Suka dan Duka Menjalankan Bisnis Online Shop. Apa Saja?

Bisnis online shop menjadi satu bidang profesi yang banyak ditekuni oleh masyarakat di Indonesia. Berbagai kemudahan serta kesederhanaan dari usaha ini menjadi daya tarik tersendiri sehingga banyak pengusaha baru maupun pedagang konvensional yang banting stir menjadi pelaku bisnis online. Seperti halnya mendirikan usaha lain, seorang pemilik bisnis online pasti akan banyak menemukan masalah. Tidak jarang diantara mereka yang mengalami suka dan duka selama menjalankannya.

Kondisi susah dan senang dalam bisnis memang menjadi bagian dari pengalaman yang tidak bisa terpisahkan termasuk bagi mereka yang memiliki online shop. Khususnya mereka yang sudah membangun bisnis online shop cukup lama, pasti sudah cukup kenyang menelan segala cerita pahit dan manis menjadi seorang pedagang online. Sebuah resiko yang harus diterima dan dijadikan sebagai bahan pembelajaran.

Gambar Suka dan Duka Menjalankan Bisnis Online Shop

Bagi para pelaku bisnis online yang masih baru merintis atau masih pemula, pasti belum banyak merasakan pengalaman tersebut. Inilah yang membuat mereka sering terbesit tanya dipikiran mereka apa saja suka dan duka yang akan dialami ketika menjalankan bisnis online shop nantinya. Artikel ini adalah bacaan yang tepat karena penulis akan menjelaskan dan berbagi pengalaman tentang suka dan duka selama menjalankan bisnis online.
  

Berbagi Pengalaman Suka dan Duka Menjalankan Bisnis Online Shop

Pada artikel kali ini, penulis yang juga seorang pemilik bisnis online shop akan menyebutkan beberapa poin-poin terkait suka dan duka yang dialami selama menjalankan usaha tersebut. Terhitung sudah hampir setahun bisnis ini berjalan dan sudah lumayan banyak cerita yang dialami baik itu yang menyenangkan maupun yang menyedihkan. Bagaimanapun juga, itu semua harus tetap dijalani karena sudah menjadi konsekuensi yang harus diterima. Berikut ini adalah suka dan duka menjalankan bisnis online shop yang perlu anda ketahui.
 

Suka Dalam Menjalankan Bisnis Online Shop

Pertama kita akan membahas berbagai hal yang menyenangkan alias sukanya terlebih dahulu. Jika anda sudah lama menjalankan bisnis online, pasti akan merasakan banyak hal-hal yang menyenangkan selama bisnis tersebut berlangsung. Namun bagi mereka yang baru membangun online shop, pengalaman ini pasti belum begitu banyak dirasakan. Berikut ini adalah suka yang akan dirasakan ketika menjalankan bisnis online shop.
 

Menentukan Keuntungan Sendiri

Sebagai seorang pelaku usaha online shop, kita dapat dengan mudah menentukan besaran laba yang ingin kita dapatkan. Asalkan kualitas barang yang dijual, berapapun harga yang dipatok pasti akan laku terjual dan banyak peminatnya. Dalam bisnis online memang tidak ada tolak ukur harga pasti apalagi jika barang yang dijual sifatnya sangat langka dipasaran. Dengan begini kita dapat menentukan jumlah keuntungan berdasarkan keinginan kita sendiri.
 

Waktu Kerja Fleksibel

Pelaku bisnis online tidak akan terikat waktu. Sebuah kelebihan yang tidak bisa kita temukan di bidang bisnis lain. Kita dapat buka dan tutup serta menentukan jam kerja sesuka hati. Berbeda halnya dengan orang bekerja atau pedagang yang berjualan di lapak, waktu kerja pemilik online shop tidak terbatas bahkan bisa buka selama 24 jam. Kita juga tidak terikat waktu dengan kantor atau toko lain karena sudah berdiri sendiri atau independen.
 

Menyalurkan Hobi Bisnis

Bagi anda yang memiliki hobi bisnis, tidak ada salahnya mencoba membangun online shop untuk melebarkan sayap. Ada banyak pengalaman yang akan kita dapatkan saat menjalankan bisnis online dimana tidak dapat kita temukan di bisnis konvensional. Dengan berdagang secara online kita akan mendapatkan kepuasan tersendiri ketika bisnis yang dijalankan bisa meraih kesuksesan dan keberhasilan.
 

Meningkatkan Kemampuan Bisnis

Semakin banyak melakukan, maka semakin banyak pembelajaran yang kita dapatkan. Semakin banyak pembelajaran tentu kemampuan yang kita miliki akan terus meningkat. Inilah salah satu hal yang bisa kita dapatkan ketika menjadi pelaku bisnis online. Berbagai permasalahan yang kita dapatkan selama berjualan, bisa kita jadikan sebagai “guru” yang memberikan banyak pengalaman. Seperti yang kita tahu bahwa pengalaman akan menjadi guru terbaik.
 

Mengenal Produk Lebih Dekat

Ketika sudah berkecimpung di dunia perdagangan khususnya bisnis online, kita akan dikelilingi oleh produk-produk dagangan yang kita jual. Secara tidak langsung kita akan menguasai dan mengenal produk secara lebih dekat karena setiap waktu berkutat dengan barang tersebut. Kita juga akan mengetahui perkembangan dan tren seputar produk yang dijual.
 

