Memilih Supplier Untuk Bisnis Online Shop? Perhatikan 9 Kriteria Ini

Supplier memiliki peran yang sangat penting dalam usaha online shop. Sebagai penyedia stok barang dagangan, supplier atau yang biasa disebut distributor menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan bagi para reseller atau dropshipper dimana mereka sangat bergantung pada produk yang disediakan. Itulah sebabnya kenapa seorang pelaku bisnis online selalu memperhatikan beberapa kriteria dalam memilih supplier terbaik.

Mencari supplier terpercaya yang dapat dijadikan sebagai rekan untuk bekerja sama memang bukanlah sebuah pekerjaan mudah. Sebagai seorang reseller atau dropshipper yang akan bergantung pada mereka, kita harus memperhatikan beberapa aspek termasuk keuntungan yang akan didapat dan potensi produk yang akan dijual kedepannya.

Gambar Kriteria Memilih Supplier Untuk Bisnis Online Shop

Seorang pemilik online shop yang mampu mendapatkan supplier terbaik pasti akan memperoleh banyak manfaat terhadap bisnis yang dijalankannya. Supplier terbaik pasti memiliki produk unggulan dengan harga yang dapat bersaing dipasaran. Hal ini dapat membawa pengaruh baik bagi online shop yang kita jalankan sehingga akan mudah untuk maju dan berkembang.

Tips Memilih Supplier Terbaik Dan Terpercaya Untuk Reseller Atau Dropshipper

Mengingat pentingnya supplier dalam bisnis online, sebagai pemilik online shop kita harus mampu memilih yang benar-benar terbaik dan terpercaya. Hal ini harus benar-benar diperhatikan demi kelancaran usaha yang kita jalankan. Seorang reseller atau dropshipper yang salah dalam memilih suppliyer dapat menghambat proses berkembangnya usaha. Maka dari itu, perhatikan 9 kriteria memilih supplier untuk bisnis online shop berikut ini.

Perhatikan Kualitas Produk Dari Supplier

Bagaimanapun juga, kualitas produk tetap menjadi nomor satu. Seorang pembeli hanya akan tertarik dengan produk yang memiliki kualitas baik. Memperhatikan kualitas barang yang ditawarkan oleh supplier adalah salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan. Coba lakukan peninjauan terlebih dahulu seperti apa kualitas barang yang ada di supplier sebelum memutuskan untuk memilihnya.

Ketersediaan Stok Barang Dari Supplier

Selain kualitas dari produk, hal lain yang cukup penting untuk diperhatikan adalah ketersediaan stok barang dagangan yang ada di supplier. Supplier dengan jumlah stok barang yang mumpuni patut diperhitungkan. Pasalnya, jumlah stok barang yang melimpah dari supplier akan memudahkan kita dalam berjualan karena tidak akan takut kehabisan ditengah jalan.

Pilih Supplier Dengan Pelayanan Terbaik

Supplier yang memberikan pelayanan terbaiknya akan memudahkan kita dalam bekerja sama. Biasanya hal ini akan membuat kita mudah berkomunikasi dan terhindar dari selisih paham. Pelayanan terbaik dari supplier meliputi respon yang cepat, bersikap ramah, informasi yang jelas, proses pengiriman yang cepat dan lain sebagainya. Jadikan pelayanan terbaik sebagai salah satu pertimbangan ketika memilih supplier.

Pastikan Supplier Memudahkan Transaksi

Supplier yang memudahkan transaksi juga termasuk ke dalam salah satu ciri pelayanan terbaik. Mudahnya proses transaksi akan membuat kita lebih mudah setiap malakukan pembelian barang sehingga akan membuat waktu kerja lebih efektif. Kemudahan proses transaksi dapat tercermin dari cara pembelian yang sederhana dan menyediakan banyak rekening sebagai pilihan.

Supplier Memberikan Jaminan Garansi

Jangan pernah melewatkan jaminan garansi ketika memutuskan untuk bekerja sama dengan seorang supplier. Buatlah kesepakatan garansi atau retur jika nantinya ada barang yang rusak selama proses pengiriman ataupun cacat produksi. Ini adalah hal yang paling sering disepelekan dan kurang diperhatikan oleh para reseller maupun dropshipper sehingga mereka kebingungan jika sewaktu-waktu menerima barang yang tidak sesuai dengan harapan.

Supplier Menyediakan Gambar Menarik

Gambar atau foto produk yang menarik menjadi sebuah hal penting dalam bisnis online shop. Gambar produk adalah satu-satunya cara yang dapat kita gunakan untuk menunjukkan barang dagangan yang kita jual kepada para calon pembeli. Karena tidak dapat melihat barang secara langsung, maka tampilan gambar yang menarik akan membuat mereka yakin untuk membeli

Baca Juga:
  1. 5 Cara Mendapatkan Barang Dagangan Harga Murah (Kulakan)
  2. Tips Sukses Berjualan Online Supaya Cepat Laku dan Laris 
  3. 10 Langkah Persiapan Untuk Memulai Bisnis Online Shop Bagi Pemula

Pastikan Supplier Memiliki Reputasi Baik

Ketika ingin memilih supplier, coba perhatikan reputasinya terlebih dahulu. Pastikan ia memiliki track record yang baik sehingga dapat dijadikan sebagai distributor barang dalam jangka panjang. Untuk mengetahui reputasi supplier kita dapat melihat dan membaca ulasan dari konsumen lain. Jika banyak ulasan positif, dapat dipastikan bahwa supplier tersebut layak untuk kita pilih.

Pertimbangkan Harga Dari Supplier

Harga barang menjadi sangat penting dalam berjualan. Ketika kita mampu mendapatkan barang kulakan dengan harga jauh dibawah pasaran, maka itu adalah satu keuntungan tersendiri. Maka dari itu, pertimbangkan harga barang dari supplier apakah bisa bersaing dengan para kompetitor atau tidak ketika dijual nantinya. Tanyakan dan buat kesepakatan harga terbaik sebelum memutuskan bekerja sama.

Supplier Merupakan Distributor Tangan Pertama

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi harga adalah kondisi dari supplier itu sendiri. Pastikan anda memilih supplier yang merupakan ditributor tangan pertama sehingga harga jual dari mereka masih rendah. Distributor tangan pertama maksudnya adalah barang yang dijual oleh supplier langsung dari produsen atau pabrik dan belum melalui perantara. Biasanya supplier seperti ini akan mematok harga murah, terlebih lagi jika kita berbelanja dalam jumlah besar.

Penutup
Memilih suplliyer terpercaya adalah salah satu hak serta kebutuhan seorang pelaku bisnis online. Tidak lain tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan dan jumlah penjualan yang tinggi. Mencari supplier terbaik dapat dilakukan dengan banyak cara. Seperti memperhatikan 9 kriteria memilih supplier untuk bisnis online shop seperti yang sudah disebutkan diatas. Dengan begitu, kita dapat lebih teliti dalam menentukan supplier mana yang cocok sebagai partner kerja sama.

Memilih Supplier Untuk Bisnis Online Shop? Perhatikan 9 Kriteria Ini