Mudah! 10 Cara Mendapatkan Kepercayaan Pembeli Online Shop

Disetiap bidang usaha pasti akan ada hambatan yang akan dialami oleh para pelakunya. Termasuk juga mereka yang menjalankan bisnis online shop. Salah satu kendala yang pasti ditemui dalam menjalankan bisnis online adalah sulitnya mendapatkan kepercayaan dari pembeli. Seperti yang kita ketahui bahwa belanja di online shop sangat jauh berbeda dengan belanja secara langsung. Penjual dan pembeli hanya mengandalkan kepercayaan satu sama lain untuk mensukseskan proses transaksi.

Meraih kepercayaan dari konsumen adalah hal wajib yang perlu dilakukan oleh setiap pelaku usaha. Dalam bisnis online, membentuk kepercayaan pelanggan bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, kita tidak dapat bertatap muka secara langsung dengan mereka sehingga sedikit kesulitan dalam membangun kepercayaan. Meski demikian, bukanlah hal yang mustahil bagi pemilik online shop untuk dapat meyakinkan pembeli.

Gambar 10 Cara Mendapatkan Kepercayaan Pembeli Online Shop

Di sisi lain, jika kita mampu mendapatkan kepercayaan pembeli, justru akan membawa dampak yang sangat baik bagi perkembangan bisnis online shop. Ketika ada beberapa pelanggan saja yang sudah menaruh kepercayaan mereka kepada usaha kita, maka untuk mendatangkan pembeli-pembeli lain akan lebih mudah. Sebaliknya jika pemilik bisnis online gagal membangun kepercayaan, ia akan kesulitan menjual produknya.

10 Cara Membangun dan Meraih Kepercayaan Pembeli Online Shop

Setiap permasalahan yang dihadapi dalam usaha pasti akan ada solusinya. Begitu juga dengan para pelaku bisnis online shop. Permasalahan terkait sulitnya mendapatkan kepercayaan pembeli harus segera diatasi supaya bisnis online bisa berjalan dengan baik. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk bisa membangun dan meraih kepercayaan konsumen. Beberapa diantaranya adalah 10 cara mendapatkan kepercayaan pembeli online shop berikut ini.

Beri Kesan Pertama Yang Baik

Kesan pertama akan menjadi sebuah momen yang mudah diingat. Begitu juga oleh mereka para pembeli yang berbelanja di online shop milik anda. Ketika para pembeli mendapatkan pengalaman yang baik saat pertama kali transaksi, mereka akan kembali lagi bahkan membawa orang disekitarnya untuk berbelanja. Cerita baik dari mulut ke mulut akan menjadi senjata ampuh dalam mendatangkan pembeli. Ini merupakan satu dari sekian banyak kunci sukses bisnis online yang sering terlupakan.

Berjualan Dengan Apa Adanya

Keberhasilan dalam berdagang sangat bergantung pada cara anda berjualan. Kepercayaan pembeli akan mudah terbangun bila tidak ada kesalahpahaman. Berjualan dengan apa adanya adalah salah satu kuncinya. Jika kita memaparkan kelebihan dan kekurangan produk secara terang-terangan, maka kekecewaan dari pembeli akan bisa dihindari. Usahakan untuk berjualan sesuai dengan kualitas dan kondisi barang dagangan yang ada.

Jujur Dalam Promosi

Selain berjualan dengan apa adanya, sikap lain yang harus kita tunjukkan kepada calon pembeli adalah jujur dalam promosi. Pasarkan produk anda dengan menampilkan segala sesuatu tanpa dilebih-lebihkan. Jangan menggadaikan kepercayaan pembeli dengan membohongi mereka yang pada akhirnya akan kecewa karena barang yang dibeli tidak sesuai dengan harapan. Bersikaplah jujur saat promosi kepada siapapun. Kejujuran dapat meningkatkan reputasi online shop dengan cepat.

Jamin Kualitas Dan Kondisi Barang

Memberikan jaminan terhadap barang yang dibelinya akan lebih mudah meraih kepercayaan pelanggan. Paling tidak, apa yang sudah dibayarkan oleh pembeli sepadan dengan kualitas yang didapat. Ini sudah cukup memberikan kepuasan pada mereka. Selain itu, kita juga harus bisa memberikan jaminan terhadap kondisi barang yang cacat atau rusak ketika diterima oleh pembeli. Menukarnya dengan barang baru atau memberikan ganti rugi sesuai dengan nilainya dapat menjadi solusi tepat.