Bisa Dilakukan Dimanapun

Bisnis online adalah bidang usaha yang paling mudah. Pasalnya, kita tidak akan terikat oleh tempat dan lokasi. Kita dapat menjual barang-barang yang ada di online shop dimanapun kita berada. Entah itu saat sedang dirumah, ditaman, ditempat makan dan lain sebagainya, kita tetap bisa menjalankan usaha tanpa harus terpaku pada satu tempat saja.
 

Menyenangkan Dan Mengasyikkan

Menjalankan bisnis online itu menyenangkan dan mengasyikkan. Kenapa? Karena kita bisa melakukannya sambil melakukan aktivitas lain seperti makan camilan, minum, berbaring, duduk dan lain sebagainya. Selain itu kita juga bisa bekerja lebih santai dengan menggunakan pakaian seadanya seperti kaos, celana kolor ataupun baju tidur. Hal yang tidak akan sulit kita temui dibidang pekerjaan lain.
 

Duka Dalam Menjalankan Bisnis Online Shop

Setelah membahas berbagai hal yang menyenangkan diatas, sekarang saatnya kita membahas hal-hal menyedihkan atau duka dalam menjalankan bisnis online shop. Berbagai poin yang penulis sebutkan berikut ini pasti sudah tidak asing lagi bagi anda yang sudah berpengalaman menekuni bisnis online dalam waktu yang lama. Bagi anda yang masih baru memulai, simak beberapa kisah duka dalam bisnis online yang perlu diwaspadai nantinya.
 

Di PHP Oleh Pembeli

Kemungkinan besar yang akan kita temui dalam menjalankan bisnis online adalah di PHP atau diberi harapan palsu oleh pembeli. Dalam artian seorang pembeli yang sudah memesan barang namun tidak kunjung membayarnya bahkan bisa menghilang tanpa ada kabar. Seorang pemilik online shop lama pasti sudah banyak menjumpai hal semacam ini.

Baca Juga:
  1. 9 Macam Tipe Pembeli Online Shop di Sosial Media dan Marketplace 
  2. 7 Macam Komplain Pembeli Kepada Online Shop Yang Sering Disampaikan 
  3. 8 Tips Promosi Online Shop di Media Sosial Supaya Laku dan Laris 

Dikomplain Oleh Pembeli

Selain di tinggal kabur pembeli, masih ada permasalahan yang menyangkut konsumen salah satunya adalah komplain. Bisnis online lebih kompleks daripada transaksi konvensional. Hal ini disebabkan karena penjual dan pembeli tidak bisa bertemu secara langsung. Maka dari itu akan ada banyak permasalahan yang timbul sehingga menyebabkan berbagai macam komplain dari pembeli seperti barang tidak sesuai, warna berbeda degan gambar, pengiriman lambat dan lain-lain.
 

Adanya Barang Yang Cacat

Kemungkinan lain yang akan kita jumpai dalam bisnis online adalah barang cacat atau rusak yang akan kita terima dari supplier. Hal ini hanya berlaku bagi mereka yang berjualan dengan sistem dropship atau pre-order. Namun bukan berarti masalah ini tidak bisa ditemukan oleh mereka yang menjual produk sendiri. Bisa saja barang yang kita kirim kepada pembeli dapat rusak selama proses pengiriman berlangsung.
 

Sulit Mengetahui Kualitas Produk

Selama menjalankan bisnis online pembeli akan kesulitan mengetahui kualitas produk karena tidak memegang dan melihat barang secara langsung. Mereka hanya bisa melihat barang melalui gambar dengan deskripsi pendukung untuk mengira-ngira kualitas dari produk itu sendiri. Inilah yang mengakibatkan banyak pembeli mengajukan berbagai macam pertanyaan terkait produk yang dijual.
 

Sulit Mendapatkan Kepercayaan

Kendala lain yang pasti kita jumpai ketika menjalankan bisnis online shop adalah sulitnya mendapatkan kepercayaan dari calon pembeli. Penjelasan tentang sulitnya konsumen mengetahui kualitas produk pada poin diatas menjadi penyebab utama kenapa penjual sulit mendapat kepercayaan. Selain masalah kualitas barang, penyebab lain sulitnya mendapat kepercayaan dari pembeli adalah isu penipuan yang identik dengan belanja online.
 

Barang Pesanan Habis

Poin ini khusus berlaku bagi mereka yang menjalankan bisnis online secara pre-roder atau PO. Ketika sudah banyak barang pesanan masuk dan dicatat, ketika akan mengambil barang tersebut dari suppliyer ternyata stok sudah habis. Masalah ini kerap membuat penjual merasa kesal karena tidak dapat memenuhi permintaan pembelinya.
 

Menghadapi Berbagai Tipe Pembeli

Setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda termasuk mereka para pembeli online shop kita. Oleh karena itu, kita akan menemui banyak tipe pembeli yang tidak sama antara satu dengan yang lainnya. Ada pembeli yang memiliki sifat cerewet, banyak tanya, ragu-ragu, menggantung, dan lain sebagainya.
 

Penutup
Itulah kisah suka dan duka menjalankan bisnis online shop yang pernah dialami oleh penulis. Sebagai seorang pelaku usaha, kita tidak boleh berkecil hati dengan berbagai kemungkinan diatas karena memang sudah menjadi resiko atau konsekuensi yang harus kita hadapi. Hal-hal yang menyenangkan dan menyedihkan selama menjadi pelaku bisnis online shop harus mampu kita jadikan pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan dan dan pengalaman dalam berwirausaha.

Suka dan Duka Menjalankan Bisnis Online Shop. Apa Saja?