8 Cara Menghadapi Rekan Kerja Yang Jahat

Bekerja adalah salah satu kegiatan untuk mendapatkan penghasilan yang dilakukan oleh setiap orang. Dalam bekerja biasanya kita tidak sendirian, pasti akan ada rekan kerja yang memiliki jabatan baik itu atasan maupun bawahan dalam satu tempat kerja. Karena memiliki latar belakang yang berbeda-beda, rekan kerja pasti juga memiliki sifat yang berbeda-beda pula. Diantara mereka pasti ada yang bersikap baik dan ada yang memiliki sifat jahat.

Ada banyak hal yang membuat rekan kerja menjadi jahat terhadap kita. Biasanya mereka ingin menjatuhkan kita karena merasa iri atau tidak suka terhadap apa yang sudah kita capai. Terlebih lagi jika kita memiliki prestasi ditempat kerja tersebut sehingga disukai dan disegani oleh banyak orang. Rekan kerja yang jahat akan memikirkan banyak cara untuk menjatuhkan kita. Bagi mereka, bersaing secara sehat sudah tidak lagi menjadi pilihan yang tepat.

8 Cara Menghadapi Rekan Kerja Yang Jahat

Memiliki rekan kerja yang bersikap baik merupakan sebuah keberuntungan namun bagaimana jika kita memiliki rekan kerja yang jahat? Hal ini tentu bisa menjadi sebuah masalah bagi diri kita sendiri. Terlebih jika terus dibiarkan, maka rekan kerja yang jahat dapat menghancurkan karir karena ingin selalu menjatuhkan kita. Menghadapi rekan kerja yang jahat bisa dibilang susah-susah gampang karena segala kemungkinan bisa saja terjadi.

Inilah Cara Menghadapi Rekan Kerja Yang Jahat dan Ingin Menjatuhkan

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghadapi rekan kerja yang jahat dan ingin menjatuhkan. Namun bagaimanapun juga, cara yang kita gunakan harus mempertimbangkan resiko yang akan terjadi dan harus menguntungkan diri kita sendiri. Berikut ini adalah 8 cara ampuh untuk menghadapi rekan kerja yang jahat.

Berusaha Lebih Waspada

Kita tidak pernah tahu apa saja hal yang akan direncanakan oleh rekan kerja yang jahat. Kita harus tetap berusaha lebih waspada terhadap segala kemungkinan yang bisa saja terjadi. Pasti kita tidak mau mengalami hal-hal yang dapat merusak karir kita. Maka dari itu, diam-diam perhatikan setiap rekan kerja di kantor. Jika memang ada rekan kerja yang ingin mengincar anda, maka selalu waspadalah agar tidak menjadi "santapan" empuknya.

Jangan Beri Kesempatan

Biasanya seorang rekan kerja yang ingin berlaku jahat, akan selalu mencari-cari kesempatan meskipun itu hanya kecil. Mereka akan selalu memanfaatkan dengan baik setiap kesempatan yang diperoleh. Maka dari itu, rekan kerja yang jahat terebut jangan pernah anda beri kesempatan. Berusahalah untuk terus menutup celah yang ada supaya ia tidak bisa menjatuhkan anda.

Hindari Terlibat Konflik

Dengan situasi yang seperti ini, anda berada pada posisi yang sangat sulit. Emosi serta perang batin pasti akan sulit untuk ditahan. Konflik dengan rekan kerja yang jahat tersebut pasti bisa terjadi kapan saja. Namun bukan ini tujuan utama yang harus anda lakukan. Justru anda harus terus menghindari konflik dengannya. Terlibat konflik hanya akan membuat suasana menjadi semakin keruh. Berdiam dirilah terlebih dahulu sambil mencari strategi.

Minta Saran Kepada Orang Lain

Dalam menyikapi masalah seperti ini anda tidak bisa sendirian. Perlu adanya orang lain yang membantu anda dalam menyelesaikannya. Menghadapi rekan kerja yang jahat akan lebih mudah jika anda diskusikan dengan orang lain. Saran dari orang lain sangat diperlukan karena biasanya pemikiran orang lain yang berbeda dapat menghasilkan solusi yang tidak pernah kita pikirkan sebelumnya.

Selalu Siapkan Mental

Mental bisa menjadi tembok utama untuk menghadapi rekan kerja yang memiliki sifat jahat kepada kita. Kita harus berani dan siap kapanpun karena sewaktu-waktu rekan kerja jahat ini bisa saja membuat masalah yang tidak kita duga sebelumnya. Maka dari itu, selalu siapkan mental pada diri sendiri ketika sedang berada di tempat kerja. Kita harus memberanikan diri menghadapi rekan kerja yang jahat agar tidak terus ditindas.

Baca Juga:
  1. 12 Hal Yang Dapat Membuat Generasi Milenial Jadi Lebih Sukses
  2. Kenapa Lulusan Kuliah Fresh Graduate Susah Dapat Kerja? Ini 8 Alasannya 
  3. Kiat Menjadi Pemimpin Wirausaha Yang Baik

Cari Tahu Permasalahannya

Langkah penting yang harus kita ambil jika memang mengetahui ada rekan kerja yang jahat adalah dengan mencari tahu apa permasalahannya. Kebanyakan dari kita terlalu bersikap apatis dalam mencari tahu penyebab kenapa rekan kerja bisa bersikap jahat. Dengan mencari tahu duduk permasalahannya, paling tidak kita bisa mengambil keputusan serta mencari rencana apa yang tepat untuk menghadapinya.

Ajak Bicara Baik-baik

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa komunikasi memiliki peran yang sangat penting dalam menyelesaikan sebuah masalah. Ajaklah rekan kerja anda yang bersikap jahat tersebut untuk berbicara baik-baik. Berdiskusi atau bermusyawarah bisa menjadi jembatan untuk menyelesaikan permasalahan diantara keduanya. Akan lebih baik lagi jika ada seorang penengah saat anda berdiskusi dengan rekan kerja yang jahat tersebut.

Temukan Solusi Bersama

Tujuan utama dari berbicara baik-baik atau diskusi adalah untuk menemukan kesepakatan bersama. Cobalah mencari solusi yang tidak memberatkan salah satu pihak namun justru malah menguntungkan keduanya. Jika sudah menemukan solusi bersama, buat juga perjanjian dengan rekan kerja yang jahat tersebut untuk tidak mengulangi di kemudian hari.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi rekan kerja yang jahat dan ingin menjatuhkan. Rekan kerja yang seperti ini seharusnya tidak boleh kita diamkan karena lama-kelamaan dapat membuat karir kita hancur. Memiliki rekan kerja yang jahat sudah menjadi hal yang lumrah di setiap tempat kerja. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, kita wajib mewaspadainya.

8 Cara Menghadapi Rekan Kerja Yang Jahat