Berikan Pelayanan Terbaik

Kualitas pelayanan tetap menjadi kunci utama suksesnya mendapatkan kepercayaan pembeli. Kenapa? Karena kualitas pelayanan yang diberikan akan berpengaruh terhadap kondisi psikologis pembeli. Maka dari itu, jangan segan-segan untuk memberikan pelayanan terbaik terhadap para pelanggan. Sikap ramah, komunikasi yang jelas, tidak berbelit, proses mudah dan respon cepat adalah sebagian dari beberapa indikator baiknya kualitas pelayanan.

Sistem Transaksi Mudah dan Jelas

Salah satu hal yang disukai seorang pembeli dari sebuah online shop adalah sistem transaksinya yang mudah dan jelas. Sebuah pertimbangan yang menjadi penentu apakah seorang pembeli memilih online shop kita atau tidak. Sediakanlah sistem transaksi yang mudah dan jelas salah satunya dengan menyediakan beberapa pilihan rekening dan mode transaksi sebagai salah satu upaya membangun kepercayaan pembeli.

Baca Juga:
  1. Tips Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan/Konsumen Online Shop
  2. 9 Macam Tipe Pembeli Online Shop di Sosial Media dan Marketplace 
  3. 7 Macam Komplain Pembeli Kepada Online Shop Yang Sering Disampaikan

Tayangkan Video Ulasan Produk

Saat ini sistem penyebaran informasi sudah sangat mudah dengan kecangginah teknologi. Salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah mengunggah video ke berbagai sosial media. Fasilitas ini dapat kita manfaatkan sebagai sara promosi dengan menayangkan video ulasan produk yang nyata. Dengan melihat video produk, seorang pembeli dapat lebih detail melihat kualitas barang sehingga kita dapat lebih mudah meyakinkan mereka.

Tampilkan Testimoni Pelanggan

Kesaksian pembeli yang pernah melakukan transaksi dapat menjadi daya tarik calon konsumen lain. Salah satu cara yang bisa kita gunakan adalah dengan menampilkan testimoni para pelanggan yang sudah pernah membeli produk. Berbagai ulasan positif dari para pelanggan dapat memancing kepercayaan pembeli lain untuk mau berbelanja ditempat kita. Maka dari itu, tampilkan testimoni pelanggan secara berkala pada akun online shop yang digunakan.

Gunakan Akun Khusus

Menggunakan akun khusus berarti tidak menggunakan akun sosial media pribadi dalam melakukan promosi dan berjualan. Dengan membuat akun khusus online shop, maka bisnis online anda akan terlihat lebih profesional dimata para konsumen. Inilah kelebihan yang kita bisa ambil sebagai upaya mendapatkan kepercayaan pembeli. Selain itu, penggunaan akun khusus juga dapat membuat jangkauan promosi lebih luas.

Foto Dan Deskripsi Lengkap

Pada bisnis online, foto menjadi alat yang sangat penting untuk menunjukkan barang kepada calon pembeli. Ibarat sebuah toko yang memajang berbagai macam produknya pada etalase, sebagai pedagang online, kita wajib menampilkan foto yang menarik disertai dengan deskripsi yang jelas dan lengkap. Ini adalah rahasia umum untuk menarik minat konsumen agar mau membeli barang yang kita jual.

Penutup
Sebagai seorang pelaku bisnis online, kita harus sebisa mungkin menyelesaikan permasalahan sulitnya membangun dan meraih kepercayaan konsumen. Jika dibiarkan terlalu lama, maka hal tersebut akan membawa pengaruh buruk terhadap usaha online shop yang sudah kita jalankan. 10 cara mendapatkan kepercayaan pembeli online shop seperti yang sudah disebutkan diatas dapat dijadikan sebagai solusi yang patut dicoba. Semoga berhasil!

Mudah! 10 Cara Mendapatkan Kepercayaan Pembeli Online Shop