6 Cara Menghadapi Pembeli Gaptek di Online Shop

Bagi para pelaku usaha yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis online, pasti pernah menemui berbagai macam jenis pembeli salah satu diantaranya adalah yang gaptek atau gagap teknologi. Menghadapi pembeli yang gaptek di online shop memang membutuhkan perlakuan khusus. Minimnya pengetahuan tentang melakukan jual beli online membuat mereka kebingungan dalam proses transaksi.

Menemui konsumen yang gaptek adalah kejadian unik yang tidak terlupakan dalam berjualan online. Meskipun terkadang ketidak tahuannya membuat penjual merasa gemas dan geregetan, namun mereka mempunyai hak yang sama untuk dilayani dengan baik seperti halnya pembeli-pembeli lainnya. Sebagai seorang penjual, wajib hukumnya melayani mereka dengan baik meskipun sedikit menguras tenaga dan pikiran.

Gambar 6 Cara Menghadapi Pembeli Gaptek di Online Shop

6 Cara Menghadapi Pembeli Gaptek di Online Shop


Melayani pembeli gaptek harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak terjadi kesalah pahaman dengan penjual. Meski harus memperlakukannya dengan khusus, penjual harus tetap melayaninya karena itu adalah salah satu dari rejeki yang diterima. Untuk memudahkan proses transaksi dengan mereka, simak penjelasan tentang cara menghadapi pembeli gaptek di online shop berikut ini.

Sabar

Pelanggan yang gaptek terkadang sering kali membuat penjual jengkel. Namun hal itu tidak boleh dilakukan karena akan membuat pengalaman buruk bagi mereka yang akan berdampak kurang baik pada online shop. Mereka harus dihadapi dengan penuh kesabaran supaya dapat mengetahui dan memahami apa yang disampaikan.

Kebanyakan penjual lebih cepat naik darah saat bertemu pembeli yang gaptek. Beberapa diantaranya malah mengabaikannya dan tidak mau melayaninya dengan baik. Langkah tersebut merupakan tindakan yang salah karena sama saja dengan menolak rejeki. Penjual bukan apa-apa tanpa adanya pembeli.

Telaten

Melayani pelanggan gaptek harus dengan telaten karena mereka memang tidak mengerti apa-apa dalam transaksi. Sebaiknya, harus dibimbing secara pelan sampai mereka bisa memahami. Bersikap telaten terhadap pembeli yang gaptek memang agak susah dilakukan namun ini adalah cara terbaik untuk melayani mereka supaya tetap nyaman. Sebagai penjual yang baik hendaknya tidak membeda-bedakan perlakuan terhadap para pembelinya.

Beri Pengertian

Pembeli gaptek pasti memiliki pemahaman yang mini dan selalu banyak bertanya. Kewajiban seorang penjual dalam menghadapi mereka adalah memberi pengertian secara terus menerus saat mereka membutuhkannya. Semakin banyak informasi yang diberikan oleh penjual, maka semakin cepat pula mereka memahami pengertian yang kita berikan. Banyak-banyaklah memberikan penjelasan terkait apa saja yang tidak diketahuinya. Pada akhirnya mereka akan mengerti dan memahami apa yang harus dilakukan.

Baca Juga:
  1. 9 Macam Tipe Pembeli Online Shop di Sosial Media dan Marketplace 
  2. 7 Macam Komplain Pembeli Kepada Online Shop Yang Sering Disampaikan 
  3. 8 Kesalahan Penjual Online Yang Sering dan Biasa Dilakukan

Hadapi Dengan Aktif

Sebagai penjual, harus bersikap aktif terhadap pembeli yang gaptek dengan cara mengajukan berbagi pertanyaan mengenai permasalahan apa saja yang tidak mereka pahami. Semakin banyak bertanya, penjual akan semakin mengerti akan apa yang dibutuhkan oleh pembelinya. Dengan begitu, pembeli yang gaptek tersebut dapat diberikan pengertian dan arahan sesuai dengan prosedur transaksi online yang umumnya dilakukan. Berusahalah memahami dan mengerti kemauan apa yang diinginkannya.

Tetap Bersikap Ramah

Meskipun membutuhkan kesabaran ekstra dan menguras emosi, dalam menghadapi pelanggan yang gaptek, penjual harus tetap bersikap ramah dan seakan-akan tidak terjadi apa-apa. Jangan sampai rasa jengkel tersebut diketahui olehnya karena akan berdampak buruk pada pelayanan yang diberikan sehingga membuat pembeli merasa tidak nyaman. Sebisa mungkin buat keadaan tetap hangat agar mereka tidak curiga terhadap apa yang kita rasakan.

Ajak Untuk Mencoba

Sedikit demi sedikit, ajaklah pembeli tersebut untuk mencoba apa yang sudah dijelaskan dan sudah dipelajari agar tidak terjadi kebingungan yang bersifat terus menerus. Dengan mempraktekan, maka ia akan lebih mudah belajar dan memahami. Misalkan pembeli tersebut tidak tau bagaimana caranya transfer, maka bimbinglah degan memberikan langkah-langkah cara untuk transfer baik itu menggunakan ATM ataupun melalui teller di bank. Setelah itu suruh mereka untuk mencoba dan upayakan untuk bisa meyakinkan mereka bahwa hal tersebut sebenarnya mudah dilakukan.

Penutup
Pembeli adalah rejeki bagi siapa saja yang melakukan usaha perdagangan. Untuk itu, wajib hukumnya bagi para penjual untuk melayaninya dengan baik. Meskipun setiap pembeli memiliki karakter yang berbeda, namun mereka berhak mendapatkan perlakuan yang sama. Termasuk pembeli yang gaptek, mereka tidak boleh diabaikan hanya kerena ketidak tahuannya. Sebagai pedagang yang baik, hendaknya mengetahui cara menghadapi pembeli gaptek di online shop karena bisnisnya berkaitan langsung dengan teknologi.

6 Cara Menghadapi Pembeli Gaptek di Online Shop