15 Pola Pikir Pengusaha Yang Membuat Mereka Sukses

Setiap orang pasti memiliki mimpi untuk menjadi pengusaha yang sukses. Ditengah isu masalah lapangan pekerjaan yang semakin sempit, menjalankan roda bisnis adalah salah satu cara agar bisa terhindar dari problema tersebut. Jika seseorang tidak mampu berfikir mandiri, maka ia akan menjadi pengangguran akibat tidak mendapatkan pekerjaan. Supaya memiliki masa depan cerah, wajib hukumnya bagi kita untuk mengetahui pola pikir pengusaha yang membuat mereka sukses.

Mempelajari pola pikir orang-orang sukses adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengikuti jejak mereka. Saat ini, kebanyakan masyarakat awam masih belum sadar akan pentingnya membangun pola pikir sebelum merintis usaha. Padahal, pola pikir tersebutlah yang menjadi pondasi kuat agar usaha yang didirikan bisa maju dan berkembang menjadi besar.

Gambar 15 Pola Pikir Pengusaha Yang Membuat Mereka Sukses

Mendirikan sebuah usaha memang bukan perkara mudah, apalagi untuk menjalankannya hingga mencapai kesuksesan. Pendiri usaha harus melakukan perjuangan ekstra keras dan pengorbanan yang tinggi. Akibatnya, banyak orang yang tidak mau terjun ke dunia usaha karena takut terhadap berbagai macam resiko yang siap menghadang. Pola pikir seperti inilah yang harus dihilangkan jika benar-benar ingin menjadi seorang pengusaha sukses.

Seperti Apa Pola Pikir Pengusaha Yang Sukses?

Selama ini kita melihat para pengusaha yang sukses hanya dari hasilnya saja. Padahal dibalik itu semua ada hal yang lebih penting untuk digali. Jika ditinjau dari sudut pandang yang berbeda, ada pola pikir yang kuat dibalik otak cerdas mereka hingga dapat mencapai sebuah keberhasilan. Untuk bisa mengikuti jejak mereka, langkah lebih baik bagi kita untuk mempelajari pola pikir mereka. Berikut ini adalah 15 pola pikir pengusaha yang membuat mereka sukses.

Menciptakan Lapangan Kerja, Bukan Mencari Kerja

Seorang wirausahawan sukses pasti memiliki pola pikir untuk menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain. Kebalikannya, dia tidak pernah sedikitpun memiliki pikiran untuk mencari pekerjaan. Hal inilah yang menyebabkan munculnya motivasi tinggi didalam dirinya untuk mendirikan usaha yang pada akhirnya dapat menyediakan banyak pekerjaan yang bermanfaat untuk orang lain.

Bermental Bos, Bukan Karyawan

Kebanyakan pengusaha suskses selalu memiliki pola pikir untuk menjadi bos, bukan untuk menjadi seorang karyawan. Mental ini selalu tertanam pada dirinya sehingga ia termotivasi untuk memiliki sebuah usaha agar bisa menjadi bos. Ia tidak memiliki keinginan sedikitpun untuk bekerja menjadi karyawan untuk orang lain.

Bermental Menggaji, Bukan Digaji

Seorang pengusaha sukses selalu tertanam didalam dirinya mental untuk menggaji, bukan digaji. Ia lebih menginginkan agar bisa memberikan pekerjaan dan menggaji orang lain dengan menjadikannya sebagai karyawan. Baginya, adalah suatu kebanggaan bisa bermanfaat bagi orang lain dengan menyambung rejeki melalui usaha yang didirikannya.

Bekerja Untuk Memperkaya Diri Sendiri, Bukan Memperkaya Orang Lain

Seorang pengusaha sukses pasti memiliki pola pikir bagaimana cara agar dirinya berhasil. Salah satunya adalah berfikir agar bisa bekerja untuk memperkaya diri sendiri, bukan bekerja kepada orang lain dan memperkaya orang tersebut. Oleh sebab itu, keinginannya untuk bisa memiliki usaha sendiri sangat tinggi agar tujuannya untuk bisa memperkaya diri sendiri bisa tercapai.

Bekerja Untuk Memajukan Usaha Sendiri, Bukan Orang Lain

Ketika seseorang bekerja untuk orang lain, maka usaha orang tersebutlah yang akan maju. Oleh karena itu seorang pengusaha sukses memiliki pola pikirnya untuk membuka usaha sendiri dan bekerja untuk memajukan bisnisnya tersebut. Bagi mereka, adalah hal yang menghabiskan waktu jika bekerja hanya untuk memajukan usaha yang dimiliki oleh orang lain.

Berdikari, Bukan Bergantung Pada Orang Lain

Selama ini, orang biasa hanya berpikir bagaimana mencari pekerjaan  yang berarti harus bergantung pada orang lain. Sebaliknya, seorang pengusaha sukses tidak memiliki pemikiran yang seperti itu. Mereka memiliki pola pikir untuk berdikari dan menjalankan usaha secara mandiri tanpa menggantungkan hidupnya pada orang lain. Rata-rata pengusaha sukses pasti mengawali karirnya dengan mendirikan bisnis sendiri.

