Perbedaan Antara Online Shop dan Online Store

Dalam dunia jual beli online kita sering sekali mendengar istilah online shop dan online store. Beberapa pedagang online menggunakan istilah online shop untuk toko mereka sedangkan beberapa pedagang online yang lainnya menggunakan istilah online store. Sebenarnya apa sih berpedaan antara online shop dan online store? Beberapa dari anda mungkin bingung membedakannya, namun pasti ada juga diantara anda yang bodo amat dengan istilah tersebut.

Bagi anda yang tidak paham dengan dua istilah tersebut pasti sama-sama mengartikannya sebagai toko online. Memang tidak salah, keduanya memiliki arti yang sama yaitu toko online. Jika diartikan secara awam keduanya memiliki makna yang sama, namun jika dikaji ulang secara bahasa, kedua istilah tersebut memiliki perbedaan dalam penggunaannya. Nah disini kita akan mencoba mengkaji kedua istilah diatas dari sudut pandang bahasa supaya tidak terjadi kebingungan dan juga tidak terjadi kekeliruan penggunaan dalam dunia jual beli online.

Gambar Perbedaan Antara Online Shop dan Online Store

Perbedaan Antara Online Shop dan Online Store


Istilah online shop dan online store memiliki kesamaan secara struktur yaitu sebuah frasa yang terdiri dari dua buah kata. Kata yang pertama adalah online yang jika diartikan secara harfiah adalah keadaan dimana seseorang terhubung kedalam sebuah jaringan dengan orang lainnya melalui suatu perangkat atau alat yang digunakan. Pada kata yang kedua inilah yang membedakan antar kedua istilah diatas, yaitu shop dan store. Kata shop dan store merupakan kata yang diadopsi dari bahasa inggris yang jika diartikan ke dalam bahasa indonesia artinya adalah toko.


Meskipun memiliki arti yang sama, namun istilah shop dan store memiliki penggunaan yang ditujukan untuk dua buah hal yang berbeda. Didalam bahasa asalnya yaitu bahasa inggris, kata shop memiliki karakteristik sebagai toko dengan skala kecil atau toko yang hanya menjual beberapa jenis barang atau dikhususkan untuk menjual satu buah jenis barang saja. Sedangkan kata store didalam bahasa inggris penggunaanya digunakan untuk menunjukkan toko yang memiliki karakteristik besar, dalam artian toko tersebut memiliki produk atau barang yang dijual beraneka ragam dan berjumlah banyak dengan sakala yang besar juga.

Istilah Online Shop

Didalam penerapannya, istilah online shop berarti sebuah toko online yang menjual beberapa jenis barang atau bahkan hanya satu jenis barang saja serta skalanya pun juga kecil. Misalkan online shop souvenir yang berarti toko online yang menjual beberapa macam jenis barang namun masih dalam satu produk berupa souvenir entah itu souvenir acara pernikahan atau souvenir terkait kepariwisataan. Lalu untuk contoh kedua bisa juga seperti halnya online shop di instagram @raktasku (https://www.instagram.com/raktasku) yang merupakan toko online yang dikhususkan untuk menjual satu produk saja yaitu tas dan dompet wanita. Meskipun tas dan dompet yang dijual memiliki berbagai macam model dan jenis, namun masih dalam satu kesatuan yaitu tas dan dompet wanita.

Istilah Online Store

Untuk istilah online store dalam penerapannya berarti sebuah toko yang menjual berbagai macam jenis barang yang jumlahnya cukup banyak. Skalanya bisa kecil atau pun besar, namun pada umumnya istilah store digunakan untuk toko dengan sakala yang cukup besar. Yang pasti barang yang dijual pada toko tersebut memiliki jenis yang beragam dan tidak hanya satu produk saja. Misalkan sebuah online store menjual baju, celana, tas, kaos, jilbab dan aksesoris. Pemilik toko online tersebut bisa menggunakn istilah online store untuk tokonya karena memang barang yang disediakan jenisnya sangat banyak dan beragam.
Kesimpulan yang bisa kita ambil dari penjelasan diatas mengenai perbedaan antara online shop dan online store adalah terletak pada jenis barang yang disediakan serta yang dijual saja. Jika online shop hanya menjal beberapa atau satu jenis barang, sedangkan online store kebalikannya yaitu menjual berbagai jenis dan banyak ragam barang dagangan dalam satu toko online. Meskipun secara makna memiliki kesamaan,namun pada penerapan dan penggunaanya inilah kedua istilah tersebut memiliki perbedaan.

Setelah mengetahui perbedaan kedua istilah diatas, anda akan dapat lebih jeli dalam menggunakan istilah online shop dan online store supaya tidak tertukar atau terbalik lagi. Barangkali diantara anda adalah pemilik toko online yang dapat menerapkan ke dua istilah diatas dengan baik dan benar. Memang tidak akan anda yang menyalahkan ketika anda memiliki toko online dengan menggunakan istilah online shop ataupun online store.Hanya saja jika anda dapat menggunakan suatu istilah dengan tepat untuk toko online yang dimiliki, maka nilai dari toko tersebuat akan bertambah.

Penutup
Semoga penjelasan perbedaan antara online shop dan online store diatas dapat menambah pengetahuan anda yang masih awam. Selain itu anda juga menemukan jawaban dari rasa penasaran dan ketidaktahuan terkait istilahyang sering kita dengar dalam jual beli online yaitu online shop dan online store.

Perbedaan Antara Online Shop dan Online Store