8 Hal Yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Menyewa Ruko

Menyewa ruko adalah salah satu cara terbaik bagi anda yang memiliki bisnis namun belum mempunyai tempat usaha sendiri. Sewa lokasi usaha seperti ini sudah umum terjadi di dunia bisnis sebagai tempat bertemunya dengan para konsumen. Agar lebih menguntungkan, ada hal-hal yang harus dipertimbangkan dan diperhatikan sebelum memutuskan untuk menyewa ruko. Analisis terhadap ruko yang disewakan itu penting untuk mendapatkan tempat usaha yang sesuai dengan harapan.

Berhati-hati dalam memilih ruko untuk disewa juga banyak dilakukan oleh para pelaku usaha khususnya mereka yang menekuni bidang jual beli. Salah dalam menyewa ruko dapat berakibat pada jumlah penjualan yang tidak sesuai dengan target. Terkadang, kesalahan dalam menyewa ruko juga dapat menyebabkan usaha  sulit dikenal konsumen sehingga jangkauannya sangat sedikit.

8 Hal Yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Menyewa Ruko

Beberapa pelaku usaha memiliki kriteria tertentu terhadap calon ruko yang akan di sewa. Ada banyak faktor yang dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam menyewa ruko salah satunya adalah faktor keberadaan konsumen, letak dan kondisi bangunan ruko itu sendiri. Hal ini penting dilakukan supaya anda sebagai penyewa tidak mengalami kerugian saat usaha sudah berjalan.

Lalu Apa Saja Pertimbangan Yang Harus Diperhatikan Sebelum Menyewa Ruko?

Memilih lokasi untuk tempat usaha memang krusial karena bisa menetukan kelancaran dari usaha itu sendiri. Hal ini juga berlaku untuk ruko yang akan anda sewa. Jangan sampai salah dalam menyewa ruko karena dapat mengakibatkan gagalnya usaha yang anda jalankan. Sebelum memutuskan untuk menyewa ruko, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini.

Harga Sewa Ruko Yang Pantas

Hal yang pertama anda gunaka sebagai pertimbangan adalah harga sewa ruko yang pantas. Tolak ukur untuk harga sewa ruko ada beberapa faktor seperti ukuran ruko, lokasi ruko, serta kondisi ruko itu sendiri. Pastikan harga sewa ruko dengan beberapa faktor yang sudah disebutkan diatas sesuai dan masuk akan. Jangan sampai memilih ruko dengan harga sewa yang kemahalan serta tidak sesuai dengan keadaan.

Letak Ruko Yang Strategis

Pastikan ruko yang akan anda sewa terletak di daerah yang strategis. Letak strategis memiliki arti yang luas. Namun intinya, lokasi ruko yang anda sewa haruslah berada di dekat pusat keramaian dan banyak orang yang lalu-lalang. Banyaknya orang yang melihat ruko sebagai tempat usaha anda tersebut dapat menjadi media promosi. Banyaknya orang yang tahu terhadap tempat usaha anda akan berdampak baik terhadap penjualan.

Akses Jalan Menuju Ruko Baik

Selain tempat yang strategis, akses jalan juga patut anda pertimbangkan ketika akan menyewa ruko. Akses jalan yang baik meliputi jalan yang tidak rusak dan juga bisa dijangkau dengan mudah. Akan menjadi hal percuma jika anda menyewa ruko di tempat strategis namun pelanggan harus memutar jauh terlebih dahulu akibat akses jalan yang tidak memungkinkan.

Ruko Tidak Terhalang Bangunan

Salah satu hal yang tidak kalah penting sebagai pertimbangan dalam menyewa ruko adalah keterlihatan atau visibilitas bangunan ruko itu sendiri. Sebelum memutuskan untuk menyewa ruko, pastikan ruko pilihan anda tidak terhalang oleh bangunan lain baik dari sisi depan maupun dari samping. Visibilitas toko dari jalan raya sangat penting agar bisa dilihat oleh calon konsumen yang juga sekaligus bisa jadi sarana promosi.

Kondisi Bangunan Ruko Layak

Sebelum menyewa ruko, cobalah menyempatkan waktu untuk meninjau kondisi bangunan ruko apakah layak atau tidak. Jika dikaitkan dengan harga sewa, coba pikirkan apakah kondisi bangunan sudah sesuai dengan jumlah uang yang anda bayarkan. Kondisi bangunan ruko yang layak guna meliputi atap yang tidak bocor, tidak kotor, dinding masih bagus dan sebagainya. Pastikan anda tidak terlalu banyak melakukan renovasi terhadap ruko yang disewa nantinya.

Baca Juga:
  1. 5 Tips Memilih Ruko Yang Strategis dan Potensial Agar Banyak Dikunjungi Pembeli
  2. 8 Macam Perlengkapan dan Fasilitas Yang Harus Ada di Toko 
  3. Tips Memilih Karyawan Yang Cocok Untuk Pramuniaga Toko

Pastikan Ruko Memiliki Gudang

Salah satu bagian penting dari tempat usaha adalah gudang. Dengan adanya gudang anda bisa menyimpan sebagian stok barang yang sudah tidak muat lagi ditampung didalam toko. Keberadaan gudang perlu dipertimbangkan saat anda memutuskan untuk menyewa ruko. Ruko yang memiliki gudang akan mempermudah kita dalam mengatur stok barang. Jadi masukkan gudang ke dalam hal yang harus dipertimbangkan saat menyewa ruko.

Lahan Parkir Yang Cukup

Lahan parkir menjadi bagian ruko yang terkadang masih sering diabaikan oleh para pelaku usaha. Padahal keberadaan lahan parkir tersebut cukup penting bagi para konsumen yang datang. Adanya tempat parkir yang cukup akan membuat mereka yang datang berkunjung bisa memarkirkan kendaraan dengan lebih leluasa dan tentunya lebih aman. Saat menyewa ruko usahakan memilih yang ada tempat parkirnya.

Ada Toilet dan Tempat Ibadah, Lebih Baik

Akan lebih baik lagi jika anda mempertimbangkan keberadaan toilet dan tempat ibadah saat menyewa ruko. Meski ukurannya kecil juga tidak masalah. Adanya dua fasilitas ini akan membuat tempat usaha anda memiliki poin plus dimata para konsumen. Menyewa ruko yang ada toilet serta tempat ibadahnya memang sulit ditemukan. Jika memang tidak ada, tanpa kedua fasilitas itupun juga tidak masalah.

Penutup

Itulah beberapa hal yang bisa anda gunakan sebagai pertimbangan dalam menyewa ruko. Bagaimanapun juga ruko adalah rumah bagi usaha anda yang fungsinya untuk menarik pelanggan. Maka dari itu, sebaiknya pertimbangkan secara baik berbagai kemungkinan yang terjadi sebelum benar-benar memutuskan untuk menyewa ruko. Mendapat lokasi ruko yang baik untuk disewa akan sangat menguntungkan karena dapat memajukan usaha yang anda jalankan.

8 Hal Yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Menyewa Ruko