Berani Memulai, Bukan Mencari Yang Instan

Selama ini, banyak orang yang tidak mau terjun ke dunia usaha karena berbagai macam alasan. Mereka hanya ingin sesuatu yang instan untuk mendapatkan penghasilan. Seorang pengusaha sukses memiliki pola pikir yang berbeda, mereka berani memulai sebuah usaha dengan target dan tujuan agar usaha tersebut dapat tumbuh dan berkembang hingga menjadi besar.

Baca Juga:
  1. Kiat Menjadi Pemimpin Wirausaha Yang Baik 
  2. 20 Rahasia Bisnis Orang Cina Yang Selalu Sukses Dalam Berdagang
  3. Macam-Macam Sumber Ide Yang Dapat Digunakan Sebagai Inspirasi Bisnis

Mencari Pendapatan Tak Terbatas, Bukan Bayaran Tetap

Seorang pengusaha pasti ingin sukses dengan mempunyai pendapatan yang tinggi dari usahanya. Oleh sebab itu pola pikir yang tertanam di kepala mereka adalah bagaimana cara supaya bisa memperoleh pendapatan yang tak terbatas, bukan mendapatkan bayaran tetap seperti halnya orang yang bekerja. Mereka beranggapan bahwa dengan menjalankan bisnis, akan ada kesempatan untuk memperoleh pendapatan yang tak terbatas.

Menjemput Rejeki, Bukan Menunggu Rejeki

Rejeki itu dijemput, bukan hanya ditunggu. Itulah salah satu pola pikir seorang pengusaha sukses yang ada dalam dirinya. Bagi mereka rejeki itu bisa datang jika dijemput dan diperjuangkan. Orang yang bermalas-malasan dan hanya menunggu pekerjaan menghampiri dirinya maka hidupnya akan begitu-begitu saja dan tidak akan pernah bisa berkembang.

Suka Memodifikasi, Bukan Meniru

Dalam menjalankan bisnis atau membuat sebuah produk, adalah hal yang paling dihindari untuk menirukan ide orang lain atau bahkan menjiplak milik orang lain. Para pengusaha yang sukses memiliki pola pikir dalam berwirausaha untuk memodifikasi apa saja dan menciptakan nilai tambah. Ia selalu ingin selangkah lebih maju agar mampu bersaing dengan para kompetitornya.

Mengambil Resiko, Bukan Menghindari Resiko

Pola pikir yang menyebabkan kenapa seorang pengusaha bisa sukses adalah keberanian mereka dalam mengambil sebuah resiko. Dalam menjalankan pekerjaan, sebuah resiko akan diambil untuk mendapatkan pengalaman baru dan bukan untuk menghindarinya. Itulah sebab kenapa seorang pengusaha sukses bisa terus maju dan berkembang dalam menjalankan sebuah usaha.

Mencari Tantangan, Bukan Bermain Aman

Pengusaha sukses selalu tertarik untuk mencari tantangan baru, mereka tidak terlalu suka bermain aman. Menurut pola pikir mereka, dengan mencari tantangan maka pengalaman baru yang belum pernah dialami sebelumnya akan ditemukan. Ini akan membuat mereka mendapatkan ide-ide yang segar dan tidak monoton.

Memberdayakan Orang Lain, Bukan Diberdayakan Orang Lain

Memberdayakan orang lain orang lain melalui usaha yang didirikannya adalah sebuah kebanggaan bagi seorang pengusaha yang sukses. Karena hal itu, tidak sedikitpun ada keinginan dari mereka untuk diberdayakan orang lain dengan menjadi karyawan. Pola pikir seperti ini akan memacu semangat mereka untuk bisa mendirikan usaha yang maju dan berkembang.

Memanfaatkan Peluang, Bukan Hanya Melihat Peluang

Salah satu kelebihan pola pikir yang dimiliki seorang pengusaha sukses adalah memanfaatkan peluang yang ada untuk meningkatkan usaha, bukan hanya melihat peluang kemudian berdiam diri saja. Kemampuan mereka dalam menangkap peluang selalu terasah dengan menggunakan peluang tersebut sebagai alat untuk melakukan terobosan dalam berbisnis.

Berpikir Jangka Panjang, Bukan Jangka Pendek

Pola pikir pengusaha yang membuat mereka sukses yang terakhir adalah berpikir jangka panjang, bukan hanya untuk jangka pendek. Kesuksesan seorang pengusaha tidak lepas dari perencanaan dan target yang memiliki jangka waktu panjang sehingga usaha yang dijalankan akan terus memiliki tujuan dari waktu ke waktu. Pemikiran jangka panjang akan membuat seorang pengusaha tidak mudah berpuas diri.

15 Pola Pikir Pengusaha Yang Membuat Mereka Sukses