internet hotspot yang memang tidak stabil. Kecepatan hotspot yang naik turun atau bahkan tidak berjalan sama sekali terjadi karena jumlah traffic yang padat. Oleh sebab itu, pilihlah jaringan hotspot pribadi atau yang tidak banyak digunakan oleh orang lain sehingga wifi windows 10 anda mudah dihubungkan.

Pasword Pada Hotspot Sudah Berubah

Ketika suatu jaringan hotspot yang biasanya anda gunakan paswordnya diubah dapat membuat wifi windows 10 pada laptop anda tidak bisa terhubung. Biasanya hal ini sulit terdeteksi karena tidak adanya pemberitahuan terlebih dahulu pada perangkat. Jika ini masalahnya, maka solusinya tidaklah sulit. Anda hanya perlu memasukkan ulang pasword yang baru. Caranya dengan lupakan jaringan tersebut lalu hubungkan kembali. Masukkan pasword baru maka wifi windows 10 anda sudah bisa terhubung.

Reset Router atau Perangkat Hotspot

Bukan pada laptop atau windows 10 milik anda yang bermasalah, bisa saja wifi yang sulit terhubung terjadi karena adanya masalah pada router atau perangkat hotspot yang menyediakan jaringan internet. Jika ini penyebabnya, maka tugas anda cukup mudah yaitu melakukan reset pada router. Jika anda menggunakan hotspot dari smartphone maka cukup lakukan reset pada pengaturan hotspot yang ada di smartphone. Biasanya pengaturan yang berubah tanpa disengaja bisa menimbulkan masalah.

Periksa Driver Wifi Pada Laptop

Faktor internal dari laptop itu sendiri juga bisa menyebabkan wifi windows 10 tidak bisa terhubung ke internet. Salah satunya adalah faktor driver yang memiliki fungsi mengatur perangkat keras wifi yang terpasang pada laptop. Driver wifi yang sudah usang atau tidak cocok bisa membuat laptop tidak bisa terhubung ke internet. Solusi yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan update driver atau download driver baru yang lebih compatible.

Forget Network (Lupakan Jaringan)

Cara lain yang sederhana tapi cukup ampuh untuk mengatasi wifi windows 10 yang sulit terhubung ke internet adalah dengan forget network atau lupakan jaringan. Maksudnya adalah anda cukup melupakan jaringan tersebut dari laptop anda kemudian menghubungkannya kembali. Cara ini bisa digunakan untuk refresh koneksi wifi laptop anda ke jaringan hotspot tersebut agar dapat terhubung kembali.

Baca Juga:
  1. Cara Mudah Mengatasi Halaman Login Wifi ID Tidak Muncul (Tanpa Setting)
  2. Printer Tidak Terdeteksi di Windows 10? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
  3. 7 Tanda Laptop Anda Minta Di Install Ulang, Apa Saja?

Manfaatkan Troubleshoot Problems

Sudahkah anda tahu fungsi dari fitur troubleshoot problems yang ada pada windows? Jika belum, mari cari tahu. Jadi, troubleshoot problems dapat kita gunakan untuk mendeteksi masalah pada perangkat lunak wifi sekaligus untuk membantu memperbaikinya. Meskipun cara ini tidak selalu berhasil mengatasi masalah wifi windows 10 yang sulit terhubung ke internet, namun anda harus mencobanya. Jika beruntung masalah tersebut bisa terselesaikan dengan cara ini.

Hidupkan Fungsi Connect Automatically

Fungsi connect automatically bisa difungsikan saat anda akan menghubungkan wifi ke salah satu jaringan dengan cara memberi tanda centang pada bagian bawah jaringan hotspot yang dipilih. Dengan connect automatically, wifi windows 10 anda akan selalu terhubung pada jaringan hotspot yang sudah pernah anda gunakan sebelumnya tanpa harus menghubungkannya kembali. Cara ini akan membuat anda tidak lagi kesulitan menghubungkan wifi ke hotspot.

Bawa ke Tukang Servis Terdekat

Cara terkahir yang bisa anda tempuh untuk mengatasi wifi windows 10 sulit terhubung ke internet adalah dengan membawa laptop anda ke tukang servis terdekat. Disana pasti sudah ada ahlinya yang siap membantu keluhan serta masalah anda terkait koneksi wifi. Tidak semua masalah dapat kita selesaikan sendiri. Memang sekali-kali kita memerlukan bantuan orang yang lebih ahli untuk membantu mendapatkan solusinya.

Penutup

Itulah beberapa cara mengatasi wifi windows 10 yang sulit atau tidak bisa terhubung ke jaringan internet. Pada dasarnya wifi yang tidak bisa connect ke jaringan hotspot di windows 10 terjadi karena sistem operasi ini ingin memberikan proteksi khusus kepada para penggunanya. Maka dari itu jika bukan pada jaringan hotspot yang aman, maka wifi windows 10 akan menjadi sulit atau bahkan tidak bisa terhubung.

8 Cara Mengatasi Wifi Windows 10 Sulit Terhubung ke Internet