5 Contoh Inovasi Bisnis Dibidang Jasa

Salah satu modal yang harus dimiliki oleh wirausahawan dalam berwirausaha adalah inovasi. Pemikiran yang inovatif dari seorang pebisnis ulung dapat menghasilkan suatu produk dan jasa dengan nilai lebih. Hal inilah yang dapat membawa seorang pebisnis menuju puncak kesuksesan dalam memenangkan persaingan dengan para kompetitornya. Selain itu, inovasi yang ditawarkan akan lebih menarik hati konsumen terhadap produk atau jasa yang ditawarkan oleh para pelaku usaha.

Semakin berkembangnya era globalisasi membuat perputaran roda bisnis dunia khususnya dibidang jasa juga ikut berputar. Jasa yang ditawarkan oleh para pelaku usaha pun semakin lama semakin mengikuti perkembangan jaman. Perkembangan dan perubahan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan konsumen di era modern seperti sekarang ini yang semakin lama juga semakin beragam. Hal ini membuat bergeraknya bisnis jasa model lama menjadi lebih modern terbaharui.

Globalisasi juga turut serta berpartisipasi dalam mengubah pola pikir masyarakat dimana lebih menuntut kemudahan, kecepatan, dan sesuatu yang instan. Dari permasalahan perubahan pola pikir ini, membuat para pelaku usaha untuk bergerak membuat sesuatu yang lebih inovatif kemudian mengubahnya menjadi sebuah peluang dalam berbisnis. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya bisnis jasa modern yang kita temui disekitar.

Gambar Contoh Inovasi Bisnis Dibidang Jasa

5 Contoh Inovasi Bisnis Dibidang Jasa


Sebagai pelaku usaha, seharusnya kita juga harus peka terhadap kasus ini suapaya tidak tertinggal dan kalah bersaing. Bukan untuk dijadikan sebagai ancaman, namun sebaliknya, justru hal tersebut harus dapat kita gunakan sebagai alat pacu agar lebih berpikir kreatif dan inovatif supaya dapat memberikan nilai lebih terhadap bisnis yang ditekuni. Banyak sekali pebisnis khususnya dibidang jasa yang meraih kesuksesan setelah melakukan inovasi. Berikut ini adalah contoh-contoh inovasi bisnis dibidang jasa yang wajib anda ketahui.

1. Ojek & Taksi Online

Salah satu inovasi bisnis besar yang wajib kita akui adalah munculnya ojek dan taksi online. Ini merupakan salah satu inovasi dibidang transportasi yang meraih kesuksesan besar. Kehadiran transportasi online tersebut disambut gembira oleh masyarakat khususnya pengguna jasa transportasi umum karena berbagai kemudahan yang ditawarkan. Selain kemudahan, model transportasi online juga mematok tarif yang sudah di tetapkan sehingga membuat konsumen tidak dikhawatirkan lagi dengan tarif yang beragam.

Dulu sebelum adanya transportasi online, ojek konvensional kurang diminati masyarakat. Namun sekarang transportasi sekelas ojek pun bisa menjadi sesuatu yang mewah dan menawarkan segudang kemudahan bagi para penumpangnya. Dengan sistem online yang digunakan, penumpang tidak perlu mencari pangkalan ojek dan menghentikan taksi dipinggir jalan. Dengan memakai gadget dalam satu sentuhan, penumpang sudah bisa memakai jasa ojek atau taksi dengan cara dijemput ditempat. 

Selain menyediakan jasa antar jemput. Trasportasi ojek berbasis online juga menyediakan jasa pengantaran/pengiriman barang dan juga pembelian makan/belanjaan. Berbagai kemudahan tersebut seakan memanjakan konsumen di era modern yang menuntut segala sesuatu serba instan. Dengan menggunakan jasa ojek online tersebut, konsumen bisa membeli makanan atau belanjaan tanpa harus keluar rumah dan pergi ke toko. Bermodalkan gadget dan daftar pesanan, barang yang ingin dibeli bisa datang sendiri kerumah dengan diantar oleh tukang ojekya. 

2. Jasa Ekspedisi

Jaman dahulu satu-satunya jasa ekpedisi atau pengiriman barang baik dari ataupun keluar kota hanya disediakan oleh kantor pos. Dengan segala keterbatasan yang ada saat itu, pengiriman barang menggunakan kantor pos menjadi salah satu primadona masyarakat. Pembayaran yang cukup mahal pada saat itu tidak berbanding lurus dengan pelayanan karena penerima masih harus mengambil sendiri paket yang diterimanya ke kantor terdekat.

Namun sekarang keadaan sudah berubah drastis. Seiring dengan perkembangan jaman dan majunya teknologi membuat transaksi online kian meningkat dari waktu ke waktu. Keadaan ini menyebabkan meningkatnya transaksi pengiriman barang yang dilakukan oleh masyarakat. Hal ini membuat sejumlah inovator melakukan terobosan dengan mendirikan jasa ekspedisi atau pengiriman paket barang dengan sistem dan pelayanan yang lebih baik. Ini dibuktikan dengan bermunculannya jasa ekspedisi macam JNE, TIKI, JNT, Wahana, SiCepat, Indah Cargo dan lain-lain.
Para pendiri usaha tersebut pun kini meraih kesuksesan dengan meraup keuntungan yang sangat banyak. Pelayanan dan sistem yang lebih baik membuat para konsumen dimudahkan dalam transaksi pengiriman paket baik itu dari maupun keluar kota. Barang yang diantar dari satu tempat pun kini bisa sampai ke tempat yang lain hingga depan pintu rumah dengan jasa kurir.

