12 Bisnis Jasa Yang Cocok Kamu Jalankan di Desa

Hidup di desa memang menjadi sebuah tantangan yang besar apalagi untuk menyambung hidup. Sempitnya jumlah lapangan kerja membuat kesempatan mendapatkan penghasilan menjadi sedikit. Maka, salah satu cara untuk mengatasi masalah seperti ini adalah dengan menjalankan bisnis. Menjalankan usaha dibidang jasa menjadi pilihan terbaik untuk daerah pedesaan.

12 Bisnis Jasa Yang Cocok Kamu Jalankan di Desa

Bisnis jasa merupakan bidang usaha yang cocok dijalankan di desa karena tidak perlu menyediakan stok barang seperti halnya berdagang sehingga resikonya menjadi lebih kecil. Selain itu, ada banyak pilihan bisnis jasa yang bisa dirintis didaerah pedesaan mengingat adanya beberapa keterbatasan baik dari segi sarana maupun prasarana. Terlebih banyak masyarakat desa yang membutuhkan jasa dimana mereka tidak pernah menemukan sebelumnya.

Inilah Beberapa Bisnis Jasa Yang Bisa Kamu Jalankan di Desa

Masyarakat desa terkenal akan budaya gotong royongnya sehingga berbagai macam pekerjaan bisa dilakukan bersama-sama dengan mudah. Namun disisi lain ada beberapa pekerjaan yang memang tidak bisa diselesaikan dengan gotong royong namun harus menggunakan penyedia jasa. Dari peluang inilah usaha dibidang jasa bisa kamu jalankan di di desa. Berikut ini adalah 12 bisnis jasa yang cocok dijalankan di desa.

Jasa Sewa Alat Pertanian

Seperti yang kita ketahui bahwa kebanyakan masyarakat desa berprofesi sebagai petani. Didaerah pedesaan, komoditi dari sektor pertanian banyak ditekuni karena memang masih banyak lahan yang bisa dimanfaatkan. Namun terkadang mereka terkendala oleh alat-alat pertanian sebagai penunjang seperti diesel pompa irigasi, alat perontok biji-bijian, alat selep dan sebagainya. Dengan melihat peluang ini, kamu bisa membuka usaha jasa sewa alat-alat pertanian.

Jasa Sewa Traktor dan Bajak Sawah

Bisnis yang kedua ini masih memiliki kaitan dengan poin yang pertama yaitu dibidang pertanian. Namun kali ini usaha yang bisa kamu jalankan adalah jasa sewa traktor dan bajak sawah. Meski untuk membeli traktor membutuhkan modal cukup besar, namun jika dikalkulasi secara bisnis akan sangat menguntungkan, mengingat banyaknya jumlah petani yang harus membajak sawahnya terlebih dahulu sebelum musim tanam.

Jasa Sewa Kendaraan dan Angkutan Umum

Salah satu masalah yang sering dijumpai di pedesaan adalah kendaraan umum atau angkutan umum yang sangat terbatas. Terlebih jika letak desa berada jauh dari pusat kota dan jalan utama, maka semakin sedikit pula angkutan umum yang beroperasi. Nah dari sini kamu dapat mendirikan bisnis yang cukup potensial yaitu jasa sewa kendaraan dan angkutan umum. Kamu bisa menyediakan angkutan untuk orang maupun barang dengan tarif menyesuaikan.

Jasa Salon Kecantikan

Jaman dulu, menjalankan bisnis jasa salon kecantikan mungkin kurang terlihat bagus. Namun percayalah, pada era sekarang menjalankan usaha ini akan sangat potensial. Perawatan kecantikan sudah menjadi kebutuhan wajib bagi semua wanita entah itu di kota maupun di desa. Jadi, jika kamu punya ilmu dibidang kecantikan, bisa banget nih mendirikan bisnis jasa salon kecantikan.

Jasa Servis Peralatan Elektronik

Mendirikan bisnis jasa seperti servis peralatan elektronik menjadi ide yang sangat baik. Terkadang listrik di desa sering hidup mati secara tiba-tiba, hal ini akan membuat alat elektronik cepat rusak. Daripada beli yang baru, masyarakat desa biasanya akan memilih untuk memperbaikinya terlebih dahulu. Dari peluang ini kamu bisa membuka jasa servis peralatan elektronik baik ditempat maupun panggilan.

