Tips Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan/Konsumen Online Shop

Saat ini online shop menjadi bisnis yang sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia untuk dijadikan sebagai salah satu mata pencaharian. Perkembangan online shop yang semakin pesat juga dibarengi dengan naiknya jumlah konsumen yang memilih transaksi online sebagai alternatif cara belanja. Sistem transaksi yang sudah aman, kini meningkatkan kepercayaan pelanggan untuk belanja online.

Fakta dilapangan menunjukkan bahwa pelanggan merupakan salah satu kekuatan besar yang mempengaruhi keberlangsungan sebuah online shop. Oleh karena itu, setiap online shop selalu berlomba-lomba untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan/konsumen dengan berbagai cara. Tak heran jika mereka melakukan upaya-upaya strategis demi terciptanya kepercayaan dari setiap pembeli yang berbelanja.

Gambar Tips Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan/Konsumen Online Shop

Beberapa waktu sebelumnya, online shop kurang diminati oleh para konsumennya karena alasan keamanan. Kondisi ini disebabkan oleh banyaknya penipuan yang terjadi pada transaksi online sehingga kepercayaan masyarakat menurun drastis bahkan menghindari belanja dengan sistem online. Akibatnya, jumlah pembeli yang berbelanja sangat sedikit sehingga menyebabkan keberadaan online shop dianggap sebelah mata.

Namun sekarang semuanya sudah berubah semenjak e-commerce mulai mendapat tempat di hati masyarakat. Banyaknya marketplace yang bermunculan semakin meningkatkan minat konsumen untuk berbelanja online. Hal ini menyebabkan jumlah online shop milik personal mulai naik kelas dan mendapat kepercayaan para pelanggan/konsumen. Di beberapa sosial media seperti facebook dan instagram, pedagang online mulai meningkat jumlahnya bahkan omzet yang diraih tembus hingga puluhan juta dalam satu bulan.

Lalu, Bagaimana Cara Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan/Konsumen?

Salah satu kunci sukses sebuah online shop terletak pada kepercayaan para pelanggan dan konsumennya. Semakin baik reputasi online shop dalam melayani transaksi, maka kepercayaan para pembeli akan meningkat dengan sendirinya. Berbagai macam strategi dapat diterapkan dalam berbisnis online agar bisa menarik lebih banyak pelanggan. Berikut ini adalah 8 tips kepercayaan pelanggan/konsumen online shop.

Layani Konsumen Dengan Baik

Pelayanan merupakan salah satu bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam setiap wirausaha termasuk online shop. Didalam transaksi online, pelayanan yang digunakan caranya berbeda dengan transaksi konvensional dimana kedua belah pihak yaitu pembeli dan penjual bertatap muka secara langsung, sehingga semua transaksi dilakukan melalui jaringan internet baik itu pelayanan maupun pembayaran.

Dalam melayani konsumen di online shop seperti saat membalas chat dan berkomunikasi, harus dilakukan dengan baik dan benar. Ini akan mengurangi resiko kesalahpahaman antara penjual dan pembeli. Pelayanan yang baik akan membuat para pembeli merasa aman dan nyaman ketika berbelanja. Dengan memaksimalkan pelayanan, pelanggan/konsumen akan merasakan pengalaman baik yang dapat meningkatkan kepercayaan mereka terhadap online shop.

Garansi Untuk Barang Cacat

Salah satu resiko yang bisa saja diterima pelanggan/konsumen online shop adalah mendapatkan barang yang cacat. Hal ini bisa saja terjadi karena seorang pembeli tidak bisa memilih barang secara langsung namun hanya bisa mengetahui kondisi barang melalui gambar yang tersedia. Ini adalah kejadian yang sangat dihindari dan paling tidak disukai oleh para pembeli. Oleh karena itu, pemberian garansi pengembalian barang cacat akan menjadi sebuah keunggulan.

Para pelanggan/konsumen akan lebih percaya terhadap online shop yang mampu memberikan garansi untuk barang cacat baik itu saat diproduksi maupun pengiriman. Hindari bersikap acuh dan mempersulit proses pengembalian barang cacat karena itu adalah salah satu tanggung jawab dari penjual. Bagi online shop yang mampu menerapkan sistem ini, peluang meningkatnya kepercayaan pembeli akan sangat tinggi.

Transaksi Aman Dan Cepat

Sebagai seorang pemilik online shop, pastikan semua transaksi yang dilakukan oleh penjual dan pembeli berlangsung secara aman. Tidak ada penipuan dan pengkhianatan antara kedua belah pihak. Transaksi yang sehat akan membuat konsumen merasa dihargai dan berpotensi untuk menjadi pelanggan tetap.

Selain transaksi yang dilakukan terjamin keamanannya, satu hal lain yang tidak kalah pentingnya dalam transaksi adalah masalah kecepatan. Proses transaksi yang bisa dilakukan secara cepat akan lebih mudah meningkatkan kepercayaan konsumen/pelanggan. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari keterlambatan komunikasi dengan calon pembeli agar mereka tidak menunggu terlalu lama.