3. Jasa Titip

Jasa titip yang dimaksud disini bukanlah jasa penitipan barang, namun jasa titip yang menawarkan jasa titip untuk membelikan suatu yang keberadaannya jauh dari kita. Jasa titip yang kini kian marak merupakan salah satu hasil inovasi yang menawarkan kemudahan bagi seseorang yang tidak bisa membeli sebuah barang yang lokasinya jauh dari tempat tinggalnya. Ambil sebagai contoh, misalnya konsumen A yang berdomisili di bandung ingin membeli bakpia patok asli khas Jogja. Karena kendala lokasi yang jauh, konsumen A tersebut dapat menggunakan jasa titip yang menyediakan jasa pembelian bakpia patok asli Jogja dengan tarif jasa titip tertentu diluar harga barangnya.

Ada banyak sekali jasa titip atau biasa disingkat sebagai jastip yang bisa kita jumpai di media sosial yang menawarkan jasa titip pembelian berbagai produk seperti makanan, tas pakaian dan lain. Ide inovatif ini ternyata juga disambut hangat oleh masyarakat yang merasa terbantu dengan adanya jasa titip yang ditawarkan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya konsumen yang menggunakan jasa titip untuk mendapatkan barang yang diinginkannya.

4. Marketplace

Istilah marketplace atau tempat pemasaran masih sangat asing ditelinga kita. Namun sebenarnya kita sudah sangat familiar atau bahkan pernah menggunakan jasanya. Namun ketika ada orang yang menyebutkan Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan lain-lain sudah pasti anda mengenalnya. Itulah yang dinamakan dengan marketplace. Merupakan sebuah tempat yang disediakan secara online sebagai lokasi bertemunya antara penjual dan pembeli untuk bertransaksi. Penjual dapat menjajakan barang dagangannya di lapak  yang sudah disediakan oleh e-commerce dengan konsep marketplace.

Bagi anda yang sering bertransaksi online pasti sudah sangat mengenal beberapa marketplace yang sudah disebutkan diatas. Marketplace tersebut merupakan salah satu buah inovasi di era digital yang mulai mengalihkan sebagian pasar dan transaksi nyata ke sektor online. Hal ini dikuatkan dengan semakin menjamurnya toko online dan konsumen yang membeli barang dengan sistem online sehingga banyak inovator menyediakan jasa marketplace untuk menampung kebutuhan jual beli online supaya mudah, aman dan nyaman. Banyaknya nilai transaksi di berbagai macam marketplace mengindikasikan bahwa marketplace menjadi salah satu tujuan utama orang untuk berjualan dan berbelanja.

5. Jasa Iklan Pada Mobil

Menengok beberapa waktu kebelakang, perusahaan-perusahaan mempromosikan produknya melalui iklan. Iklan tersebut bisa tayang di media cetak, media elektronik maupun bilboard yang ada dipinggir jalan. Sekarang jaman sudah berkembang dan beralih di berbagai sektor karena adanya inovasi. Salah satu inovasi bisnis dalam bidang jasa periklanan yang mulai berkembang adalah jasa promosi berjalan dengan cara memasang iklan pada bodi dan kaca mobil.

Berbeloknya tren branding disektor bisnis menyebabkan beberapa pelaku usaha menggagas ide guna menyediakan jasa periklanan melalui kaca dan bodi pada mobil untuk memenuhi permintaan para pelaku usaha dalam mempromosikan brand mereka supaya lebih dikenal luas oleh masyrakat. Banyak startup yang kini bermunculan dengan menawarkan kemitraan kepada pemilik mobil pribadi untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui iklan yang dipasang pada kendaraannya.

Penutup
Setelah melihat berbagai macam contoh inovasi bisnis dibidang jasa diatas, mengindikasikan bahwa pergerakan roda bisnis terutama di sektor jasa terus berputar. Hal ini dapat kita gunakan sebagai referensi dalam berwirausaha untuk terus berpikir dan berinovasi guna menemukan dan menghadirkan sesuatu yang baru untuk masyarakat. Hal ini digunakan sebagai ancang-ancang untuk mengantisipasi supaya tidak kalah bersaing dengan kompetitor.

Dengan mengikuti perkembangan jaman dan dikaitkan dengan ide bisnis, maka kita dapat membuat suatu inovasi supaya dapat memenuhi kebutuhan konsumen dari waktu ke waktu yang selalu berubah-ubah mengikuti jaman. Dengan memperbaharui bisnis yang ditekuni dapat menjaga eksistensi usaha supaya tetap bisa berjalan.

5 Contoh Inovasi Bisnis Dibidang Jasa