Jasa Servis Kendaraan Bermotor

Membuka jasa servis kendaraan sangat cocok buat kamu yang tinggal di desa dengan kondisi geografis perbukitan atau pegunungan. Didaerah seperti ini, kendaraan harus bekerja ektra keras setiap harinya, oleh karena itu perawatannya juga harus ekstra. Melihat masalah seperti, kamu dapat memanfaatkannya menjadi sebuah peluang bisnis yaitu jasa servis kendaraan.

Jasa Les dan Bimbingan Belajar

Salah satu hal yang kadang sulit didapatkan di desa adalah pendidikan tambahan. Jangankan les atau bimbel, untuk bersekolah menuju sekolah saja harus melalui perjalanan yang jauh. Nah dari sini, kamu yang mempunyai kemampuan dibidang akademik boleh mencoba membuka jasa les dan bimbingan belajar baik itu privat maupun kelompok.

Jasa Jahit dan Permak Pakaian

Tak hanya diperkotaan saja, di daerah pedesaan kebutuhan fashion juga tinggi. Dijaman yang sudah modern seperti saat ini kebutuhan fashion jadi sangat penting untuk pergi ke acara-acara bergengsi. Salah satu kebutuhan fashion adalah pakaian. Nah, kamu bisa buka bisnis jasa jahit dan permak pakaian untuk para masyarakat yang ingin membuat pakaian atau sekedar memperbaikinya.

Jasa pembayaran PPOB

Terkadang masyarakat desa harus pergi ke tempat yang jauh untuk bisa membayar berbagai tagihan bulanan seperti listrik, bpjs, dan air. Maka dari itu, kamu bisa menjalankan bisnis jasa pembayaran PPOB dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini. Kamu bisa belajar menggunakan aplikasi PPOB dari smartphone untuk membuka berbagai layanan pembayaran bulanan.

Baca Juga:

  1. 18 Bisnis Jasa Tanpa Modal Untuk Mahasiswa
  2. 5 Contoh Inovasi Bisnis Dibidang Jasa
  3. Bisnis! Solusi Untuk Anda Yang Sulit Dapat Pekerjaan


Jasa Kirim dan Tarik Tunai

Salah satu masalah besar yang sering dialami masyarakat daerah pedesaan adalah layanan kirim dan tarik tunai. Fasilitas ini sebenarnya sangat dibutuhkan untuk mengirim uang kepada anaknya yang bersekolah atau menerima uang dari keluarga yang di perantauan. Namun terkadang letaknya cukup jauh. Kamu bisa menjalankan bisnis jasa kirim dan tarik tunai dengan memanfaatkan fasilitas dari bank.

Jasa Pengetikan dan Fotocopy

Salah satu kebutuhan penting yang tidak boleh diremehkan adalah keperluan percetakan. Dalam beberapa acara besar seperti pernikahan atau kondangan diperlukan undangan untuk mengundang tamu. Nah dari kebutuhan ini kamu bisa menjalankan bisnis jasa pengetikan dan fotocopy. Terlebih lagi jika kamu juga membuka percetakan untuk berbagai keperluan usaha lainnya seperti spanduk, stiker label untuk UKM dan sablon.

Bisnis Jasa Titip

Salah satu bisnis potensial di desa adalah jasa titip. Bidang usaha ini sangat cocok untuk didesa mengingat beberapa barang kebutuhan sulit didapatkan jika tidak ke kota dulu. Dengan melihat peluang ini, maka kamu bisa mulai mengiklankan dan menjalankan usaha jasa titip. Kamu bisa mematok tarif sesuai dengan jumlah dan jenis barang yang dipesan. Semakin banyak orang yang titip, maka keuntungan yang kamu dapat juga lebih besar.

Penutup

Itulah pembahasan mengenai beberapa bisnis jasa yang cocok kamu jalankan di desa. Hidup di daerah yang jauh diluar hingar-bingar perkotaan bukanlah halangan untuk bisa maju. Meskipun jumlah lapangan kerja yang tersedia juga sedikit, kamu masih bisa mendapatkan penghasilan dengan membuat pekerjaan sendiri. Salah satunya adalah dengan mendirikan usaha dibidang jasa. Kamu bisa pilih satu dari keduabelas pilihan yang sudah kita bahas diatas. Semoga berhasil!

12 Bisnis Jasa Yang Cocok Kamu Jalankan di Desa