Berjualan Secara Jujur

Salah satu kunci sukses dalam usaha adalah kejujuran. Seorang pedagang harus bisa menjunjung tinggi nilai kejujuran ketika ia sedang berjualan. Hal ini juga berlaku bagi mereka yang berjualan secara online. Sebuah online shop yang jujur dalam jual beli akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan dan mendapat citra baik.

Baca Juga:
  1. 7 Macam Komplain Pembeli Kepada Online Shop Yang Sering Disampaikan 
  2. 6 Cara Menghadapi Pembeli Gaptek di Online Shop
  3. Waktu Yang Tepat Untuk Promosi di Facebook dan Instagram 

Oleh karena itu, jangan pernah sekali-sekali membohongi pembeli dalam hal apapun baik itu tentang informasi barang, kondisi barang dan juga kualitas barang. Lebih baik berjualan dengan apa adanya dan jangan dilebih-lebihkan hanya untuk menarik minat pembeli. Apalagi sampai memiliki niat untuk mengelabuhi mereka dengan cara-cara yang tidak dibenarkan. Tinggalkan strategi negatif seperti ini jika ingin meningkatkan kepercayaan pelanggan/konsumen online shop.

Bonus Untuk Pelanggan Tetap

Jangan terlalu idealis ketika menjadi seorang penjual. Jika ada pelanggan tetap yang selalu berbelanja di online shop, sesekali berikanlah bonus meskipun itu nilainya hanya kecil. Anggaplah hal itu sebagai tanda terima kasih karena sudah memiliki loyalitas kepada anda. Ini dapat memancing dan membangkitkan gairah mereka untuk berbelanja lebih banyak lagi.

Memberi bonus adalah salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan/konsumen pada suatu online shop. Lakukan hal-hal kecil semacam ini secara merata terhadap pembeli yang setia. Meski terkesan sepele, namun dampak yang ditimbulkan sangat baik untuk online shop anda.

Diskon Pembelian Dalam Jumlah Banyak

Ketika berjualan, bedakan harga barang dagangan untuk transaksi sekala besar dan transaksi sekala kecil. Dalam artian, anda bisa membedakan harga untuk pembeli yang berbelanja secara ecer dan grosir. Beri potongan harga kepada para pelanggan/konsumen yang melakukan pembelian dalam jumlah banyak.

Pemberian potongan harga untuk pembelian jumlah banyak juga dapat memancing pembeli lain agar mau berbelanja dengan jumlah besar. Strategi ini dirasa cukup efektif untuk meningkatkan penjualan. Ini adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan/konsumen terhadap suatu online shop.

Sistem Pembayaran Mudah

Sistem pembayaran adalah salah satu langkah yang tidak bisa terlewatkan dalam transaksi online. Usahakan untuk memudahkan sistem pembayaran bagi para pembeli. Salah satu cara pembayaran yang paling disukai oleh para pembeli online adalah cash on delivery atau COD. Artinya, pembayaran dilakukan saat pengiriman barang tersebut sampai di tangan pembeli.

Apabila cara ini tidak memungkinkan, anda bisa menggunakan alternatif lain dengan melakukan pembayaran melalui transfer. Namun, usahakan menyediakan beberapa pilihan rekening dari beberapa bank yang berbeda karena setiap pembeli tidak mungkin menggunakan satu bank yang sama dengan anda.

Sajikan Gambar Dan Deskripsi Dengan Jelas

Anggaplah online shop yang didirikan sebagai sebuah pertokoan yang anda sewa untuk memajang barang dagangan. Sebaik-baiknya toko adalah yang memajang barang dagang dengan kondisi paling bagus. Adopsi sistem ini dengan menampilkan gambar secara jelas dan juga menuliskan deskripsi yang dapat memberi informasi lengkap kepada para pelanggan/konsumen.

Bayangkan jika sebuah toko memajang produk yang lusuh dan usang. Siapa yang akan mau membeli? Jangankan membeli, melihatnya saja pasti tidak ada yang mau. Karena itulah memajang foto yang bagus dan jelas menjadi syarat mutlak dalam promosi. Strategi ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan/konsumen yang baru mulai mengenal online shop anda.

Penutup
Meningkatkan kepercayaan pelanggan/konsumen online shop dapat diupayakan dengan menempuh cara-cara seperti yang sudah dijelaskan diatas. Semakin tinggi tingkat kepercayaan pembeli, maka akan semakin berpengaruh baik terhadap jumlah penjualan. Salah satu kunci sukses dari sebuah online shop adalah kepercayaan pelanggan/konsumen. Sebagai pemilik online shop, berusahalah untuk terus membangun citra baik terhadap para calon pembeli dengan cara-cara yang benar.

Tips Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan/Konsumen Online Shop