Wow! Inilah 7 Dampak Buruk Memakai Charger Laptop KW

Charger adalah salah satu perangkat penting yang tidak bisa lepas dari laptop itu sendiri. Setiap laptop yang beredar di pasaran pun selalu dilengkapi charger bawaan pabrik yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan laptop tersebut. Setiap laptop memiliki kebutuhan daya dan juga jenis socket yang berbeda beda. Oleh karena itu antara satu merk laptop dan merk lainnya memiliki charger yang berbeda-beda sehingga tidak bisa dipakai bersama.

Selama ini charger laptop menjadi salah satu perangkat yang ternyata memiliki usia yang relatif lebih pendek daripada usia laptop itu sendiri. Kerusakan pada charger laptop biasanya terletak pada adaptornya. Jika sudah rusak, charger laptop akan sulit untuk diperbaiki. Kebanyakan tukang servis lebih menyarankan pemilik laptop untuk membeli charger laptop baru dan meninggalkan charger yang lama demi alasan keamanan.

Wow! Inilah 7 Dampak Buruk Memakai Charger Laptop KW

Membeli charger laptop yang baru untuk menggantikan charger lama merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan secara hati-hati. Sebab dipasaran banyak tersedia berbagai kualitas charger laptop mulai dari yang original hingga yang palsu atau biasa disebut KW. Perbedaan harga antara charger laptop asli dan KW memang terlihat sangat kontras. Hal ini disebabkan oleh kualitas komponen yang digunakan keduanya yang juga berbeda.

7 Dampak Buruk Membeli dan Memakai Charger Laptop KW

Kebanyakan tukang servis laptop merekomendasikan kliennya untuk memakai charger yang original atau asli. Namun masalah harga biasanya membuat pemilik laptop berpikir dua kali sehingga beralih untuk membeli charger laptop KW. Perbedaan harga yang terpaut hampir dua kali lipat membuat charger laptop KW jadi alternatif pilihan. Namun tahukah anda, membeli dan memakai charger laptop KW akan membawa dampak buruk seperti berikut ini.

Arus Sering Tidak Stabil

Charger laptop KW memang jauh berbeda dengan charger laptop original dari segi komponen yang digunakan. Perbedaan mencolok ini bisa kita lihat dari harga yang dibanderol. Penggunaan komponen adaptor yang kualitasnya dibawah kualitas asli membuat arus sering tidak stabil pada charger laptop KW. Ketidakstabilan arus yang disebabkan oleh charger laptop KW ini akan berdampak langsung pada laptop itu sendiri.

Baterai Laptop Jadi Cepat Rusak

Akibat adanya ketidak stabilan arus yang dibuat oleh charger laptop KW, maka baterai laptop akan jadi lebih cepat rusak. Perubahan arus tidak menentu yang mengalir ke baterai akan membuat elemennya bermasalah jika dibiarkan terus-menerus. Baterai laptop yang semula baik-baik saja pasti akan jadi cepat rusak jika dialiri arus dari charger KW. Padahal baterai laptop keberadaanya sangat penting sebagai penyimpan sumber energi bagi laptop.

Menyebabkan Kerusakan Hardware Laptop

Selain berdampak langsung pada baterai, memakai charger laptop KW lambat laun juga dapat menyebabkan kerusakan pada hardware. Selain mengalir ke baterai, arus dari charger laptop KW tersebut juga mengalir pada berbagai macam hardware yang terpasang mulai mainboard, chipset, graphic card, RAM hingga LCD monitor. Jika arus yang dihasilkan oleh charger laptop KW terus tidak stabil, maka bukan tidak mungkin berbagai hardware tersebut jadi rusak.

Charger Laptop KW Dapat Meledak

Salah satu masalah yang sering ditimbulkan oleh barang elektronik imitasi termasuk charger laptop KW adalah ledakan. Berbagai komponen charger laptop KW yang kualitasnya dibawah standar bisa membuat ketidak seimbangan rangkaian terlebih saat dialiri listrik. Seperti sedang memasang bom waktu, jika dibiarkan lama-kelamaan akan ada malfungsi dari komponen adaptor charger laptop KW tersebut yang bisa menyebabkan ledakan.

Baca Juga:
  1. Charger Laptop Terkena Air dan Basah? Ini Ciri-ciri dan Cara Menanganinya
  2. Yuk Cari Tahu! 6 Penyebab Kepala Adaptor Charger HP Cepat Panas
  3. 7 Cara Merawat Baterai Tanam Laptop Agar Lebih Awet

Charger Laptop KW Mudah Panas dan Terbakar

Perbedaan paling signifikan yang bisa kita rasakan saat memakai charger laptop yang original dan KW adalah ketahanannya. Charger asli biasanya akan lebih tahan daripada charger laptop KW. Hal ini bisa kita lihat ketika charger tersebut digunakan untuk ngecas. Pada charger laptop KW biasanya akan cepat panas walaupun baru digunakan dalam waktu sebentar. Beberapa kasus menyebutkan bahwa panasnya komponen pada charger laptop KW dapat membuatnya terbakar.

Usia Charger Laptop KW Lebih Pendek

Yang namanya produk palsu pasti tidak memiliki jangka waktu pakai yang sesuai harapan. Begitu juga dengan charger laptop KW. Usia penggunaannya relatif sangat pendek alias gampang rusak. Ini adalah hal yang harus dimaklumi karena komponen yang digunakan memang tidak sesuai dengan standar. Bahkan kualitasnya bisa jauh lebih buruk dari charger laptop original. Harga murah adalah faktor utama yang menyebabkan komponen charger laptop KW dibuat dari bahan yang tidak berkualitas.

Membuat Kita Menyesal

Dampak buruk dari penggunaan charger laptop KW yang akan kita rasakan adalah penyesalan. Bagaimana tidak menyesal jika gara-gara charger laptop KW semua komponen laptop yang semula baik-baik saja malah jadi ikutan rusak. Selain itu uang yang tidak seberapa untuk membeli charger laptop KW justru menimbulkan kerusakan yang nilainya jauh lebih besar. Inilah dampak paling buruk dari memakai charger laptop KW.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai damak buruk membeli dan memakai charger laptop KW. Dengan mengetahui berbagai dampak negatif yang bisa saja ditimbulkan oleh charger laptop KW, paling tidak anda akan jadi lebih waspada dan lebih hati-hati. Daripada menggadaikan keselamatan dengan memakai charger laptop KW harga murah, lebih baik kita keluarkan anggran sedikit lebih banyak untuk membeli produk yang original.

Wow! Inilah 7 Dampak Buruk Memakai Charger Laptop KW